Twin Tumpeng

Ditengah-tengah kesibukan yang menumpuk, deadline yang semakin mendekat, dan ujian yang tak kunjung selesai, tak melupakan satu hari penting bagi sepasang anak manusia.

Senin, 1 Juli 2013, hari ini adalah tanggal kelahiran dua orang keluarga, sahabat, teman seperjuangan, serta musuh bebuyutan saya. Sebut Nani dan Qisthy. Mereka berdua lahir diwaktu yang sama namun tempat yang berbeda. Nani di Madura dan Qisthy di Gresik 22 tahun silam.

Tak ada satu ucapan selamat bagi mereka sebelum ritual resmi telah digelar. Yah… Satu ritual yang biasa orang menyebutnya tiup lilin.

Bukan ingin meniru tradisi barat yang selalu merayakan hari ulang tahun dengan agenda tiup lilin. Tapi tiup lilin disini melambangkan sebuah simbol yang mengingatkan kepada kita, sudah berapa banyak liilin yang telah kita tiup, sudah berapa banyak waktu yang telah kita lewati di bumi ini, dan sudah apa saja perbuatan yang telah kita perbuat. Apakah perbuatan yang telah kita perbuat itu telah sesua dengan apa yang seharusnya kita perbuat? Ataukah perbuatan yang telah lakukan itu hanyalah pengisi waktu kosong kita tanpa ada makna? Yah semoga tidak.

Kembali lagi ke masalah Nani dan Qisthy. hampir setiap tahun saat di bumi perantauan ini selalu ada surpraise buat mereka. dan kali ini adalah Tumpeng Kembar (Twin Tumpeng) yang sengaja dan khusus dibuat untuk mereka berdua. Dan tak lupa Twin tumpeng tersebut juga dilengkapi lilin kembar.

Toet3224Twin tumpeng tampak vertikal.

Toet3225Twin tumpeng tampak horizontal

Agenda malam ini memang untuk menghabiskan tumpeng. Tapi karena jarak yang memisahkan keberadaan mereka berdua (Nany dan Qisthy), dan juga tak ingin mereka mengetahui agenda yang sebenarnya. akhirnya agenda lainpun dibuat. Belajar bareng Pengmat untuk ujian esok hari. Dan bertempat di Kosan Nany yang termasuk kosan saya juga.

Setelah agenda dibuat, persiapanpun dilakukan. Yang terpenting adalah mempersiapkan tumpeng yang akan disajikan. Tahap pertama yakni memasak nasi dengan Rice cooker. Naas, dengan kondisi kos-kosan yang daya listriknya rendah, membuat saluran listrik sering mati saat pemakaian berlebih. Dan ternyata memang benar,  ternyata saat itu juga si Nani dengan asyiknya menyetrika setumpuk baju. Salah satu antara masak nasi atau menyetrika harus mengalah. Tentu yang harus mengalah adalah setrika Nani.

Nasi sudah beres, Lauk sudah siap dijadikan hiasan tumpeng. Bagaimana cara mencetak tumpengnya? RAHASIA.

Dan akhirnya agendapun berjalan sesuai dengan jadwal.

Selamat ulang tahun Nani dan Qisthy…..
Semoga apa yang kalian impikan, citakan, dan harapkan segera terkabul.
Semoga di umur yang semakin menyempit ini hidup kalian semakin barokah.
Amin….. :*

Iklan

14 thoughts on “Twin Tumpeng

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s