Jelajah kampus: Perpustakaan NTUST

Salam hangat kawan,,,

Pada kesempatan kali ini saya akan mulai berbagi dan menuliskan tentang detail dari sudut-sudut kampus NTUST. Belum tau NTUST? Baiklah sebagai perkenalan, NTUST adalah singkatan dari National Taiwan University of Science and Technology, kampus teknik kecil yang terletak di kota Taipei. Meskipun kampus yang tergolong kecil, karena area nya tidak seluas kampus-kampus lain di Taiwan, namun jangan salah dulu kawan, NTUST merupakan kampus teknik pertama di Taiwan. Terbaaaaaiikk pokoknya. 😀

Nah, sekarang yang pertama siap untuk dieksplor adalah perpustakaannya. Sangat disayangkan bukan, kalau kita jadi seorang pelajar tapi belum pernah sekalipun berkunjung atau mampir ke perpustakaan sekolah. 😀 Betewe, tak terasa sudah hampir dua tahun saya menginjakkan kaki di kampus ini. #MenghitungHari 😥

Perpustakaan NTUST terletak tepat sebelah kiri dari pintu gerbang masuk. Kalau kita dari luar kampus berarti tinggal masuk gerbang, kemudian tengok sebelah kiri kita, maka akan langsung terlihat bangunan perpustakaan. Sedangkan kalau kita tinggal di asrama kampus berarti kita tinggal lurus saja langsung merepet ke sebelah kanan, ketemulah kita dengan perpustakaan.

imagePerpustakaan dan asrama berada pada jalur yang lurus (180°)

imagePerpustakaan tampak depan

Gedung perpustakaan ini terdiri dari 8 tingkat sebenarnya. Namun saya kurang tau pasti lantai yang ke 5-8 itu isinya apa, sepertinya ruangan pertemuan, karena selama saya disini saya hanya mengakses 4 lantai pertama saja.

imageKeterangan perlantai yang menggunakan bahasa mandarin. :3

Sekarang mari kita bedah tiap lantainya. Lantai pertama, disini adalah tempat kantor, loket sirkulasi peminjaman dan pengembalian buku, serta banyak hal lain sangkut paut tentang kebutuhan administrasi keperpustakaan. Seperti tampak pada gampar depan perpus, terdiri dari pintu kaca, pintu kaca tersebut bebas dimasuki siapa saja selama perpustakaan buka. Namun dari sana hanya akan dijumpai sebuah lobi dan loket tempat pengembalian buku. Untuk memasuki bagian dalam perpustakaan, kita harus masuk di gate sebelah kiri dari lobi. Dan yang bisa masuk hanyalah dia yang mempunyai kartu sakti alias kartu mahasiswa/kartu staff/kartu pegawai/kartu dosen/kartu alumni.

imageLobi perpustakaan dan loket tempat pengembalian buku

Setelah berhasil memasuki pintu masuk perpustakaan dengan kartu, kita akan langsung melihat loker tempat penyimpanan barang yang berjajar rapi, kita tinggal memasukkan barang kita ke loker yang kosong dan menguncinya dengan aman.

imageLoker tempat penyimpanan barang

imageLobi yang terlihat loket peminjaman buku

imageDenah ruangan di perpustakaan lantai pertama

Untuk meminjam buku, kita tinggal membawa buku yang kita incar ke loket tersebut dan juga menunjukkan kartu sakti kita. Karena saya disini mahasiswa berarti kartu sakti yang saya tunjukkan adalah kartu mahasiswa. Setelah diproses, kita bisa leluasa membaca buku kita hingga batas waktu yang cukup lama. Agar tidak lupa batas waktu pengembalian, kita bisa langsung menyetempel bagian belakang buku kita dengan tanggal terakhir pengembalian. Semuanya sudah difasilitasi di perpustakaan ini kawan. Kita tidak perlu repot-repot mengatur stempel tanggal agar sesuai dengan deadline kita, karena setiap hari sudah di atur oleh pihak perpustakaan sesuai dengan batas waktu masing-masing peminjam. Sejauh yang saya ketahui berikut adalah masa peminjaman buku untuk masing-masing status;

  1. 28 hari untuk mahasiswa master dan Phd
  2. 32 hari untuk mahasiswa S1, staff yang masih kontrak, dan guru/pengajar part time.
  3. 42 hari untuk staff dan pegawai tetap
  4. 21 hari untuk alumni

imageBagian belakang buku untuk mengingatkan deadline pengembalian

image imageStempel tanggal untuk masing-masing status

Sekarang naik ke lantai kedua, di lantai kedua ini terdapat beberapa koleksi buku yang saya pun jarang menjamahnya, karena sebagian besar berbahasa mandarin. Oh ya, selain itu ditiap-tiap lantai disediakan komputer dan printer/alat fotokopi yang bisa digunakan. Komputer untuk mencari tempat koleksi buku, dan alat fotokopi untuk mengkopi buku atau bacaan yang koleksinya hanya bisa dibaca ditempat dan tidak boleh dipinjam. Untuk mengkopi, kita harus membayar dengan menggunakan kartu yoyo (biasanya jadi satu dengan kartu sakti kita) yang sudah ada isi (saldo) di dalamnya.

imageDenah ruangan lantai kedua
imageKomputer dan alat fotokopi

Disisi lain lantai kedua, terdapat ruangan baca atau belajar. Di ruangan ini khusus disediakan untuk membaca atau sekedar leha-leha menikmati panasnya siang hari dengan sedikit tidur-tiduran di meja belajar. Tempat yang nyaman untuk tidur, eh maksudnya membaca, karena disini tidak ada sedikitpun suara berisik orang mengobrol di dalamnya.

imageRuang membaca atau ruang belajar di lantai dua

Sekarang kita naik lagi ke lantai ketiga. Oh ya, yang paling saya sukai di perpustakaan ini adalah desain tangga kayunya yang bagus (menurut saya). Saya suka memandangnya, dan tak jarang alias sering mengabadikannya dalam bentuk poto. Baru di lantai ketiga ini biasanya saya menemukan buku-buku pendukung yang saya perlukan. Selain itu, koleksi buku yang berbahasa inggris juga terletak di lantai ini dan lantai keempat.

image image imagePemandangan tangga kayu perpustakaan

imageDenah ruangan di lantai ketiga

Tak hanya buku pelajaran, buku pengetahuan lain pun tersedia. Tak hanya buku fisik, e-book maupun jurnal online pun disini cukup komplit. Tinggal kita mau memanfaatkannya dan menyedot semuanya atau tidak.

link perpustakaan NTUST: http://library.ntust.edu.tw/home.php

Oh ya, kalaupun kita menginginkan sebuah buku, namun belum tersedia di perpustakaan, kita sebagai mahasiswa bisa mengajukannya ke pihak perpustakaan dengan cara online. Selanjutnya tinggal menunggu konfirmasi, pengajuan kita disetujui atau tidak. Kalau disetujui berarti perpustakaan akan membelikan buku yang kita inginkan, dan kita bisa kita pinjam terlebih dahulu sebelum yang lainnya karena bakal ada pemberitahuan lewat email kalau buku pesanan kita sudah datang dan menunggu untuk kita jemput. Biasanya kita dikasih waktu satu minggu untuk meminjamnya terlebih dahulu buku baru tersebut. Selama satu minggu penantian tersebut, buku baru akan disimpan di lemari khusus di lantai pertama sebelum ditaruh di rak umum. Kalau lebih dari satu minggu barulah buku baru akan dipindah ke rak umum, dan berarti orang lain sudah bisa meminjamnya.

imageLemari tempat penyimpanan buku/koleksi baru

Selanjutnya naik ke lantai keempat. Disini banyak sekali koleksi buku berbahasa pengantar inggris yang bisa kita pinjam. Selain tempat buku berbahasa inggris di lantai empat ini ada satu ruangan khusus yang menyediakan buku berbahasa Jepang. Entah sepertinya masyarakat Taiwan sangat tertarik untuk mempelajari bahasa jepang. Bahkan ada salah satu teman lab saya yang mati-matian kursus bahasa Jepang, karena dia beranggapan bahwa kelak setelah lulus dia akan lebih bahagia kalau bisa diterima kerja di Jepang.

imageDenah ruangan di lantai ke empat

imageTempat koleksi buku berbahasa Jepang

Nah sudah sampai di lantai keempat, berarti selesai sudah perjalanan kita menjelajahi perpustakaan NTUST. Demikianlah kawan, sedikit gambaran dari perpustakaan yang sedikit banyak sudah mengisi hari-hari saya selama perantauan disini. Sampai jumpa jelajah-jelajah kampus selanjutnya. Semoga bermanfaat… 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s