Jadi Komting Angkatan (Lagi)

Salam hangat kawan,

Kali ini saya akan kembali menceritakan seputar segala pengalaman yang menimpa saya selama mencoba dan berusaha untuk menuntut ilmu di negeri Formosa. Kawan-kawan jangan melihat judul postingan ini terlebih dahulu. Sebelumnya saya akan membuka cerita saya tentang bagaimana kehidupan bersosial saya selama berada disini.

Saya. Mungkin sebagian besar pembaca (setia :D) sudah tau bahwa saya adalah seorang wanita yang biasa-biasa saja, tidak cantik pun pula tidak jelek-jelek amat :D, tidak pintar pun pula tidak bodoh-bodoh amat.

Sejak sebelum berangkat ke negeri Formosa, saya sudah bertekat, “Karena saya bukanlah orang yang pandai apalagi jenius, saya harus belajar lebih giat dari pada siapapun. Serius menuntu ilmu. Boleh bermain asalkan sewajarnya. Tujuan pokok tetap belajar.” Kenapa? Entah mungkin bagi saya pribadi, saya memang benar-benar ingin mendapatkan banyak “ilmu” disini. Tidak ingin mengecewakan banyak orang yang sudah memberikan tumpuan harapannya yang besar kepada saya.

Jadi tidak seperti saat pertama kali saya kuliah S1 di Universitas Airlangga dulu, mungkin saya masih labil saat itu. Saat pertama kali merantau di Surabaya niatan saya yang paling besar adalah mencari “Pengalaman”, saat itu. Pengalaman apapun selama bersifat positif. Dan saya kira saya sudah cukup puas mendapatkannya.

Kembali lagi pada cerita saya disini. Disini saya berusaha untuk berbuat dan bertindak sedikit lebih hati-hati dalam melakukan segala hal. Mungkin juga karena usia saya sudah tidak muda lagi dan juga mungkin karena berada di negeri orang. Sekali lagi tidak seperti saat kuliah saya di S1 yang saya rasa saya sangat begitu over show up, disini saya sedikit menutup diri, belajar menjadi orang yang sedikit introvert, meski sepertinya sangat tidak mungkin.

***

Saya rasa pembukaannya sudah cukup kawan. Kali ini saya akan bercerita tentang acara yang terjadi hari ini. Acara Welcome Party (WP) NTUST-ISA Fall 103. Acara WP ini dilaksanakan di ruang RB-105, dan dimulai pukul 14.00 GMT+8.

WP dimulai dengan pembukaan oleh Prof. Alicia D. Lloyd,. Director of International Student Affairs Section. Selanjutnya penjelasan singkat seputar NTUST-ISA, PPI Taiwan, ICE (Indonesian Culture Exhibition), SPARTA, tips atau trik hidup di Taiwan, serta sharing bareng senior per jurusan. Selain acara yang serius-serius, WP juga diselingi beberapa perform dari panitia diantaranya ada tarian dari Bali, tari Saman dari Aceh, dan penampilan musik dari Group BT Five, dan satu perform dari angkatan Fall 103 (angkatan saya).

Khusus untuk perform ini kami, angkatan baru, menampilkan sebuah nyanyi bareng lagu-lagu daerah beserta sedikit koreonya. Nah sekali lagi seperti yang saya jelaskan sebelumnya kawan, kalau biasanya di S1 dulu saya yang suka sibuk-sibuk ngoordinir, ngatur segala macam, kali ini saya hanya menjadi seorang follower yang baik. Alhamdulillah setelah beberapa kali latihan, hasilnya cukup Awesome. Tidak mengecewakan dan cukup mendapatkan banyak aplause dari para penonton, terutama Prof Alicia yang dengan setia menunggui acara hingga selesai. 😀 Videonya bisa dilihat di bawah ini.

Setelah berbagai urutan acara tersebut selesai berlangsung, acara terakhir adalah pemilihan komting angkatan Fall 103. Komting angkatan ada dua, yakni satu laki-laki dan satu perempuan. Pemilihan berlangsung dengan cara voting dari anggota untuk para kandidat. Dan entah atas dasar apa, saya gagal paham juga, bisa-bisanya saya masuk dalam salah satu kandidat komting perempuan. Mungkin mereka yang mengajukan saya sebagai kandidat komting perempuan sudah merasa lelah. >.<

Para kandidat calon komting Fall 103

Oh ya para kandidat teraju ada 5 untuk calon komting laki-laki, dan ada 2 untuk calon komting perempuan, termasuk saya. Kami bertujuh seketika disuruh maju ke atas panggung untuk memberikan sedikit perkenalan dan mungkin statemen. Baru setelah itu proses pemilihan berlangsung. Sedang kami bertujuh dikarantina di ruang tunggu. Selama menunggu saya hanya bisa pasrah kawan. Dan mulai memetakkan asumsi. Kalau memang saya terpilih, berarti Allah memang menginginkan saya untuk menjadi seorang komting (lagi). Dan kalaupun memang saya tidak terpilih, berarti itulah pilihan Allah yang terbaik bagi saya.

Para kandidat calon komting Fall 103 yang bernarsis ria di ruang karantina

Dan entah atas dasar apa, para kawan-kawan Fall 103 ternyata bersedia memberikan amanah mereka kepada saya sebagai komting perempuan dan Dimas (pojok kanan atas) sebagai komting laki-laki. Saat pengumuman dan nama saya yang disebut sebagai komting perempuan tidak lantas membuat saya langsung bersujud sama seperti para pemeran KCB yang telah lolos audisi kawan. Seketika saya hanya diam dan berfikir, berarti inilah pilihan terbaik dari Allah. Dan juga mungkin dengan jalan ini saya agar bisa menjadi seseorang yang semoga bermanfaat untuk orang lain.

Terimakasih untuk yang sudah mempercayai saya mengemban amanah sebagai komting perempuan. Mungkin yang tidak memilih saya saya mohon maaf, dan tentunya jangan khawatir, saya akan melakukan yang terbaik yang saya bisa. Mari kita bina bersama-sama keluarga masif (+-158 anggota) kita di bumi perantauan ini dengan harmonis. 😀

***

Hey kawan, saya merasa sangat bernostalgia. Nostalgia saat pertama kali kuliah S1 di Unair, saat menerima beasiswa PBSB dari Kemenag, saat masuk asrama kampus, saat jadi komting. Rasanya semua film itu kembali berputar, meski dengan lakon yang sama namun dengan waktu dan tempat yang berbeda.

4 thoughts on “Jadi Komting Angkatan (Lagi)

Tinggalkan Balasan

