Fotografi >> Lukisan Cahaya

Suatu kejadian tidak akan pernah sama persis terulangi. Akankah kita harus melupakannya seiring bergulirnya waktu yang terus menghapus semua memori itu? Adalah dokumentasi hal yang dapat menyimapn semua memori-memori terindah dalam kehidupan yang pernah kita alami

Fotografi (photography, Ingris) berasal dari 2 kata yaitu Photo yangberarti cahaya dan Graph yang berarti tulisan/lukisan. Dalam senirupa, fotografi adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Dalam istilah umum, fotografi berarti proses menghasilkan gambar dengan cara merekam cahaya yang terpantul dari obyek foto pada media peka cahaya. Adapun alat penangkap dan perekam pantulan cahaya tersebut populer dengan sebutan kamera. Oleh karenanya bila  tidak ada cahaya, maka tidak ada foto bagus yang bisa diciptakan.  Perjalanan pantulan cahaya dari obyek foto ke media pembiasan, lensa; hingga sampai media perekam yang peka cahaya inilah yang menjadi pembahasan utama di dalam  dunia fotografi, yang sekaligus menjadi prinsip fotografi.

Dunia fotografi terus berkembang hingga saat ini, terbukti dari lahirnya bidang fotografi  yang memfokuskan pada bidang-bidang tertentu seperti: Fotografi Kreatif dan Fotografi Jurnalistik.

·  Fotografi Kreatif lebih mementingkan  penciptaan  estetika/keindahan  pada  foto dibandingkan dengan memberitakan moment/cerita  nyata melalui sebuah foto. Bidang  fotografi yang termasuk dalam fotografi kreatif adalah  Scape Photography (Landscape/Nightscape), Commercial Photo, Fashion Photo, Interior Photo, Studio Photo.

·  Sedangkan, Fotografi Jurnalistik justru lebih mementingkan penciptaan pemberitaan moment/cerita didalam foto tersebut dibandingkan  dengan penciptaan  keindahan estetika pada foto.  Bidang ini lebih banyak bercerita tentang obyek yang ada di dalam foto tersebut, dan yang termasuk ke dalam bidang fotografi jurnalistik adalah Documentary Photography serta Journalistic Photography.

Jenis-jenis peralatan fotografi :

Jenis-jenis peralatan fotografi dan pendukung  untuk  digital image  yang umumnya digunakan oleh fotografer diantaranya :

a.  Camera digital

b.  Lampu camera

c.  Pemantul flash/lampu (pemantul box, pemantul payung, dan sejenisnya)

d.  Lensa camera eksternal (normal, tele, zoom, makro, dan jenis wide/lebar)

e.  Tripot

f.   Batterai

g.  Charger batterai

h.  Eksternal memori/CD/fashdish/hard disk

i.   Personal Computer/desk top computer/laptop

j.   Aplikasi program computer pengolah foto digital

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s