Merasakan Ketoprak Khas Jakarte

Sama seperti postingan sebelumnya rekan-rekan… Kali ini saya juga akan berbagi tentang kuliner yang ada di kota Jakarta. Ketoprak.

Siapa coba yang belum mengenal makanan Ketoprak, kuliner khas Kota Jakarta ini pasti banyak memiliki peminat. Dan saya, sekali lagi baru merasakannya pertamakali ini.

Kata kebanyakan orang Ketoprak itu rasanya seperti Gado-gado di Jawa Timur, yang membedakan hanya komposisi didalamnya. Dan memang benar adanya.

Ketoprak ini saya dapatkan dari pedagang kaki lima yang ada di sekitar Masjid Istiqlal, sama seperti Sate Padang Pariaman. Harganyapun relatif cukup murah, Rp 10.000 per satu porsi.

grobak ktoprak

Gerobak Ketoprak

IMG_20140418_230747
Satu porsi ketoprak pesanan saya

Setelah memesan satu piring Ketoprak pada abang penjualnya, saya hanya serius memandangi abang tersebut yang dengan cekatannya meracik bumbu-bumbu ketoprak.

1. Pertama yang dilakukan abang ketoprak tersebut adalah menyiapkan piring kosong bersih di atas meja gerobaknya.

2. Langkah kedua yakni mengambil satu buah lombok yang ukurannya cukup besar, kurang lebih sebesar jari kelingking saya yang tergolong besar untuk kalangan seorang wanita. Saya kembali berfikir dan memutar otak, mengingat kembali percakapan saya saat memesan ketoprak. Saya sama sekali tidak menyebutkan dosis kepedasan atau banyaknya lombok yang saya inginkan. Berarti abang ketoprak itu hanya mengira-ngira sendiri mungkin saya memang mau. Namun karena saya secara pribadi bukan termasuk orang yang anti lombok, tapi juga tidak maniak, jadi saya rasa bolehlah abang itu memberi satu lombok untuk ketoprak pesanan saya.

3. Ketiga abang itu kemudian mengupas bawang putih mentah separo untuk satu porsi ketoprak pesanan saya. dan dilanjutkan menyisir gula jawa ke dalam piring  tersebut. Saya jadi penasaran, apakah bapak itu mau meng’ulek’ bumbu-bumbu tadi diatas piring, bukan di atas “cobekan”?

4. Dan benar langkah keempat ternyata bang ketopraknya memang menghaluskan bumbu-bumbu tadi diatas piring, dengan lihainya. Setelah terlihat halus abang ketoprak tersebut kemudian menambahkan sedikit air dan bumbu kacang yang sudah halus beberapa sendok.

5. Selesailah persiapan pembuatan bumbu ketoprak itu kurang dari 5 menitan. Dan selanjutnya abang ketoprak memotong satu ketupat kecil-kecil dilanjutkan dengan memotong beberapa tahu dan menambahkan sayur taoge dan bihun.

6. Langkah selanjutnya abang ketoprak itu mengaduk isi ketoprak dengan bumbu yang ada di bawah hingga merata.

7. Selesai? belum. Selanjutnya abang ketoprak itu menambahkan kerupuk dan melinjo diatas ketoprak tadi dan menambahkan sedikit kecap dan bawang goreng.

8. dan terakhir saya pun akhirnya menikmati Ketoprak khas Jakarte itu dengan lahapnya rekan-rekan.

Rekan-rekan masih belum pernah merasakan? ayo buruan beli… 😀

Tinggalkan Balasan

