Unair Gelar Baksos Peduli Banjir Pada Hari Kartini

Bertepatan dengan hari kartini (21/04), Universitas Airlangga (Unair) yang dibantu oleh Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) turut serta memperingatinya dengan melakukan aksi bakti sosial (Baksos) di kawasan pasca banjir Kabupaten Bojonegoro, tepatnya di Desa Mulyorejo, Kecamatan Balen. Kecamatan Balen yang letaknya berdampingan dengan sungai Bengawan Solo ini dipilih karena merupakan salah satu lokasi kecamatan yang terkena dampak banjir cukup parah dari beberapa lokasi yang ada di Bojonegoro.

prof syahrani memberi sambutan 1

“Semoga dengan terselenggaranya baksos ini bisa meringankan beban warga Bojonegoro yang terkena banjir.” Seru Wakil Rektor I Unair, Prof. Dr. Achmad Syahrani, M.Si, Apt., pada saat pembukaan baksos.

Baksos yang diselenggarakan berupa pengobatan gratis kepada para korban banjir Bojonegoro. Dalam pengobatan gratis tersebut, terdapat 37 Dokter dan 12 Apoteker yang diterjunkan. Dr. Djoko Agus Purwanto, M.Si, Apt, Ketua LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Unair menjelaskan bahwa Ke 37 dokter tersebut berasal dari FK Unair, RSUD Dr. Soetomo, dan juga dokter-dokter Unair yang internship di daerah Bojonegoro.

pemeriksaan dan pengobatan gratis 1

“Saat ini di Kecamatan Balen setelah siaga 3 sudah menuju ke siaga 1, dan memang yang paling diperlukan masyarakat adalah bantuan pasca banjir, karena setelah banjir banyak sekali dampak yang ditimbulkan dan harus ditangani, seperti perbaikan sanitasi, sampai layanan kesehatan” Ujar Soeharto dari Dinkes Bojonegoro yang juga mengikuti acara baksos.

Pengobatan gratis yang diikuti oleh ribuan warga tersebut tak hanya berasal dari desa Mulyorejo tetapi juga dari desa Sarirejo dan desa Sekarang. Seluruh warga terlihat sangat berantusias mengikuti pengobatan gratis tersebut. Tampak puluhan warga dari desa Sekarang yang berbondong-bondong datang ke lokasi pengobatan gratis dengan menggunakan truk barang.

“Sebelumnya juga pernah ada pengobatan gratis dari bidan desa, tapi tak sebanyak ini. Apalagi cuma dikasih obat saja tidak diperiksa sama bidannya jadi saya takut minumnya. Kalau sekarang saya diperiksa bener-bener sama dokternya, terus dikasih obat ini, pasti saya minum.” Ungkap Saimah, salah satu warga Desa Mulyorejo yang tampak antusias mengikuti pengobatan gratis.

Tak hanya pengobatan gratis, dalam baksos tersebut juga dibagikan bingkisan berupa 400 dus mie Instan. 400 dus mie instan tersebut dibagikan kepada setiap Kepala Keluarga (KK) di desa Mulyorejo.

prof tedy memeriksa pasien anak1

“Warga lebih membutuhkan bantuan saat pasca banjir, karena dampaknya yang timbul sangat terasa setelahnya, terutama masalah kesehatan. Selain layanan kesehatan juga dibutuhkan persediaan makanan siap saji contohnya mie instan karena setelah terjadi banjir, akan sangat kesulitan kalau kita mengkonsumsi makanan yang harus dimasak lama terlebih dahulu.” Ungkap Subekhan, selaku Lurah Desa Mulyorejo.

Selain pengobatan dan pembagian bingkisan, Djoko, selaku komandan terselenggaranya baksos tersebut juga menjelaskan bahwa terdapat 50 mushaf Al-Qur’an disumbangkan ke masjid-masjid sekitar yang terkena banjir di Bojonegoro.

“Ketika banjir melanda, banyak Al-Qur’an di masjid yang rusak karena terkena luapan air. Oleh karena itu kami juga menyediakan 50 mushaf Al-Quran yang akan disumbangkan ke masjid-masjid yang terkena banjir tersebut” Jelas Djoko.

asisten 1bupati bojonegoro 2

Acara baksos yang juga dihadiri oleh Sekretaris II IKA Unair, Drs. Budi Widayanto, M.Si. serta Tjatur Kusnandoko selaku Asisten 1 Bidang Hukum dan Pemerintahan, Pemkab Bojonegoro, tersebut ditutup dengan penyuluhan tentang penyakit-penyakit dan penanganan yang terjadi pada korban pasca banjir oleh tim dari FK (Fakultas Kedokteran) Unair sebagai antisipasi terjadinya banjir lagi yang melanda Bojonegoro hampir tiap tahunnya.eNTe

Iklan

2 thoughts on “Unair Gelar Baksos Peduli Banjir Pada Hari Kartini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s