Jenis-jenis Foto

Bahasan tentang jenis-jenis foto ini didasarkan pada pengelompokan dan perbedaan atas jenis obyek yang difoto. Ada obyek foto mengenai : manusia,  flora-fauna,  alam dan panorama, arsitektural, benda dan barang, serta mengenai kejadian dan peristiwa.

1.  Foto Manusia

Foto Manusia adalah semua foto yang obyek utamanya manusia, mulai dari anak-anak sampai orang tua, serta berusia  muda maupun tua.  Banyak hal yang unik dan sangat menarik  yang berkaitan dengan manusia untuk difoto. Yang termasuk foto manusia adalah :

a. Portrait

Foto  Portrait adalah foto yang menampilkan ekspresi dan karakter manusia dalam kesehariannya. Karakter manusia yang berbeda-beda akan menawarkan image  unik  dalam membuat foto portrait. Tantangan dalam membuat foto  portrait adalah  ketepatan  menangkap  ekspresi  manusia yang difoto (mimik, tatapan, kerut wajah)  sehingga  mampu memberikan kesan emosional dan menciptakan penguatan karakter seseorang.

1

b. Human Interest

Foto Human Interest adalah foto yang menggambarkan ketertarikan dan minat manusia pada kehidupan serta ekspresi emosional terhadap masalah dalam kehidupannya.

5

c. Stage

Foto Stage adalah semua foto yang menampilkan aktivitas/gaya hidup manusia yang merupakan bagian dari budaya dunia untuk dieksploitasi dan menjadi obyek yang menarik untuk divisualisasikan.

7

d. Sport

Foto  Olahraga adalah jenis foto yang menangkap aksi menarik dan spektakuler dalam event dan pertandingan olah raga. Jenis foto ini membutuhkan kecermatan dan kecepatan seorang  fotografer dalam menangkap momen terbaik.

8

2.  Foto Nature (Makhuk Hidup dan Alam) 

            Yang menjadi obyek utama dari Foto Nature adalah benda dan makhluk hidup alami   (natural) seperti  : hewan, tumbuhan, gunung, hutan dan lain-lain. Yang termasuk Foto Nature adalah :

a. Foto Flora

Jenis foto dengan obyek utama tanaman dan tumbuhan dikenal dengan jenis foto flora. Berbagai jenis tumbuhan dengan segala keanekaragamannya menawarkan nilai keindahan dan daya tarik untuk direkam dengan kamera.

100_3365

b. Foto Fauna

Foto fauna adalah jenis foto mengenai berbagai jenis binatang yang sekaligus   menampilkan aktifitas yang terkait di dalam dunia binatang.

DSCN0167

c. Foto Lanskap

Foto lanskap merupakan  jenis foto yang obyek utamanya adalah bentangan alam seperti  langit, daratan dan air; sedangkan unsur manusia, hewan, dan tumbuhan yang kebetulan berada di dalamnya hanyalah sebagai unsur pendukung. Ekspresi alam serta cuaca menjadi moment utama dalam menilai keberhasilan penciptaan sebuah foto lanskap.

Toet0545

3.  Foto Arsitektur

Yang tergolong ke dalam jenis foto ini adalah foto-foto tentang keindahan suatu bangunan baik dari sudut pandang sejarah, budaya, desain dan konstruksinya, serta dalam berbagai corak warna dan ukuran-nya. Memotret suatu bangunan dari berbagai sisi dan menemukan nilai keindahannya menjadi sangat penting dalam membuat foto ini. Foto arsitektur ini tak lepas dari pesatnya perkembangan dunia arsitektur dan teknik sipil sehingga jenis foto ini menjadi cukup luas cakupannya.

4.  Foto Still Life

Foto  Still  Life adalah  sebuah foto  dari obyek  benda mati  yang berkesan seolah-olah  tampak  “hidup”, komunikatif, ekspresif, sehingga seakan-akan  mengandung  sebuah  pesan  tersembunyi. Foto  Still  Life bukan sekadar menyalin atau memindahkan objek ke dalam kamera dengan cara seadanya, karena bila seperti itu yang dilakukan, namanya adalah mendokumentasikan dan obyek benda mati tersebut tetap tampak sebagai benda mati. Jenis foto ini merupakan jenis foto yang menantang dalam menguji kreatifitas, imajinasi, dan kemampuan teknis.

5.  Foto Peristiwa dan Berita

Foto  Jurnalistik adalah foto yang digunakan untuk kepentingan pers  dan  kepentingan  penyampaian informasi. Dalam penyampaian pesan  tersebut, lazimnya foto dilengkapi dengan  caption (tulisan yang menerangkan isi foto) sebagai bagian dari penyajian jenis foto ini. Jenis foto ini sering kita jumpai dalam media massa (surat-kabar, majalah, bulletin, dll).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s