Berdakwah Dalam Profesi Kedokteran Hewan

Negara Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Berbagai kebutuhan masyarakat terutama masalah pangan belakangan ini menjadi topik pembahasan yang hangat, terutama masalah pengadaan dan konsumsi daging halal bagi masyarakat muslim Indonesia. Dokter Hewan merupakan profesi yang paling berperan dalam pengadaan daging ternak hingga daging tersebut layak untuk dikonsumsi masyarakat. Beberapa kelayakan yang perlu diperhatikan tersebut mulai dari pengecekan kesehatan binatang ternak yang akan disembelih, sampai ke-halal-an daging tersebut untuk dikonsumsi oleh masyarakat muslim. Oleh karena itu menjadi seorang Dokter Hewan merupakan salah satu profesi yang tepat untuk meng-implementasi-kan nilai keislaman dalam keprofesiannya.

“Jadikan profesi sebagai alat dakwah sekaligus untuk mencari rizky.” Tutur Dr. Mustofa Helmi Effendi, drh. DTAPH. dalam acara Talkshow “Implementasi Nilai-Nilai Islam Dalam keprofesian” (06/06) yang diselenggarakan di Ruang Tandjung Adiwinata FKH UA Lt.2.

            Dalam Talkshow yang digelar dalam Muktamar Nasional II Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus Veteriner (MUNAS II FSLDKV) Se-Indonesia tersebut, Dr. Mustofa Helmi Effendi, drh. DTAPH. menjelaskan tentang fenomena yang sering terjadi dalam penyembelihan ternak secara modern yakni penyembelihan dengan cara stunning (pemingsanan) hewan ternak terlebih dahulu sebelum disembelih. Dalam proses penyembelihan, proses stunning diperbolehkan dengan alasan meringankan penderitaan hewan yang akan disembelih. Meringankan penderitaan hewan yang akan disembelih tersebut merupakan salah satu bentuk kasih sayang (bil ihsan) kepada hewan ternak yang sangat dianjurkan dalam ajaran agama Islam. Hanya saja stunning boleh dilakukan dengan syarat hewan yang dipingsankan tersebut bisa kembali normal ketika tidak jadi dipotong dan sembuh dari efek pemingsanan (reversible).

1

“Kriteria menyembelih hewan yang halal hanya ada empat; yang pertama perpotong jangan makan, kedua perpotong jangan nafas, ketiga perpotong sampai ke pembuluh darah, dan yang keempat perpotong didahului bacaan Bismillah dan Allahu Akbar” Jelas Dr. Mustofa Helmi Effendi DTAPH. drh., yang berprofesi sebagai Dokter Hewan, Dosen FKH, sekaligus Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam Universitas Airlangga (UKM-KI UA).

Tak hanya masalah daging halal, Dr. Mustofa Helmi Effendi, drh. DTAPH. juga mengupas tentang profesionalitas seorang dokter hewan dalam mengobati dan menangani hewan-hewan “najis” seperti Anjing dan Babi.

“Anjing juga merupakan ciptaan Allah, jika sakit, maka kita sebagai dokter hewan juga berkewajiban mengobatinya, kalau najis ya dibasuh saja tidak masalah.” Ungkap Dr. Mustofa Helmi Effendi, drh. DTAPH.

Selain Dr. Mustofa Helmi Effendi, drh. DTAPH. dalam talkshow tersebut juga dihadiri oleh Bahrul Ulum, peneliti dari Institut Pemikiran dan Peradaban Surabaya (INPAS) yang menyampaikan tentang kedudukan seorang Dokter Hewan muslim yang memiliki tanggung jawab untuk memastikan dan memberi jaminan aman kepada masyarakat islam terhadap makanan yang halal, terutama daging ternak.

Acara Munas II FSLDKV yang dihadiri oleh delegasi mahasiswa kedokteran hewan dari Unsyah-Aceh, IPB-Bogor, UGM-Jogja, Unibraw-Malang ini diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, dan juga serangkaian dengan event Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKH UA, yakni Seminar Kewirausahaan se-Wilayah Surabaya juga dimeriahkan dengan Lomba Cerpen tingkat Nasional.

“Acara ini merupakan rantai pengikat silaturrahim mahasiswa muslim calon profesi dokter hewan di Indonesia, bahkan bisa jadi untuk kedepannya, akan bergabung pula dalam forum silaturrahim ini mahasiswa muslim Veteriner dari Luar negri” UjarKetua FSLDKV 2010, Saiful Amin, Skh. (eNTe)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s