Pergantian Tahun, Apa Resolusimu?

Kawan, banyak yang bilang kalau pergantian tahun adalah salah satu waktu yang tepat untuk kontemplasi diri dari tahun sebelumnya dan menentukan resolusi apa yang akan diraih pada tahun berikutnya. Baik itu tahun baru Hijriyah, tahun baru Masehi, tahun baru Saka, tahun baru Cina, ataupun tahun baru yang lainnya.

2016

Lalu apakah yang dimaksud dengan kontemplasi dan resolusi? Apakah memang benar kontemplasi dan resolusi hanya di waktu pergantian tahun?Lalu bagaimana caranya melakukan kontemplasi dan bagaimana pula caranya melaksanakan resolusi?

Kawan, kalau kita mau merunutnya satu persatu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas, harusnya kita terlebih dahulu mentelaah apa yang dimaksud dengan kontemplasi dan apa yang dimaksud resolusi. Karena saya bukan peramal, maka saya mencoba bertanya pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) tentang makna dari dua kata tersebut.

kontemplasi/kon·tem·pla·si/ /kontémplasi/ n renungan dan sebagainya dengan kebulatan pikiran atau perhatian penuh;

resolusi/re·so·lu·si/ /résolusi/ n putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal

Kawan, mari kita simak bersama-sama, dalam KBBI disebutkan bahwa kedua kata tersebut merupakan kata benda (n) yang artinya bahwa kedua kata tersebut masih bisa ditafsirkan atau dijelaskan sifat-sifat lainnya. Kalau kawan-kawan masih bingung tentang kata benda, contoh realnya kata benda adalah “buku”, dan buku masih bisa dijelaskan sifatnya, seperti buku tebal atau buku biru ataupun lainnya. Jadi kata kontemplasi dan resolusi pun memiliki berbagai macam sifat, tergantung penafsiran kita masing-masing.

Sekarang kata kontemplasi secara general adalah sebuah perenungan. Baik perenungan untuk masa lalu yang sudah dilewati, masa sekarang yang telah dihadapi, dan masa depan yang akan dihadapi. Apakah perenungan seperti itu hanya layak kita lakukan pada pergantian tahun? Mungkin pergantian tahun adalah  waktu yang epic, namun wajar saja bila kita merenung tiap saat kan?

Masa lalu adalah masa yang sudah terlewati, tak mungkin bisa kita ulang lagi. Yang bisa hanyalah kita tengok, kita evaluasi, dan kita seleksi. Hal/perbuatan/perkatan atau lainnya apa saja yang layak kita lakukan dan yang tidak layal kita kerjakan. Yang bagus kita pertahankan dan tingkatkan, yang buruk kita perbaiki dan kita tinggalkan.

Masa depan adalah waktu yang masih rahasia, kita tak mungkin bisa tau apa yang terjadi kelak. Jadi waktu yang paling tepat bagi kita adalah masa sekarang. Waktu yang paling tepat untuk memperbaiki kondisi masa lalu dan waktu yang paling tepat untuk berspekulasi dengan masa depan.

Sekali lagi apakah semua itu hanya dikhususkan untuk momen pergantian tahun? TIDAK!

Sama halnya kata kontemplasi, kata resolusi pun demikian. Resolusi adalah penetapan tuntunan yang harus terpenuhi. Apakah resolusi kemaren terpenuhi ataukah tidak terpenuhi? Bagaimana caranya mewujudkan resolusi hari ini? Dan langkah apa saja yang harus dipenuhi untuk menggapai resolusi esok hari?

Sekaranglah saatnya mulai memasang kacamata kuda. Meluruskan niat dan mengumpulkan energi untuk bergerak. Hari inilah yang benar-benar harus kita perjuangkan! SEMANGAT untuk kita semua dalam melewati hari ini. Dan karena hari ini adalah tanggal 1 Januari 2016 yang menandakan tahun baru. Ucapan selamatpun tak ada salahnya untuk diucapkan.

Selamat tahun baru 2016 kawan. Selamat berkontemplasi dan mewujudkan resolusi untuk hari ini maupun esok hari.

-Taipei, 1/1/2016-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s