Proses Awal Mendapatkan Toga: Tentang Spektrometer

Cerita selanjutnya adalah tentang pengukuran Optical Density (OD) dari sebuah cairan yang menggunakan alat Spektrometer. Spektrometer ini merupakan peralatan yang mengaplikasikan teori spektroskopi atau proses interaksi gelombang Elektromagnetik (EM), dalam hal ini adalah cahaya, terhadap materi.

spektrometer Skema pengukuran absorbsi yang digunakan dalam alat Spektrometer

Dalam spectrometer, cahaya dari sumber terlebih dahulu ditentukan panjang gelombangnya yang sesuai untuk sampel, baru kemudian sampel dapat dideteksi kekeruhannya dan outputnya bisa langsung dilihat pada layar.

Spektrometer yang saya gunakan dalam penelitian adalah Spektormeter tipe UV-1800. Spektrometer tersebut saya gunakan untuk menentukan OD kultur bakteri yang telah saya tanam pada media cair BHIb. Tujuan saya menggunakan spektrometer adalah untuk mengetahui kekentalan dari kultur bakteri yang telah saya peroleh setelah peng-inkubasi-an bakteri selama 24 jam.

Toet3132

Cuvet tempat untuk meletakkan sampel

Sedangkan untuk cara pengoperasian spectrometer tersebut adalah dengan cara sampel dimasukkan ke dalam cuvet yang memang dirancang khusus agar sumber cahaya yang diberikan dapat diserap maupun dipantulkan oleh sampel dengan sempurna.

Dalam penelitian saya, karena cairan yang saya gunakan bukanlah cairan air biasa melainkan media BHIb, maka sebelumnya saya harus mengkalibrasi terlebih dahulu spektrometer tersebut dengan BHIb murni, baru kemudian OD sampel yang merupakan kultur bakteri S.mutans dapat terbaca.

Toet3133 Dua buah sampel saya, kiri: BHIb murni yang digunakan sebagai pengkalibrator, kanan: BHIb yang telah digunakan untuk mengkultus bakteri S.mutans

Oh ya jangan lupa, sebelum memasukkan sampelnya, set terlebih dahulu panjang gelombangnya. Dalam penelitian saya, panjang gelombang yang saya pilih adalah λ=660 baru kemudian sampel dapat dimasukkkan kedalam spectrometer dan dideteksi OD-nya. Setelah mengetahui OD yang diperoleh tersebut, saya dapat menjadikannya sebagai patokan untuk penelitian-penelitian tahap selanjutnya.

Toet3104

Saat memasukkan sampel ke dalam Spektrometer

Toet3105

Hasil OD yang tampil di layar

One thought on “Proses Awal Mendapatkan Toga: Tentang Spektrometer

  1. Ping-balik: Proses Awal Mendapatkan Toga | Navigasi Kehidupan

Tinggalkan Balasan

