Mencoba Kerak Telor Khas Betawi

Malam Selawe selalu bisa mengundang dan menghadirkan pengunjung dari berbagai penjuru tiap tahunnya. Tak ketinggalan masyarakat pribumi pun terusik hatinya untuk menjadi pengunjung setianya. Salah satunya, Saya.

Malam ini sayapun menyempatkan diri untuk jalan-jalan sejenak setelah sholat Isya’ dan Tarawih. Kali ini saya ditemani dua sahabat rantau yang rumahnya juga di Daerah Gresik. Sebut saja Emak dan Ica.

Kami bertiga jalan-jalan tanpa satu tujuan khusus, yang ada hanya mengikuti sepanjang kaki melangkah. Sampai tiba pada satu stan yang berjualan Kerak Telor makanan Khas Betawi. Kali ini yang berinisiatif beli adalah saya yang didasari karena rasa penasaran ingin mencoba rasanya.

IMG_20130802_233120

IMG_20130802_233453

Setelah mendekati stannya, saya baru tau kalau kerak telur itu berasa dari beras ketan, Srundeng (pasrahan kelapa yang di bumbui dan di sangrai), dan yang terakhir adalah telur.

Pertama-tama, beras ketan di masak dengan air di atas wajan yang dipanaskan dengan tungku ber-arang. Setelah ketan sudah mendidih dan cukup matang, ditambahkan bahan kedua yakni srundeng tadi beserta bumbu-bumbunya seperti garam, micin, gula, dll. Dan yang terakhir ditambahi satu telur utuh yang langsung di masukkan kedalam wajan. Setelah telur dan semua bahan diaduk dan diratakan diatas wajan, barulah wajan tersebut dibalik menghadap ke nyala arang. Dan jadilah kerak telor yang sedikit gosong namun rasanya delississioosssooo….

Terakhir setelah membayar Kerak Telor seharga 10rb itu, saya mengantongi pulang Kerak Telur hangat tersebut dan menyantapnya di rumah. Nyaaammmm,,, πŸ˜€

IMG_20130802_233302

Mau mencobanya??? Kayaknya mudah dicontoh kok πŸ˜‰

Iklan

4 thoughts on “Mencoba Kerak Telor Khas Betawi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s