Kajian Sholat #6 : Sholat Menunduk

Kawan, pernahkah kita menghitung berapa kali kita bersujud kepada Allah? Sekali sholat kita minimal bisa bersujud 4 kali dalam satu waktu. Dan satu hari ada 5 waktu bukan. Jadi berapa banyak kita bisa bersujud dalam sehari semalam? Buat apa kita semua bersujud sebanyak itu?

Bersujud merupakan suatu proses menundukkan kepala hingga menyentuh lantai. Menunduk melambangkan patuh dan taat. Patuh dan taat berarti mudah diatur. Mudah diatur berarti lunak atau lentur. Jadi orang yang sholat semestinya berhati lunak, mudah diatur, dan taat. Lalu apakah kita sudah memiliki hati yang lunak? Padahal kita sudah sangat lama sekali melakukan (bagi yang melakukan) sholat!

Saat kita tidak mau menunduk berarti kita tidak lunak. Tidak lunak berarti keras. Keras berarti susah diatur. Sulit diatur pertanda sombong! Apakah pantas ketika kita sudah sholat dan masih bersifat sombong?? Yang sholat tidak pantas berlaku sombong! Karena saat sholat kita banyak menunduk dan merendahkan diri hanya kepada Allah. Allahuakbar…

Yang sombong dan pantas sombong hanyalah Iblis. Jadi orang yang sombong berarti seperti Iblis. Apakah kita mau disamakan dengan Iblis? Tidak. Oleh karena itu mari kita berusaha menjauh dari sikap sombong.

Sombong adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain. Sama seperti Iblis yang menolak perintah Allah bersujud pada Nabi Adam as. Dan dari sinilah yang dimaksud dengan menolak kebenaran.

“Maka mereka bersujud kecuali Iblis, Ia membangkang (perintah Allah)” Qs: Thoha (116)

Saat disuhuh Allah SWT untuk bersujud kepada nabi Adam, sang Iblis membangkang dengan menjawab “Aku lebih baik dari Adam”. Dan dari sinilah yang dimaksud merendahkan orang lain.

“Aku lebih baik dari pada dia (Adam)” Qs: Al-A’raf (12)

Lalu pernahkah kita merendahkan orang lain? Mari kita kembali mengaca dan introspeksi diri kawan. Semestinya kita yang sudah sangat lama sekali menjalankan sholat tidak pantas untuk sombong, karena sholat itu menunduk!

Sekian dulu kajian sholat kali ini kawan. Selamat menikmati postingan-postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat! Amiin… 😀

Iklan

One thought on “Kajian Sholat #6 : Sholat Menunduk

  1. Ping-balik: Sholat dan Kehidupan | Navigasi Kehidupan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s