String Art di NTUST

Salam hangat kawan-kawan,
Kali ini ada yang berbeda lho.. 😀

Saya akan berbagi tentang sebuah karya seni yang cukup unik, bahasa kerennya “String Art”. Kerajinan tangan yang hanya menggunakan papan kayu, tancapan paku, dan benang sebagai bahan utamanya. String art awalnya berasal dari aktivitas “curve stitch” yang ditemukan oleh Mary Everest Boole, seorang ahli Matematika dari Inggris pada akhir abad ke-19. Beliau membuat string art untuk menjelaskan tentang konsep Matematika supaya lebih dimengerti oleh murid-muridnya. Nah, di sekitar tahun 1960-an lah aktivitas ini mulai dikembangkan dan menjadi karya seni khususnya di negara-negara Eropa, dan hingga kini merambah keseluruh dunia.

Sekarang jangan kawatir kawan, yang akan saya bagi bukanlah hasil buatan saya, saya sadar kok nilai seni saya  sangat buruk kawan, hehehe.. :p

Disini saya hanya membagikan hasil hasta karya kawan-kawan lokal di NTUST. Kebetulan saja lab saya berdekatan dengan tempat mangkal kawan-kawan desainer dan arsitek yang suka bermain string art. Dan biasanya hasil karyanya dipajang begitu saja di lobi RB Building yang biasa saya buat lalu-lalang kalau mau mengisi ulang air minum.

image
Lobi RB Building

Proses pembuatan string art bisa dibilang tidak terlalu rumit dan sepertinya juga minim biaya karena menggunakan paku, benang dan papan kayu. Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat pola yang diinginkan dengan pensil diatas papan, kemudian tinggal tancapkan paku ke papan kayu menggunakan palu yang disusun sesuai dengan pola, kemudian kaitkan benang di paku-paku tersebut. Sangat mudah bukan? Tapi saya belum pernah mencobanya kawan. :v

Beberapa hasil string art yang setengah jadi

Beberapa hasil jadi string art karya kawan-kawan NTUST

Demikian kawan, hasil ngowo memandangi hasil karya seni unik ini, semoga bermanfaat, dan mungkin lain kali saya akan mencoba membuatnya satu. 😀

Tinggalkan Balasan

