Ketupat Tutorial

Salam hangat sobat sekalian,,,

Bicara soal Lebaran Ketupat, pasti bukan di tempat tinggal saya saja kan, kalau lebaran ketupat itu jatuh tepat satu minggu setelah hari raya idul fitri. Terlalu banyak versi yang menceritakan tentang asal mula kenapa kok lebaran ketupat itu jatuh tepat satu minggu setelah hari raya Idul Fitri. Tapi yang menjadi kepercayaan saya sampai detik ini adalah karena lebaran ketupat merupakan lebaran milik para kaum muslimin yang menjalankan puasa sunnah pada bulan syawal yakni 6 hari berturut-turut setelah hari  raya idul fitri, hari ke-2 sampai hari ke-7 bulan syawal. Namun seiring berjalannya waktu, lebaran ketupat telah bergeser menjadi tradisi masyarakat secara meluas meskipun tanpa menjalankan ibadah puasa sunnah 6 hari dibulan syawal tersebut.

Di tempat tinggal saya sendiri, lebaran ketupat biasannya digunakan sebagai ajang untuk saling berbagi. Siapapun yang membuat atau memasak ketupat, selalu membagi-bagikan ketupat tersebut kepada para tetangganya. Jadi jangan khawatir tidak bisa menikmati ketupat meskipun ibu kita tidak membuat ketupat, karena ketupat itu akan berdatangan sendiri ke rumah kita. Itulah berkahnya lebaran ketupat, orang kurang mampu pun pasti dapat menikmatinya.

Lebaran Ketupat tahun ini ibu saya pun tak ketinggalan untuk meramaikannya dengan membuat ketupat beserta sayurannya. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, yang mendapat jatah untuk membuat dan menganyam ketupatnya adalah saya. Karena satu rumah saat itu yang bisa membuat bungkus ketupat dari daun lontar hanyalah saya dan bapak saya, sedang bapak tidak mungkin untuk membuatnya karena sudah disibukkan dengan urusan pekerjaannya.

***

Jadi, sambil menyelesaikan tugas pembuatan ketupat, saya juga akan berbagi sedikit tentang cara pembuatan atau merangkai ketupat tersebut disini. Semoga sobat-sobat sekalian yang belum bisa dapat menirunya. Dan selamat mencoba…

Pertama, kita siapkan daun lontar atau janur yang akan digunakan sebagai ketupat yang kemudian dipisah menjadi dua bagian daun kanan dan kiri.

IMG_20130816_222259

Kedua, Janur yang sudah di belah menjadi dua bagian dari sisi kiri dan kanan daunnya kita bebatkan pada tangan kanan kiri kita seperti pada gambar 2 dan gambar 3.IMG_20130816_222356

IMG_20130816_222422

Ketiga, daun di tangan kanan kita masukkan dan kita anyamkan secara teratur pada daun yang berada di tangan kiri hingga membentuk seperti sebuah ikan mujair (Gambar 4).

IMG_20130816_222455

Keempat, Setelah berbentuk seperti ikan mujair dengan ekor dan siripnya, selanjutnya kita masukkan kedua ekornya masing-masing putar balik menuju arah sirip kanan dan kiri hingga membentuks eperti gambar 5.

IMG_20130816_222526

Kelima, tahap selanjutnya adalah tinggal memasukkan masing-masing sirip dan ekornya searah jarum jam hingga masing-masing sirip dan ekornya bertemu pada sudut yang berlawanan (gambar 6 dan gambar 7).

IMG_20130816_222552

IMG_20130816_222624

Dan jadilah ketupat cantik yang siap kita isi dengan beras dan kita masak hingga matang.

IMG_20130816_222707

Cukup melelahkan juga menggarap banyak ketupat seorang diri, tapi jerih payah kita itu akan terbayar setelah hasil kreasi kita dinikmati oleh banyak orang. 😀

Selamat Berkreasi SOBAT…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s