My Chinese Name

Salam hangat kawan,

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang sebuah Nama Cina. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya kawan, Alhamdulillah saya berkesempatan untuk dapat mengenyam pendidikan di National Taiwan University of Science and Technology (NTUST), Taiwan. Dan di Negara Taiwan ini secara tidak langsung perlu ataupun tidak, sebagain besar atau hampir keseluruhan penghuninya memiliki nama Cina.

Sebenarnya buat apa sih kita membuat nama Cina? bukankah kita sudah punya nama English atau nama Indo? Selain buat kenang-kenangan pernah menghuni negara Taiwan, kita juga memiliki manfaat lain misalkankita berkenalan dengan anak lokal, kita akan lebih gampang menyampaikan nama kita, dan bisa membuat kita lebih dekat dengan mereka. Selain itu kalau seandainya kita tidak mempunyai nama mandarin, kita terkesan mempunyai gap dengan mereka. Sama seperti kalau seandainya teman kita Taiwan tapi tidak mempunyai nama English, pasti kita akan sedikit malas ngomong dengan dia karena khawatir salah sebut nama, dsb.

Oleh karena itu, sebelum saya berangkat ke negara Taiwan, saya sudah mencoba-coba mencari dan membuat nama Cina dengan menggunakan aplikasi online. Namun sekali lagi hasilnya kurang memuaskan selera. 😀

10438416_896753970341803_8082334870372470729_n

Nama Tu Nu Man dari Mandarintools

Dengan menggunakan aplikasi online Mandarintools, saya hanya perlu memasukkan nama pemberian, nama family, jenis kelamin, dan tanggal lahir yang selanjutnya akan dibuatkan secara otomatis nama Cina kita. Hasilnya, saya mendapatkan nama Cina “Tu Nu Man”. Hasilnya mungkin sudah cukup bagus, namun tetap terdengar aneh bagi telinga yang belum terbiasa mendengar kata-kata mandarin. Jadi saya masih belum sreg menggunakan nama tersebut sampai menuliskannya di kartu Alien Resident Certificate (ARC) saya kelak selama menghuni Taiwan.

Oh ya, satu lagi kawan, seperti halnya nama English atau nama Indo kita, Nama Cina juga memiliki sedikit perbedaan bagi pemilik nama laki-laki dan perempuan. Misalnya Joko dan Susi, Charles dan Elizabeth, dalam Nama Cina juga terdapat karakter-karakter yang hanya pantas untuk dimiliki oleh perempuan saja atau laki-laki saja. Selain itu juga terkadang nama perempuan dan laki-laki bisa dibedakan dari character sense atau meaning nya dan kadang juga dari radikalnya. Ada radikal yang menandakan bahwa karakter tersebut untuk perempuan misalnya radikal 玉 atau 草, etc. Dan ada juga karakter yang memang khusus untuk laki-laki.

Oleh karena itu saya masih mencari nama yang pas dan cocok dengan nama asli saya, Ni’matut tamimah yang dipanggil Atut. Akhirnya setelah berdiskusi panjang kali tinggi kali lebar dengan seorang master Mandarin, mas Hadziq Fabroyir, mahasiswa PhD di NTUST. Dan saya akhirnya mendapatkan nama Cina yang sedikit sesuai dengan selera, “馬愛途 = Mǎ Ài Tú”.

nama cina Ma Ai TuDibaca Mǎ Ài Tú, cara menulisnya (stroke order) bisa dilihat disini.

Last name: 馬 = Mǎ

First name: 愛途 = Ài Tú

Mǎ saya dapat dari nama ayah saya M. Mahfud, yang artinya 馬 [马] ㄇㄚˇ adalah horse or cavalry piece in Chinese chess, knight in Western chess.

Sedangkan Ài saya dapat sesuai dengan spelling awal panggilan saya A yang artinya 愛 [爱] ㄞˋ adalah  to love, affection, to be fond of, to like.

Dan yang terakhir Tú juga saya dapatkan hampir sesuai dengan spelling nama akhir panggilan saya Tut, yang artinya 途 ㄊㄨˊ adalah way, route, road.

Setelah mengetahui arti dari masing-masing nama tersebut apa lantas saya bisa mengartikan makna dari nama tersebut secara general? Dan mungkin nama saya akan berarti “Kesatria catur yang selalu mencari jalan untuk mencintai atau menyayangi”? Bukan kawan, Nama mandarin itu tidak pernah diterjemahkan secara utuh. Bukan kemudian tiga karakter itu diterjemahkan dalam satu bentuk frasa atau ekspresi. (Mas Hadziq.red)

Biasanya seseorang yang sudah mengenal dekat kita, maka orang tersebut hanya akan memanggil kita dengan panggilan first name tanpa menyebut last name nya. Jadi kalau kawan-kawan sudah merasa mengenal saya dengan dekat, silahkan saja memanggil saya Atut, atau Ài Tú saja. 😀

4 thoughts on “My Chinese Name

Tinggalkan Balasan

