Bagaimana Cara Melapisi Grid TEM Dengan Fomvar Film?

Salam hangat kawan,,,

Kali ini saya akan berbagi informasi tentang “Bagaimana cara melapisi grid TEM dengan fomvar film”.

Ceritanya, saya sudah biasa menganalisis sampel saya menggunakan alat yang namanya TEM (Transmission Electron Microscopy). Nah, untuk menganalisis sampel, kita memerlukan grid sebagai tempat sampel kita. Biasanya saya langsung menggunakan grid TEM dari bahan tembaga yang sudah berlapis Fomvar dan Carbon Film. Namun karena suatu kasus, saya harus mengganti bahan grid TEM saya dengan bahan lain yang tidak mengagibatkan reaksi serius dengan sampel saya. Maka diputuskanlah TEM grid yang berbahan stainless steel untuk menganalisis sampel saya.

Setelah memesan grid TEM yang berbahan stainless steel, saya baru sadar, ternyata grid tersebut tidak dilengkapi dengan karbon maupun fomvar film. Yang artinya kosongan, dan saya harus melapisinya sendiri.

 

Grid TEM yang dilapisi fomvar dan karbon

Beruntungnya di Lab yang saya tempati sekarang, segala kebutuhan bahan maupun alat kimia tersedia lumayan komplit. Dengan sedikit panduan dari bapak pembimbing, dan melihat video youtube dibawah ini, maka mulailah saya beraksi.

LANGKAH 1: Membersihkan grid TEM

Grid TEM yang akan digunakan, dibersihkan terlebih dahulu. Dan cara yang saya gunakan adalah dengan menggunakan larutan 1% NaOH yang mendidih dan dibiarkan hingga 5-10 menit. Setelah selesai siram dengan air suling untuk membersihkan bahan kimia (NaOH). Dan terakhir keringkan dengan cara menyiramkan Alkohol 100%. Kemudian ditunggu hingga benar kering.

Selain cara diatas masih banyak cara lain untuk membersihkan grid sebelum dilapisi dengan film. Salah satunya dengan memasukkan grid ke dalam cairan Chloroform 100% dan kemudian di masukkan kedalam sonicator selama 10-15 menit. Terakhir tinggal dikeringkan.

LANGKAH 2: Menyiapkan Larutan Formvar

Formvar film bisa dibuat dari larutan formvar 1% dalam chloroform atau dichloroethane. Atau bisa juga menggunakan larutan formvar yang sudah jadi dan siap pakai.

Apa itu fomvar? Fomvar (Polyvinyl formal) adalah polimer yang terbentuk dari polivinil alkohol dan formalin sebagai kopolimer dengan polivinil asetat. Umumnya digunakan sebagai pelapis, perekat, dan bahan cetakan.

LANGKAH 3: Menyiapkan Kolam Air

Siapkan cawan yang diisi dengan air suling sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Usahakan dasar dari cawan berwarna gelap atau hitam agar lebih mudah untuk melihat atau membersihkan air dari debu dan juga untuk melihat film bening.

LANGKAH 3: Eksekusi

formvar filmTahapan eksekusi

  1. Celupkan kaca slide microskop kedalam larutan Fomvar 1% selama 10-20 detik.
  2. Keringkan kaca slide mikroskop dengan cara dibiarkan diatas kapas atau kertas tisu. Atau bisa juga diangin-anginkan sebentar, karena larutan chloroform mudah menguap.
  3. Buat goresan di pinggiran kaca slide dengan silet untuk mempermudah melepas film.
  4. Perlahan-lahan celupkan kaca film yang sudah kering kedalam kolam air hingga formvar film mengambang diatas permukaan air. Jika kesulitan untuk melepas film dari kaca, bisa menggunakan bantuan supit atau penjepit lainnya, sebelumnya pastikan supit atau penjepitnya sudah dibersihkan menggunakan ethanol.
  5. Taruh grid yang sudah bersih diatas formvar film.
  6. Angkat grid dan film menggunakan parafin, dengan bantuan tekanan dari air dan parafin, grid dan formvar film akan saling menempel.
  7. Angkat dan tunggu hingga kering.

IMG_4755Grid yang mengambang diatas formvar film pada permukaan air

Demikian kawan, akhirnya grid sampel TEM saya siap digunakan. 😀
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba… 😀

Tinggalkan Balasan

