Proses Berburu Beasiswa: Ambil Semua Kesempatan Yang Datang!

Orang yang beruntung adalah orang yang siap saat kesempatan datang menghampirinya.
~Mario Teguh~

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya kawan, Proses Berburu Beasiswa #Part1 #Part2, untuk mendapatkan beasiswa bukan hanya dengan duduk manis dan hanya berpangku tangan. Untuk mendapatkan beasiswa kita dituntut untuk terus bergerak dan mengambil semua kesempatan dan kemungkinan yang ada. Meskipun itu sangat kecil!

Okay kawan, kali ini saya akan melanjutkan cerita tentang perburuan beasiswa saya hingga saya mendapatkan beasiswa Master progam di Graduate Institute of Applied Science and Technology, NTUST, Taiwan. Bagi yang mengikuti cerita-cerita saya sebelumnya pasti sudah tau bukan bahwa saya belum mendapatkan beasiswa dalam negeri, namun keinginan saya untuk melanjutkan kuliah S2 sangatlah besar. Akhirnya saya memutuskan untuk keluar dari zona aman saya dan mencoba untuk melakukan hal yang mungkin bisa membuat saya (sedikit) tidak nyaman. Membuka diri dan mulai melirik beasiswa luar negeri.

Akhirnya saya kembali mencari informasi seputar beasiswa. Untuk beasiswa luar negeri ternyata sungguh lebih banyak dan beraneka ragam dibandingkan beasiswa dalam negeri kawan. Jangan pernah khawatir untuk kehabisan stok. Ada yang dari dalam negeri sendiri seperti; beasiswa BPP-LN, LPDP-LN, Kepresidenan, dll. Ada juga yang langsung disediakan oleh Negara luar karena kerjasama untuk kuliah di Negara-nya seperti; Fullbright, Eramus Mundus, dan beberapa jajaran beasiswa top luar negeri lainnya. Saya? Kali itu saya melakukan sebuah kesalahan kawan. Saya tidak berani melirik beasiswa-beasiswa top seperti itu. Saya harap kawan-kawan disini tidak mencontoh kesalahan saya!

Saat itu saya terlalu takut, karena kekurangan (yang seharusnya bisa saya atasi), dan tentunya dengan kompetensi yang saya miliki kawan. Yakni nilai IPK yang sedang-sedang saja, dan score TOEFL yang pas-pasan. Yah, mungkin ini mamang sudah jalan saya kawan. Be positive thingking, and believe Allah. ūüėÄ

Setelah menyaring beberapa informasi beasiswa yang ada, saya menemukan 2 macam beasiswa luar negeri yang (menurut saya) sesuai dengan kompetensi saya kawan. Yakni Beasiswa United States Agency International Development (USAID), Beasiswa kerjasama antara Presiden SBY dan Presiden Obama dalam Program to Extend Scholarships and Training to Achieve Sustainable Impacts Phase (PRESTASI) program, dan NTUST Scholarship, Taiwan.

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya kawan, terdapat salah satu folder simpanan di laptop saya yang bernama USAID. Di dalam folder tersebutlah telah komplit tersimpan segala berkas dokumen, buku pedoman, dan persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar USAID Scholarship PRESTASI Program. Yah, saya berminat untuk mendaftar beasiswa tersebut dan kuliah di Amerika Serikat. Kenapa? Sekali lagi karena persyaratan yang dituliskan di buku pedomannya (saya rasa) sesuai dengan kompetensi yang saya miliki.

Apa saja persyaratannya? Baiklah akan sedikit saya kopikan dari buku pedoman kawan. Persyaratan umum yang harus dimiliki untuk mendaftar beasiswa tersebut adalah:

  1. Warga Negara Indonesia, tidak memiliki kewarganegaraan ganda.
  2. Bukan pegawai  pemerintah Amerika Serikat/  kontraktor USAID atau  pegawai yang menerima gaji secara langsung dari pemerintah Amerika Serikat.
  3. Masih memiliki masa kerja minimal 10 tahun sebelum memasuki masa pensiun, dihitung dari selesainya masa studi.
  4. Memiliki pendidikan minimal sarjana strata 1 (S1) atau setara, dengan IPK minimal 2.75 (skala 4.0).
  5. Memiliki skor TOEFL ¬ģ ITP minimal 450 atau IELTS‚ĄĘ minimal 5.0 atau TOEFL ¬ģ IBT minimal 45.
  6. Berkomitmen kuat untuk segera kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi.
  7. Tidak sedang menerima beasiswa dari institusi lain.
  8. Belum memiliki gelar Master (S2) dan tidak sedang menempuh pendidikan S2.
  9. Memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang yang sama dengan studi yang akan diambil.

Catatan: persyaratan khusus untuk setiap bidang studi, dapat diperoleh di lembar Program Description di website USAID ‚Äď PRESTASI (www.prestasi-iief.org).

Luar biasa ringan bukan syaratnya kawan. Point 1-8 saya rasa saya sudah memilikinya. Sedangkan untuk point ke 9, karena sejak kuliah di semester 5 saya sudah bekerja dan membantu berbagai proyek penelitian dosen saya, saya rasa pengalaman bekerja saya sudah lebih dari dua tahun. (Asumsi Pribadi)

Sekecil apapun jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan yang telah berusaha menghampirimu karena belum tentu dia akan mau kembali lagi menghampirimu setelah kau mencampakkannya.

Tidak membuang kesempatan yang datang kawan, saya langsung bergerak dan menyiapkan segala keperluan yang diperlukan. Mulai dari mengisi formulir, membuat mini essay, meminta surat rekomendasi dll. Semua selesai dalam jangka waktu yang cukup singkat dan sebelum deadline. Dan ternyata saya terlupa kawan, saya belum memegang ijazah aseli saya, sekali lagi yang saya pegang masih SKL (Surat Keterngan Lulus) saja. Akhirnya saya berinisiatif untuk menanyakan ke bagian informasi beasiswanya perihal Ijazah yang belum ada apakah diperbolehkan untuk mendaftar dengan menggunakan SKL atau tidak.

Satu minggu lebih email saya tidak berbalas. padahal waktu deadline tinggal beberapa hari lagi. Akhirnya saya bertekat mengirimkan segala berkas yang sudah terkumpul rapi dengan hanya menggunakan SKL. #bonek

Yah dan mungkin karena itulah sampai sekarang saya tidak mendapatkan informasi perihal hasil yang katanya akan diumumkan pada bulan Mei. Atau mungkin juga karena sebab-sebab lain. Belum rejeki ūüėÄ

IMG_20140602_113137Jangan lupa mencatat dan mengingat tanggal-tanggal penting!

Sekarang. Saya akan mulai bercerita tentang segala proses yang saya lakukan hingga saya berhasil mendapatkan beasiswa di Negeri Taiwan kawan. Proses itu dimulai pada saat saya mendapatkan informasi perihal NTUST Scholarship.

Saya mendapatkan informasi tersebut dari salah satu Group WhatsApp (WA). Saat membacanya seketika saya langsung tertarik dan membuka lamannya. Mungkin hanya sedikit orang yang langsung melakukan hal seperti apa yang saya lakukan. Atau bahkan mungkin hanya saya. ūüėÄ

***

Bagaimana pengumumannya? kawan-kawan, silahkan langsung saja simak pengumuman dibawah ini:

[Share|Beassiwa S2 dan S3 NTUST, Taipei, Taiwan]
-Telah dibuka pendaftaran beasiswa S2 (Full atau dual degree) dan S3 NTUST Taiwan untuk tahun ajaran Fall Semester 2014 (Mulai kuliah September 2014). Beasiswa terbagi dalam 3 jenis:

  1. Full beasiswa (free biaya kuliah + dapat uang saku NT10000/bulan)
  2. Partial (free biaya kuliah + dapat uang saku NT8000/bulan)
  3. Tuition Waiver Only (free SPP)

*Note : Tiket PP bayar sendiri, tapi cukup kok kalo mau menyisihkan dari uang saku bulanan.
-Periode pendaftaran : February 6 ~March 31 2014
-Required documents:

  1. One completed application form
  2. Declaration
  3. Authorization
  4. Two letters of recommendation signed by the issuers
  5. The plan of study
  6. One official photocopy of the highest diploma and its English translation (The official photocopies must bear the original seal/stamp of the issuing institution. Photocopy of diploma without original seal is not accepted for further processing. Final year student who will graduate in this semester may submit certificate of study (enrollment) issued by current university in advance. However, official diploma and authenticated photocopy must be submitted upon registration.
  7. One ORIGINAL transcript of academic records in English (should bear the official seal of the school attended. If the official academic records are not in English, an English translation, together with the original, is acceptable)
  8. Certificate of English proficiency test

-point 1,2,3 itu nanti ada di web akun kalian (diprint).
-untuk yang belum lulus (semester Akhir) juga bisa coba daftar, dengan ketentuan sbb:

  1. Ijasah diganti surat keterangan dari departemen (jurusan) yang menjelaskan bahwa Anda mau lulus semester ini (misal : Lulus bulan juli 2014)
  2. pakai transkrip terakhir trus terjemahkan ke bahasa inggris.(full transkrip lo ya, bukan IPS).
  3. ya mungkin kekurangannya kalo kalian belum lulus tapi nanti diterima jadi lebih repot n lebih banyak ngeluarin biaya, soalnya lebih banyak dokumen yang harus kalian urus. nantinya semua dokumen dikirimkan ke NTUST.
  4. (detail alamat dan pengirimannya bisa dilihat di link dibawah)

-beberapa hal tentang NTUST, Taiwan :

  1. Terletak di Taipei, kota terbesar di Taiwan, sarana dan prasarana (termasuk: transportasi) lebih modern. Banyak tempat pariwisata yang menarik
  2. Dekat dengan 2 masjid di Taipei
  3. Tersedia kantin halal di dalam kampus, jadi gak terlalu repot untuk cari makanan halal, makanan disini juga masih cocok sama lidah orang Indonesia.
  4. Kampus dengan jumlah mahasiswa Indonesia terbanyak di taiwan
  5. Kata senior (kata senior lo), NTUST adalah salah satu jalan termudah untuk kuliah ke luar Negeri.
  6. Jumlah pelajar Asing sangat banyak di NTUST, kalian bisa berinteraksi dengan banyak pelajar international lainnya.
  7. dan masih banyak lagi.

-oh ya sekedar Informasi untuk yang semester depan ini (Fall) peluang dapat beasiswanya tinggi (sekitar 70% dari Mahasiswa International yang diterima, kalo yang Spring cuma 30%) jadi jangan sia sia kan kesempatan ini nunggu sampai tahun berikutnya.
-Ketenganan lebih lanjut, silahkan kunjungi link dibawah, atau tinggalkan komen dibawah:
http://www.admission.ntust.edu.tw/files/11-1004-1156.php

-untuk pendaftaran silahkan masuk ke Link berikut:
http://entry5.ntust.edu.tw/FA_FrontEnd/

Ayo silahkan dicoba, ayo penuhi Kampus NTUST dengan anak2 bangsa…

***

Bagai Pungguk merindukan bulan, saya yang hanya mengantongi SKL dan bertekat untuk melanjutkan S2, ternyata mendapatkan informasi demikian. Tak hanya itu, beasiswa ini juga tidak mensyaratkan score TOEFL kawan, sungguh sesuatu. ūüėÄ Tanpa pikir panjang dan tanpa menyia-nyiakan kesempatan tentunya. Saya langsung berkomitmen untuk mendaftar beasiswa ini dengan hanya menggunakan SKL.

Sebelumnya, tak lupa saya langsung menyebar informasi tersebut kawan. Berharap ada salah satu atau lebih yang juga sama-sama berminat untuk mendaftar seperti saya.

Dan selanjutnya tanpa menunggu waktu yang lama saya mulai memasang agenda-agenda yang harus saya kerjakan segera. Saya ingat kawan, saat itu saya mendapatkan informasinya sekitar tanggal 1 Maret 2014. dan Deadline pendaftarannya sampai 31 Maret 2014. Jadi saya hanya membutuhkan waktu 1 bulan untuk melengkapi segala kekurangan kawan.

Berikut adalah langkah yang saya lakukan:

  1. Membuat akun dan mendaftar online pada web yang disediakan.
  2. Mentranslet SKL dan Transkrip akademik smentara kedalam bahasa inggris. Tentunya menggunakan Sworn Translator.
  3. Meminta 2 surat rekomendasi (lagi) kepada Ibu Dosen Pembimbing skripsi dan Bapak Kaprodi.
  4. Membuat Study Plan berbahasa Inggris sesuai permintaan.
  5. dan yang terakhir mengirimkannya via pos langsung seluruh berkas hingga terbang ke Taiwan.

Gampang bukan? Ya nampaknya memang gampang kawan, tergantung pribadi kita mau melakukannya atau tidak. ūüėČ

Sudah selesai? Belum kawan, masih ada kelanjutannya. Pada postingan berikutnya saya akan menjelaskan tentang Tips yang paling yahut hingga saya Alhamdulillah berhasil mendapatkan beasiswa Full di Graduate Institute of Applied Science and Technology, NTUST, Taiwan.

To be Continued…

5 thoughts on “Proses Berburu Beasiswa: Ambil Semua Kesempatan Yang Datang!

  1. Ping-balik: Proses Berburu Beasiswa: Never Give Up! | Navigasi Kehidupan

  2. Ping-balik: Proses Berburu Beasiswa: Tirakat! | Navigasi Kehidupan

  3. Ping-balik: Proses Berburu Beasiswa: Tirakat! | Navigasi Kehidupan

Tinggalkan Balasan

