Kaohsiung Trip: Fo Guang Shan Buddha Memorial Centre

Salam hangat kawan,

Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman jalan-jalan alias melancong ke kota Kaohsiung. Destinasi pertama kami adalah Fo Guang Shan Buddha Memorial Centre. Sebuah kuil ternama yang beralamat di: 840, Kaohsiung City, Dashu District, Tongling Road, 1號. Sebelumnya kami menggunakan kereta malam, Chu kuang nomor 531 jalur Qidu-Kauhsiung dari Taipei Main Station ke Kaohsiung station. Jadwal keberangkatan kereta malam pukul 23.30 dan sampai di Kaohsiung station pukul 06.00.

Dari Kaohsiung station kami melanjutkan perjalanan menuju Zuoying station, R16-KRT, jalur merah. Sampai di stasiun ini kami melanjutkan lagi dengan mengendarai Bus nomor 8501 menuju 義大世界 (Yìdà shìjiè, 3 stops). Saat itu kami harus oper bus lagi, dengan nomor yang sama, tapi tujuan yang berbeda, yakni bus nomor 8501 tujuan 佛光山 (Fu guang shan, 6 stops). Sebenarnya kami bisa menggunakan satu bus saja dari Zuoying station, namun kami harus rela menunggu sedikit lama karena jadwal bus 8501 tujuan Fu guang shan baru berangkat pukul 8.40, sedangkan kami sudah standby di halte bus sejak pukul 07.30.

Sepanjang perjalanan di dalam bus kami dibarengi dengan ibu-ibu yang rata-rata sudah sedikit sepuh atau biasa dipanggil AYí (Tante). Mereka bertanya kepada kita dan menganggap bahwa kita menuju ke patung budha untuk Bài-Bài (Berdo’a) seperti yang mereka lakukan. Padahal kami hanya ingin melihat pemandangan dan mengunjungi patung budha raksasa dan budaya serta peninggalan di dalamnya.

20160801_3984Pemandangan Fo Guang Buddha Memorial Centre tampak dari atas

Akhirnya kami sampai di lokasi pada pukul 08.45. Sedangkan jam buka kuil adalah pukul 09.00-17.00. Beruntungnya kami sudah bisa masuk, karena bantuan ibu-ibu biarawati yang baik hati dan dengan ramah mempersilahkan kami masuk di barisan terdepan.

Pemandangan di sepanjang jalan

Di dalam kuil terdapat 8 pagoda berjajar yang setiap pagodanya bisa kita masuki, di dalamnya terdapat ruangan-ruangan pertemuan yang dihiasi dengan bebauan khas dupa yang terbakar. Selain itu pula banyak kaligrafi china yang menghiasi dindingnya, sayang kami tidak memahami artinya. Berdasarkan penjelasan dari mbak biarawati yang menjamu kami, di dalam tulisan-tulisan tersebut dijelaskan tentang cerita, sejarah, dan pelajaran-pelajaran tentang agama budha.

Narsis bersama biarawati dan budha

Kali ini kami cukup puas menikmati pemandangan perbudhaan dengan terik matahari yang sangat menyengat. Selanjutnya, karena agenda perjalanan kami di kota Kaohsiung masih panjang, kami segera menyudai kunjungan kami di tempat ini sekitar pukul 10.40 dan kembali menuju halte bus dengan jalur seperti keberangkatan tadi. Bus 8501 menuju Zuoying KRT station.

Sepertinya sampai disini dulu kawan cerita saya kali ini. Selanjutnya saya akan menceritakan perjalanan di pulau Cijin. Semoga informasinya bermanfaat, dan sampai ketemu lagi… 😀