Sosialisasikan Zoonosis Sejak Dini Pada Siswa TK

DSC00446Siswa-siswa TK yang antusias berebut hadiah

Teriakan 59 siswa-siswi TK. Dwi Warna Jaya tampak gemuruh saat berebut hadiah yang dibagikan. Sudah kedua kalinya, Sabtu pagi (11&18/05), siswa-siswi TK. Dwi Warna Jaya tersebut mendapatkan hiburan dan pengetahuan tentang Zoonosis dengan metode baru, yakni teater boneka oleh 4 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) yang tergabung dalam Program Kreatifitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) didanai  Dikti tahun 2013.

Empat mahasiswa tersebut adalah Putri Lusiana mahasiswa FKH angkatan 2011 sebagai ketua kelompok, dan ketiga anggotanya; Wining Astini, Tifani Lasianjayani, dan Nala Ni’amal Aza, yang ketiganya merupakan mahasiswa FKH angkatan 2010.

DSC00438DSC00441TBC: Theater by Zoono Club Doll

PKM-M yang mereka selenggarakan berjudul “TBC (Theater by Zoono Club Doll) Permainan Teater Boneka Generasi Baru Sebagai Media Sosialisasi dan Pembelajaran Dini Tentang Zoonosis Bagi Siswa Taman Kanak-Kanak”. Zoonosis merupakan penyakit atau infeksi yang ditularkan secara alamiah di antara hewan vertebrata dan manusia. Sampai saat ini, terdapat lebih dari 300 penyakit hewan yang dapat menulari manusia.

“TBC ini merupakan permainan teater boneka tangan bertema Zoonosis yang bertujuan untuk men-sosialisasikan Zoonosis sejak dini pada anak TK, serta bahayanya yang ditimbulkan sekaligus bentuk pengendalian dini yang dapat dilakukan.” Ungkap Putri.

Anak-anak TK dipilih sebagai sasaran utama pada pengabdian masyarakat ini karena Anak-anak TK merupakan komponen yang paling rentan terhadap bahaya Zoonosa yang berasal dari makanan. Salah satu penyakit yang sering menyerang Anak-anak TK adalah penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan, seperti: diare, disentri, dan tifus. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman dari anak-anak sebagai konsumen terbesar dan peran orang tua yang kurang memperhatikan kualitas dari makanannya yang sebenarnya sangat berpengaruh pada tingkat penyakit zoonosa.

“Oleh karena itu perlunya memberi pengetahuan dan pengertian kepada anak-anak mulai dari hal yang paling sederhana dalam menerapkan dan mencegah penyakit zoonosa. Hal tersebut pun tidak terlepas dari peran para orang tua, guru sekolah serta para pedagang yang harus menerapkan higienitas dalam segala aspek kesehatan.” Imbuh Putri.

DSC00442 DSC00445DSC00443Dokter Beruang

Salah satu teknik penyampaian informasi yang tepat dan menyenangkan bagi Anak-anak TK adalah belajar sambil bermain dengan menggunakan media audio visual. Oleh karena itu digunakanlah teater boneka sebagai media penyampaian informasi tentang Zoonosis, mulai dari dampaknya sampai pencegahannya.

“Media ini memiliki keunggulan dalam penyampaian informasi, yakni anak-anak lebih mudah menangkap maksud dari informasi yang disampaikan serta meningkatkan daya ingat anak menjadi lebih baik.” Jelas Putri.

Siti Nur Kholifah, S.Ag., selaku kepala sekolah TK. Dwi Warna Jaya, Jl. Mulyorejo Selatan No.1, merasa sangat terbantu dengan kegiatan PKM-M tersebut.

“Hari Sabtu biasanya digunakan anak-anak untuk jalan sehat saja mengelilingi daerah sekitar TK, itupun hanya dengan 4 staff pengajar yang ada. Tapi kali ini, anak-anak dapat memperoleh pengetahuan dan informasi baru dengan mbak-mbak nya yang menarik perhatian mereka.” Ungkap Siti.

Tak hanya itu, Siti juga berharap dapat menggunakan peralatan teater boneka tersebut untuk mengajar para siswanya. Siti mengaku bahwa baru pertama kalinya ini para siswanya mendapatkan metode belajar sambil bermain dengan menggunakan teater boneka.

“Selama ini ngajarnya cuma menggambar di papan tulis. Belum pernah pakai media teater boneka seperti ini.” Tegas Siti.eNTe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s