Semua Tentang Ikan #2

Baca sebelumnya >> Semua Tentang Ikan #1

20120318HargaIkanNaik170312-2

 

Kantung Renang Ikan Vs Paru-Paru Manusia

Mengapa kita begitu kesulitan saat akan menyelam kedalam laut? Tetapi tidak demikian dengan ikan yang tampak begitu enjoy saat menyelam kedalam laut.

Satu jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah karena Ikan memiliki Kantung Renang (Swim Bladder), sedangkan kita memiliki Paru-paru (Pulmo).

Kantung Renang ikan atau kantung-kantung kecil yang berisi gas tersebut hanya mengisi 5 % dari volume keseluruhan ikan. Sedangkan Paru-paru kita memenuhi hampir seluruh rongga dada. Oleh karena itu Paru-paru dapat menurunkan kerapatan massa keseluruhan begitu banyak sehingga tubuh kita lebih mengapung daripada kebanyakan jenis balok kayu.

Berbeda dengan paru-paru yang volumenya tidak dapat kita kendalikan, Kantung Renang dapat dikendalikan ikan untuk mengatur kerapatan massa keseluruhan tubuhnya agar tepat sama dengan kerapatan massa air. Oleh karena itu ikan dapat berenang melayang-layang di dalam air laut dengan daya apung netral yang pas. Seandainya ikan memiliki massa yang lebih berat dari pada massa air, maka ikan tersebut akan tenggelam, begitu pula sebaliknya, jika massa ikan lebih ringan dari pada massa air, maka ikan tersebut akan melayang. (Hukum Archimedes)

Bukankah ikan dapat berenang kemanapun ia suka dengan mengibaskan-ngibaskan ekornya?

Memang ikan selalu mengibas-ngibaskakn ekornya untuk berenang kemanapun ikan suka, tetapi hal tersebut hanya pemecah sementara. Hal yang paling penting bagi seekor ikan untuk menyelami kedalaman laut adalah menyesuaikan tubuhnya dengan tekanan yang berbeda-beda pada tiap kedalaman yang berbeda. Dalam hal ini ikan menyesuaikan tubuhnya dengan cara mengatur Kantung Renangnya.

Lalu bagaimana cara ikan untuk mengatur Kantung Renangnya tersebut?

Yang dilakukan Ikan untuk mengatur Kantung Renangnya agar kerapatan massanya sesuai dengan lingkungannya adalah dengan memperbesar dan memperkecil Kantung Renang supaya selalu sesuai dengan kedalaman air yang berbeda-beda. Ikan mengatur Kantung Renangnya tersebut bukan menggunakan otot, karena otot-otot ikan tidak kuat untuk mengerjakan tugas tersebut, tetapi ikan mengaturnya dengan mengubah-ubah kandungan oksigen yang ada dalam kantung udara.

Ikan memperoleh gas tambahan yang diperlukan untuk membesar dan mengecilkan Kantung Renang dengan cara mengambil oksigen dari aliran darahnya dan meresapkannya kedalam Kantung Renang. Begitupun sebaliknya, saat ingin mengurangi gas yang ada dalam Kantung Renang, tubuh ikan akan meresapnya kembali. Begitu hebat bukan?

Iklan

5 thoughts on “Semua Tentang Ikan #2

  1. Ping-balik: Semua Tentang Ikan #1 | Navigasi Kehidupan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s