Day 3 (Surface and Interface)

Salam hangat kawan,

Kali ini saya akan sedikit berbagi tentang materi kuliah saya di NTUST, Taiwan. Mata kuliah yang akan saya bagikan adalah ” Physical Chemitry of Surface and Interface. Mata kuliah ini dibimbing langsung oleh Profesor pembimbing saya, Prof. Masaki Ujihara.

Diawal pertemuan kami dikenalkan dengan apa itu “Surface” dan apa itu “Interface”. Prof. Ujihara menjelaskan pengertian dari “Surface” dan “Interface” dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Tak hanya itu beliau juga selalu mencontohkan apa yang dijelaskannya dengan benda-benda di sekitar kita secara langsung sehingga mempermudah kita dalam menangkap materi yang disampaikan.

***

“Surface” adalah bagian atau lapisan terluar dari segala sesuatu. Ibarat sebuah rumah, lapisan terluar bukanlah tembok atau atap, namun lapisan terluar dari rumah adalah “cat” yang melapisi tembok tersebut. Cat inilah yang bisa mendefinisikan sebuah rumah tertentu dengan sebuah karakteristik khusus, salah satunya adalah warna. Misalkan rumah yang berwarana biru itu, atau rumah yang berwana hijau itu, dst.

Selain pengertian dari surface, kita juga diperkenalkan dengan struktur surface. Ada surface dengan permukaan yang rata dan halus, ada juga surface dengan permukaan yang kasar. Seperti ibaratnya kita menulis menggunakan spidol di papan tulis yang halus dan papan tulis yang kasar. Sekali lagi, surface bukanlah papan tulisnya melainkan tinta spidol yang berada di atas papan tulis. Dan dari kasus tersebut kita akan tau bahwa ketika kita menulis dengan menggunakan spidol pada papan tulis yang licin, kita akan dengan mudah menghapusnya, berlainan jika kita menulis diatas papan tulis yang kasar kita akan kesulitan menghapusnya.

Tak hanya itu, kita juga diperkenalkan dengan optical surface. Contohnya kaca yang memantulkan cahaya, hal tersebut bergantung jenis dan karakteristik kaca. Misalkan ada kaca yang bening bisa tembus pandang, ada kaca yang buram tidak bisa tembus pandang, dan “Ada juga kaca yang bisa kita gunakan untuk mengaca, sehingga saya bisa melihat wajah tampan saya”, ujar Prof. Ujihara.

***

“Interface” adalah gabungan dari dua permukaan sebuah material yang saling mempengaruhi satu dengan lainnya. Dalam hal ini surface juga bisa di definisikan sebagai pertemuan antara permukaan benda padat/cair dengan udara. Sedangkan interface adalah pertemuan antara dua benda padat dengan padat, cair dengan cair, atau padat dengan cair.

Diantara fenomena-fenomena yang terjadi pada “interface” adalah

  1. Fenomena optical seperti refleksi dan reflaksi
  2. Fenomena Mekanik seperti gesekan (untuk benda padat dengan padat) dan tegangan permukaan (untuk benda padat dengan cair)
  3. Fenomena Kimia/Fisika seperti adsorbsi dan desorbsi

Lalu bagaimana cara kita untuk mengontrol sifat surface? Kita bisa mengaturnya dengan cara mengatur kekasarannya, mengecatnya, melapisinya, membersihkannya, atau bisa juga dengan memodifikasinya dengan cara kimiawi (spt: oksidasi, sulfurisasi, dll).

***

Nah, bagaimana kawan? Masih bingung kalau ditanya tentang surface dan interface? Pasti sudah bisa membedakan antara surface dan interface kan? Kalau masih bingung, tenang kawan, ini masih dasar, yang penting kita masih punya kemauan untuk belajar. Ayo kita belajar, belajar, dan belajar! Semangat,,

Sekian dulu catatan kuliah saya kali ini kawan. Semoga bermanfaat. 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s