TR Pass Students, Tiket Kereta Murah Keliling Taiwan

Salam hangat kawan,

Kali ini saya akan berbagi tentang perjalanan petualangan saya. Dan, sebelum kita berjalan jauh, saya ingin mengenalkan tiket ajaib yang saya gunakan untuk berpetualang keliling Taiwan dengan menggunakan kereta. Namanya “TR Pass Student”.

TR Pass ini memang diperuntukkan khusus untuk siswa, baik lokal maupun internasional. Hanya saja kalau internasional bisa menggunakan kapanpun tanpa batasan waktu, sedangkan untuk siswa lokal hanya khusus pada liburan semester, saat liburan winter (15 Jan – 15 Maret) dan liburan summer (15 Juni – 15 September). Link informasi untuk TR Pass Students: di sini.

Tiket TR Pass yang saya beli hanya untuk 5 hari

Ada tiga macam tiket TR Pass berdasarkan lama waktu yang ingin dugunakan; 5 hari, 7 hari, dan 10 hari. Harganya pun tergantung lamanya waktu yang digunakan, semakin lama semakin mahal.

Type (Price) Domestic student Foreign student
5-day pass (599 NT)
7-day pass (799 NT)
10-day pass (1.098 NT)
Catatan:
○ diperbolehkan beli setiap hari
● diperbolehkan beli pada winter/summer vacation
◎ Tidak diperbolehkan beli

Cara membeli tiket ini cukup datang langsung ke loket tiket kereta dengan membawa pasport dan student ID card aseli. Kalau di web yang diatas, tertulis kita bisa membeli tiket sejak 7 hari sebelum keberangkatan, namun saat di lapangan, kita baru bisa membeli maksimal 3 hari sebelum keberangkatan. Tapi sepertinya lebih baik membeli langsung pada hari keberangkatan seperti yang saya lakukan tempo hari. Selain menghemat waktu, juga energi, agar tidak bolak-balik ke loket pembayaran.

Tiket hanya bisa digunakan untuk jenis kereta tertentu, seperti Chu Kuang Express, Fu Hsing Semi-express atau local trains. Sedangkan untuk Tze-Chiang Limited Express (termasuk “TAROKO” and “PUYUMA” Limited Express) dan beberapa kereta khusus turis dengan nomor-nomor tertentu tiket ini tidak bisa digunakan, dan harus membeli tiket lagi. Tapi jangan khawatir, dengan kereta Chu Kuang Express, Fu Hsing Semi-express atau local train saja kita bisa sampai puas tanpa batas untuk keliling Taiwan dari ujung atas sampai ujung bawah.

20160801_7093
Kondisi di dalam kereta Chu Kuang Express dari Taipei ke Kaohsiung

Selain itu, tiket ini juga memiliki batasan lain, yakni kita tidak mendapatkan jatah tempat duduk. Maksudnya tergantung dari keberuntungan. Kalau masih ada kursi kosong selama perjalanan, bisa kita pakai, tapi kalau tidak ada kursi kosong, berarti kita harus rela berdiri atau ndelosor di belakang gerbong.

20160801_8900
Mbak mas bule yang tidak mendapatkan tempat duduk dan dengan nyamannya tidur di belakang gerbong kereta. Saya dimana? Saya yang lagi ndoprok motoin mereka. :p

Jadi kawan, kalau memang berniat untuk keliling Taiwan, silahkan dibuat itinerary nya yang komplit agar waktunya bisa efektif dan maksimal, sambil mempertimbangkan jadwal kereta (Cek disini) apa saja yang bisa digunakan dan kemana saja tujuan yang ingin di kunjungi. So, That’s all about sums it up. Have a nice trip… 😀

Iklan

One thought on “TR Pass Students, Tiket Kereta Murah Keliling Taiwan

  1. Ping-balik: Taipei Pass, Tiket Bus dan MRT Murah Keliling Taipei | Navigasi Kehidupan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s