Day-2 (Menyusup di Kelas Mandarin “Introduction to Music Therapy”)

Salam hangat kawan,

Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya saat menyusup di kelas yang hanya menggunakan bahasa Mandarin. Saya memang sudah tau bahwa kelas tersebut bukan English Program, namun judul course nya sangat menggugah selera untuk diikuti, “Introduction to Music Therapy“. Saya pikir mata kuliah tersebut akan menyenangkan karena kuliah sambil mendengarkan musik (mungkin). Selain itu mungkin juga karena baru awal semester, masih belum banyak kegiatan yang saya kerjakan. Dari pada hanya berdiam diri d kamar asrama, alangkah baiknya saya iseng-iseng masuk di kelas tersebut.

Sekali lagi seperti apa yang saya duga, kelas dipenuhi dengan mahasiswa lokal, meski hanya 11 mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini. Dan saya satu-satunya yang asing diantara mereka. Sebelum memulai perkuliahan Prof. Wei-Chun Wang langsung membrondong saya dengan pertanyaan. 😀 “Kamu sudah tau kan ini bukan english program? Apakah kamu bisa bahasa mandarin? sayang sekali mata kuliah ini belum dibuka dalam kelas English”. Saya pun hanya menjawab ” Iya saya tau course ini bbukan English program, dan saya tidak bisa bahasa Mandarin, tapi saya sangat tertarik dengan pelajarannya, mungkin jika anda ijinkan saya ingin duduk dikelas ini sementara dan mungkin untuk hari ini saja”.

 Toet4186

 Satu persatu mahasiswa disuruh maju kedepan untuk menjelaskan sesuatu yang ada di papan tulis

Toet4188

Catatan di papan tulis yang saya salin di buku, entah apa artinya? mungkin saja bermanfaat.

Setelah berdiskusi saya dipersilahkan untuk mengikuti pelajarannya meski beliau tetap menggunakan bahasa Mandarin untuk menjelaskan. Satu persatu mahasiswa dipersilahkan maju untuk memberikan komentar tentang beberapa tulisan yang ada di papan tulis. Tidak ketinggalan saya juga disuruh maju untuk perkenalan.

Dan setelah mengetehui bahwa saya dari Indonesia, Prof. Wei-Chun Wang seketika langsung meminta saya untuk menyebutkan apa saja musik yang ada di Indonesia. Spontan yang saya sebutkan adalah Dangdut dan Kroncong. Tak tanggung-tanggung saya langsung diberi kesempatan untuk menunjukkan musik tersebut dari internet. Oh ya sekedar informasi kawan, Internet disini maknyus pol, mau streaming di Youtube saja tanpa buffering sama sekali. Saya saja di Asrama mendapatkan fasilitas LAN dengan kuota 5Gb perhari dengan kecepatan 100Mbps. #pamer 😛

Seketika saya membuka Youtube dan mengetik tulisan Dangdut. Dan saya lupa, bahwa video Dangdut sering menampilkan artis-artis hot, haduh… Beruntungnya dalam pencarian di Youtube, saya menemukan video Dangdut tanpa adegan hot 😀 Hanya berupa teks dan suara. Alhamdulillah,, Selanjutnya baru saya tunjukkan juga contoh musik Kroncong.

Setelah saya tunjukkan kedua musik tersebut Prof. Wei-Chun Wang bertanya tentang musik Gamelan, dan saya jawab bahwa Gamelan hanyalah alat musik seperti gitar, piano, dll, dan gamelan merupakan alat musik tradisional di Indonesia.

Toet4187Prof. Wei-Chun Wang sedang menjelaskan materi yang serba Mandarin

Selanjutnya Prof. Wei-Chun Wang mulai menjelaskan tentang sesuatu. Sekali lagi Slide yang disampaikan dalam bahasa mandarin. Namun ada beberapa video lagu yang diputar, dan disana saya menemukan ada 5 unsur SPA dalam terapi music. Ada Element Kayu, Api, Tanah, Air, dan Angin. (Seperti Avatar ya,, :D) Kelima unsur tersebut bisa diterapkan di dalam tubuh kita. Entah bagaimana prosesnya, saya hanya sempat melihat bahwa elemen Kayu diperagakan seseorang dengan memegang tangannya di belakang telinga. Maaf kawan sekali lagi penjelasannya dalam bahasa Mandarin.

Terakhir, setelah Prof. Wei-Chun Wang menjelaskan teentang kontrak kuliah, saya maju kedepan dan berterimakasih karena diijinkan mengikuti pelajarannya. Saya berharap mungkin semester depan mata kuliah tersebut dibuka dalam English Program, karena saya sangat berminat. Prof. Wei-Chun Wang juga menambahkan bahwa banyak juga mahasiswa asing yang ingin mengikuti kuliahnya tersebut namun sayang masih belum bisa membukanya dalam kelas berbahasa Inggris, yah semoga saja segera terwujud adanya Mata Kuliah “Introduction to Music Therapy” dengan English program.

***

Itulah sedikit cerita saya hari ini kawan, terimakasih bersedia meluangkan waktunya untuk membaca, berkunjung dan mengikuti pengalaman-pengalaman yang saya tuliskan di Blog sederhana ini. Semoga bermanfaat 😉

7 thoughts on “Day-2 (Menyusup di Kelas Mandarin “Introduction to Music Therapy”)

Tinggalkan Balasan

