Definisi Jahat!

Apa tanggapan anda tentang Jahat? Pernahkan anda merasa jadi seorang yang Jahat? Atau apakah anda pernah dibilangi seseorang bahwa anda adalah seorang yang Jahat?

Yah banyak sekali orang yang mungkin belum sadar, atau bahkan tidak merasa sama sekali bahwa dia adalah seseorang yang jahat. Bagi orang lain tentunya.

Dan sesuai dengan judul yang saya tulis di atas, saya akan mencoba untuk mendefinisikan sebuah kata “jahat”. Namun sebelum saya mendefinisikan sendiri kata tersebut, alangkah baiknya kita tengok dulu bersama-sama definisi jahat dari ahlinya alias Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menurut KBBI,

arti kata “Jahat” adalah sangat jelek, buruk; sangat tidak baik (tt kelakuan, tabiat, perbuatan): orang itu — hatinya, suka sekali menghina orang yg tidak mampu.

Dari pengertian “Jahat” menurut KBBI tersebut dapat kita lihat bahwa”Jahat” merupakan sebuah kata negatif. Kalian setuju? Saya juga setuju!

Sekarang saya akan mendefinisikan “Jahat” itu dengan bahasa saya sendiri, dengan kemampuan analisis saya berdasarkan data-data yang ada, serta berdasarkan sedikit banyak masukan dari diskusi dengan para sahabat. Dan kesimpulannya adalah…

  1. “Jahat” itu adalah ketika kamu melupakan, mendzolimi, atau mengingkari kebutuhan pokok  pribadi kamu. Misalnya sebagai seorang manusia kita memiliki kebutuhan pokok untuk makan, minum, tidur, berpakaian, bertempat tinggal, bersosial, dan ber-ber yang lain yang menjadi kebutuhan pokok kita, namun kita secara pribadi dengan sengaja melalaikan diri untuk mencukupinya.
  2. “Jahat” itu adalah ketika seseorang dengan sengaja menyakiti, melukai, atau membuat sesorang yang lainnya terluka, menangis, bingung, galau, atau menjadi sedih. Baik dilakukan dengan tujuan untuk kepentingan pribadi, kelompak, maupun golongan. Dan juga baik itu dilakukan dengan benda tajam, kata-kata pedas, maupun tanpa keduanya. Misalkan seorang pembunuh, pemerkosa, pencuri, perampok, penghianat, pembohong, pembuat onar, pengganggu hubungan orang, hingga penolak cinta. #eaaa….
  3. “Jahat” itu adalah ketika seseorang merusak dengan sengaja sesuatu maupun benda baik itu miliknya sendiri maupun milik orang lain hanya untuk kepuasan semata dan menimbulkan masalah untuk orang lain. Misalnya seseorang yang merusak fasilitas umum dengan tanpa berdosa dan bahkan dengan bangga mengakui perbuatannya tersebut.

Hanya itu? Tidak. Sebenarnya masih banyak lagi dan masih luas definisi dari “Jahat”. Seperti saat kita menonton film atau sinetron, sering tanpa sadar pasti mulut kita berucap “Ih jahat banget sih orang ini”, “Kok digituin sih, biarin aja napa, dia kan jahat”, dll. Namun yang menjadi inti dari tulisan tentang definisi “jahat” kali ini hanya satu,

Kita tidak pernah tau, apakah kita termasuk sebagai seorang yang jahat atau bukan. Namun yang pasti kita tau adalah bahwa usaha untuk menjadi orang yang lebih baik itu pasti ada dibenak setiap orang selama dia menghembuskan nafas di bumi ini. Yakinlah!!!

Iklan

10 thoughts on “Definisi Jahat!

  1. jadi, atut sudah mendefinisikan jahat dr perspektif pelaku. kalo yg diperlakukan bgmana? misal, dia gak merasa berlaku jahat, tp saya merasa diperlakukan jahat? 😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s