Jelajah Kampus: TR Building (AAEON Building) NTUST

Salam hangat kawan,,,

Jelajah kampus kali ini saya akan mengupas tuntas tentang TR Building (AAEON Building). Mungkin sebagian kawan sudah familiar dan akrab dengan bangunan ini, tapi saya yakin bagi sebagian kawan lainnya masih asing dengan bangunan yang akan saya bahas disini. Selain itu dipilihnya TR Building  untuk dibahas sekarang adalah karena banyak sekali memori dan kenangan yang tersimpan di otak saya tentang bangunan ini. Apa saja kah itu? Tenang dulu kawan, saya pasti akan menceritakan komplit secara terstruktur (mungkin bagi saya.red).  😀

imageJalanan menuju TR Building
imageTR Building terletak di pojok utara kampus NTUST
imageJalan setapak menuju TR Building
imageTR Building berada tepat disamping lapangan oleh raga

TR building singkatan dari Teaching and Research Building. TR Building memiliki 11 lantai plus dua lantai basement. Letaknya paling ujung utara kampus National Taiwan University of Science and Technology (NTUST). Kalau membahas sejarahnya, dengar-dengar bangunan ini menghabiskan satu miliar NT$ sendiri atau bisa dibayangin kalau dalam bentuk rupiah kurang lebih sebesar Rp 400.000.000.000 untuk pembangunannya dan baru diresmikan pada tahun 2009 silam. Tergolong bangunan baru dan mahal di NTUST. WOW…

imageTR Building memiliki 11 lantai plus dua lantai basement

Seperti biasa kita akan menjelajah gedung mulai dari lantai bawah menuju lantai atas. Lantai Basement 2 hanya digunakan untuk parkir. Saya belum pernah masuk ke tempat parkir ini, maklum tidak punya motor atau mobil yang mau diparkir disini.

Selanjutnya Basement 1, disini berisi ruangan untuk tenis meja dan bilyard. Saya dan kawan-kawan labsetelah jenuh dengan eksperimen sering menghabiskan waktu sore hari dengan bermain tenis meja atau bilyard. Mulai dari yang tidak bisa sama sekali, sampai lumayan lah saya bisa bermain sedikit-sedikit dengan mereka setelah training yang cukup panjang. 😀

2016-01-08 16.39.52Meja bermain tenis
2015-12-24 14.47.39Meja bermain Bilyard

Naik menuju lantai pertama, lantai ini adalah ruangan terbuka yang biasa digunakan untuk latihan menari, olah raga ringan, atau sekedar berkumpul. Pernah juga digunakan sebagai tempat penjualan barang-barang yang ditemukan dan tidak bertuan (Lost and Found), Donor darah, atau pameran-pameran dari klub-klub mahasiswa baik lokal maupun internasional.

imageLantai satu terbuka

Sekarang ke lantai kedua, lantai ini biasanya digunakan kalau ada seminar-seminar atau konferens. Ada juga ruang kelas, tapi saya belum pernah kuliah di lantai kedua ini.

Khusus untuk lantai ketiga sampai keenam berisi ruang kelas yang biasanya digunakan untuk kuliah. Selama tiga semester disini, saya juga belum pernah kuliah di lantai ketiga. Umumnya di lantai keempat, kelima, dan keenam. Di tiap lantai selalu dilengkapi dengan dapur (meskipun hanya berisi water fontain dan sink untuk cuci tangan atau peralatan) dan toilet.

imageDapur yang tersedia di tiap lantai untuk mengambil minum atau hanya cuci tanganimageToilet khusus cowok dan khusus cewek yang juga ada ditiap lantai

imageTampak lobi lantai 4 diluar kelas

imageDisini ada ruangan kosong yang biasanya di dinding-dindingnya ditempeli kaligrafi khas taiwan

Naik ke lantai tujuh, lantai ini saya belum pernah masuk sama sekali juga. Hanya sering melihat orang berpakaian necis yang lalu lalang disini karena lantai tujuh ini memang dikhususkan untuk kantor kerjasama antara kampus dengan perindustrian. Mungkin kalau di Unair setara dengan kantor PPKK, ah atau juga mungkin beda. Entahlah.. #Hehe

imagePenampang pintu kantor kerjasama kampus dan perindustrian saat masih tutup karena libur

Selanjutnya lantai delapan, lantai ini tempat kantor-kantor seperti kantor jurusan managemen teknologi, kantor paten, dan lain-lain. Meski pelatarannya sangat luas, tapi saya belum pernah piknik ke lantai ini kawan, jadi saya kurang tau banyak tentang pemutaran kegiatan yang ada di lantai ini.

imageKantor di lantai delapanimagePlakat Jurusan Technology ManagementimageLantai delapan

Lantai kesembilan adalah ranah jurusan Tekno Biomedik. Mulai dari kantor profesor-profesor di jurusan Tekno Biomedik sampai laboratoriumnya pun ada di lantai ini. Selain itu, kantor departemen Graduate studies juga ada di lantai ini. Jadi kalau ada keperluan administrasi atau birokrasi saya pun akan mampir di kantor departemen yang ada di lantai sembilan ini.

imagePlakat jurusan Biomedical Engineering

image
Penampang tangga yang menghubung lantai delapan ke lantai sepuluh dari lantai sembilan

Lantai yang paling sering saya kunjungi dan singgahi adalah lantai sepuluh. Lantai ini memang khusus kekuasaan Graduate Institute of Applied Science (Jurusan saya). Jadi, di lantai ini selain tempat dosen pembimbing saya bersemedi, disini juga saya mendapatkan akses untuk menggunakan ruang belajar di ruang TR-1027, serta mendapatkan meja khusus yang bisa saya kuasai sendiri. Selain itu, tiap seminggu sekali saya juga biasanya ada grup meeting dengan professor dan seluruh anggota lab untuk melaporkan progress nya masing-masing.

imagePlakat Jurusan Applied Science

imageLantai sepuluh
2015-08-17 17.42.32Dari jendela depan meja saya bisa langsung menikmati pemandangan Taipei 101
imageSuasana ruangan belajar kami, TR 1027
imageIni Meja belajar saya, rapi kan? (alias sepi)

image

Ruangan yang biasa kami gunakan untuk rapat

Terakhir lantai sebelas atau rooftop. Dulu pada saat awal-awal saya menjadi mahasiswa baru, pintu keluar masuk menuju lantai sebelas dari lift dibuka bebas. Namun semenjak beberapa waktu lalu pintu tersebut selalu tertutup rapat dan hanya dibuka saat ada acara tertentu.  Sedih sekali, tidak bisa leluasa menikmati pemandangan yang menakjukkan lagi. Di lantai sebelas ini berasa sangat nyaman untuk reffresing dan menikmati pemandangan yang seperti di film drama-drama luar negeri. Ada ruangan outdoor yang enak dan indah dipandang mata, ada ruangan bersantai dengan sofa yang sangat empuk, dan ada pula sebuah ruangan khusus yang bisa digunakan untuk acara atau seminar, atau apapun itu yang bersifat membutuhkan meja dan kursi.

2015-10-15 11.07.00-1Lobi lorong di lantai sebelas
2015-10-15 11.06.35Tempat nyantai di lantai sebelas
2015-10-01 12.47.48Satu ruangan khusus yang bercendela kaca di lantai sebelas
2015-10-01 12.43.32Pelataran lantai sebelas dan tampat solar sel berjajar

Oh ya terakhir, di lantai sebelas juga saya dan beberapa orang muslim penghuni TR lantai sepuluh mempunyai mini mushallah yang biasa kita gunakan untuk sholat lima waktu. Letaknya di daerah tangga lantai sepuluh menuju lantai sebelas yang sangat jarang dipakai, dan aman dari gangguan orang lalu lalang.

imageMini Mushollah (matras biru)

Bagaimana? Tertarik ingin mengunjungi bangunan ini sebelum balik indo? Ayo buruan kawan.. 😀

Dan sepertinya cukup sekian dulu kawan jelajah kita kali ini. Niat saya mengajak kawan-kawan menjelajah kampus NTUST tercinta adalah selain memperkenalkan lingkungan kampus, juga minimal mendokumentasikan perjalanan saya selama berada disini. Terima kasih karena sudah bersedia mengikuti, dan sampai jumpa di jelajah-jelajah selanjutnya. Semoga bermanfaat…. 😀

Tinggalkan Balasan

