Proses Awal Mendapatkan Toga

Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang Skripsi (Tugas akhir) saya. Penelitian yang saya lakukan tersebut berjudul “Potensi Pemaparan Light Emmiting Diode (LED) Untuk Fotoinaktivasi Bakteri Streptococcus Mutans Secara InVitro”. Secara garis besar penelitian saya tersebut adalah memberikan pemaparan cahaya LED (cahaya tampak) pada bakteri dengan harapan bakteri yang saya beri paparan tersebut jumlahnya berkurang, syukur-syukur kalau habis total semuanya. Jadi, meskipun jurusan saya adalah jurusan Fisika, mau tidak mau saya juga harus bisa merawat bakteri. Mulai dari meremajakan, mengembangbiakkan, mengkultur, menjaganya tetap hidup dan yang terakhir mematikannya.

cover

Cover judul Skripsi saya

Semula penelitian saya tersebut saya lakukan di Lab. Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unair karena bakteri yang saya gunakan adalah bakteri mulut, tapi karena suatu alasan dan sedikit permasalahan, akhirnya saya pindah tempat dan akhirnya melaksanakan penelitian di Institute Tropical Disease (ITD) Unair, tepatnya di Lab. Gastroentritis. Berbeda dibandingkan saat di Lab. Mikrobiologi FKG, di ITD ini saya melakukan sendiri penelitian tersebut mulai dari nol sampai hasil akhir.

Terhitung sudah sejak awal bulan Mei (06/05) saya mulai mengungsi ke Lab ITD ini. Berbagai macam cerita sebenarnya sangat banyak untuk diceritakan, tapi saya belajar untuk memilih-milih cerita mana yang layak dan pantas untuk saya ceritakan disini.

Baca Selanjutnya >> Tentang Autoclave, Tentang Spektrometer

One thought on “Proses Awal Mendapatkan Toga

  1. Ping-balik: Pelajaran Hari Ini: Penghargaan Nobel Penemu LED Biru | Navigasi Kehidupan

Tinggalkan Balasan

