Proses Awal Mendapatkan Toga: Tentang Autoclave

Yang akan saya ceritakan pertama kali adalah Autoclave. Autoclave merupakan sebuah alat pemanas yang yang biasanya digunakan untuk memebersihkan atau mensterilkan peralatan dan bahan yang telah atau akan digunakan untuk penelitian tentang mikrobiologi. Autoclave yang saya temui di Lab. Gastroentritis ada dua macam, yakni Autoclave kotor dan Autoclave bersih.

Untuk Autoclave kotor digunakan untuk membersihkan peralatan yang habis dipakai. Autoclave kotor tersebut sudah diset temperature (suhu) dan waktunya selama proses peng-autoclave-an. Suhu yang diset yakni mencapai 121 oC selama 15 menit. Saat pertama kali dinyalakan, suhu Autoclave tersebut akan semakin meningkat mulai dari suhu ruang hingga 121 oC dan selama 15 menit suhunya akan stabil. Baru setelah 15 menit telah terlewati, suhunya akan kembali turun hingga mencapai suhu kurang lebih 96 oC baru Autoclave bisa dibuka dan isinya bisa diambil. Peralatan yang telah dikeluarkan dari Autoclave kotor tersebut baru bisa dicuci seperti biasa hingga bersih dan noda-nodanya menghilang.

Selanjutnya Autoclave bersih digunakan untuk mensterilkan peralatan yang telah dicuci bersih tadi sebelum digunakan. Tak hanya itu beberapa media yang akan digunakanpun harus disterilkan terlebih dahulu, termasuk media yang akan saya gunakan dalam penelitian saya, Media agar Tryptone Yeast extract Cystine (TYC) dan media cair Brain Heart Infusion Broth (BHIb). Sama seperti Autoclave kotor, proses pengoperasian autoclave bersih ini juga dengan suhu 121 oC selama 15 menit.

Yang perlu diperhatikan sebelum digunakan, baik Autoclave bersih maupun kotor harus di cek terlebih dahulu air yang ada didalamnya apakah airnya sudah cukup atau belum. Jika airnya sudah mencapai batas yang biasa digunakan, berarti Autoclave bisa segera digunakan, tapi kalau masih kurang, maka airnya harus ditambahkan dengan air suling.

Toet3106

Saat mengisi air suling ke dalam Autoclave

Toet3107
Saya saat memasukkan media-media yang baru dimasak ke dalam autoclave agar media tersebut menjadi steril

Iklan

One thought on “Proses Awal Mendapatkan Toga: Tentang Autoclave

  1. Ping-balik: Proses Awal Mendapatkan Toga | Navigasi Kehidupan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s