Unair Punya Banyak Mahasiswa Santri

Universitas Airlangga merupakan universitas umum yang sama sekali tidak memiliki jurusan maupun fakultas yang berkeilmuan agamis. Namun siapa sangka bahwa Unair memiliki banyak mahasiswa santri yang patut diperhatikan untuk mengikuti ajang bergengsi nasional seperti Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQ-M) Nasional.

“Mahasiswa Unair yang notabenenya berkeilmuan umum, ternyata juga mampu berkompetensi dibidang konsentrasi agama seperti; Tilawah, Tartil, Hifdzil, kaligrafi, dll, tidak kalah dengan perguruan tinggi lain yang memang basisnya Agama.” Jelas Awal Setyo Pranoto, mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi (FST), selaku ketua departemen Pengembangan Baca Al-Qur’an (PBA) Unit Kegiatan mahasiswa Kerohanian Islam (UKM-KI).

Pada tahun 2009 lalu Universitas Airlangga sudah berpartisipasi dalam lomba MTQ-M Nasional XI di Aceh, tetapi sayangnya Unair masih belum berhasil mendapatkan juara. Baru pada tahun 2011 kemarin Unair mengalami peningkatan. Saat mengikuti MTQ-M XII di Makassar beberapa cabang lomba telah dimenangkan oleh para delegasi Unair. Hal tersebut mulai menarik perhatian berbagai pihak terutama pihak rektorat Unair untuk mendukung dan berpartisipasi dalam ajang MTQ-M dengan harapan pada tahun 2013 depan Unair dapat menggondol juara 10 besar dalam MTQ-M XIII.

“Seperti yang kita ketahui di PKM kemarin Unair sudah mampu menggondol juara 3 besar. Paling tidak di MTQ-M Nasional tahun depan Unair bisa menggondol Juara 10 besar sebagai titik awal untuk membawa nama Unair menjadi harum dalam ajang bergengsi tersebut” Ungkap Yanuar Dwi K., mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan (IIP) Fisip Unair selaku ketua UKM-KI.

Dalam rangka menyongsong MTQ-M XIII yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juli 2013 mendatang, departemen PBA UKM-KI menyelenggarakan seleksi MTQ-M tingkat universitas yang tergabung dalam serangkaian acara Al-Qur’an Festival of Airlangga (AFA). AFA sendiri merupakan serangkaian kegiatan lomba MTQ-M tingkat universitas dan Seminar Al-Qur’an.

Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa Unair

Pada minggu (16/12), digelar acara MTQ-M tingkat universitas yang terbagi dalam Sembilan cabang lomba mulai dari Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Musabaqoh Tartil Qur’an, Musabaqoh Hifdzil Qur’an cabang 1 jus dan 2 Jus, Musabaqoh Fahmil Qur’an, Musabaqoh Khathil Quran (Kaligrafi), Debat Ilmiah Al-Qur’an Bahasa Arab, Musabaqoh Syarhil Qur’an, sampai Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an. Untuk cabang lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Musabaqoh Khathil Quran (Kaligrafi) diselenggarakan di Masjid Nuruzzaman kampus B, sedangkan lainnya diselenggarakan di Fakultas Ilmu Budaya (FIB)

Acara MTQ-M tingkat universitas ini mendapatkan Apresiasi yang sangat tinggi dikalangan mahasiswa santri Unair. Terbukti lebih dari ratusan peserta berpartisipasi dalam berbagai cabang lomba yang tersedia.

“Peserta tahun ini Alhamdulillah lebih banyak jika dibandingkan MTQ-M tingkat universitas pada tahun sebelumnya. Hal ini dapat dibuktikan bahwa Unair masih memiliki banyak bibit-bibit yang siap untuk bertempur untuk membawa nama harum unair menuju MTQ-M tingkat Nasional” Terang Fikri Azhar, mahasiswa Fakultas Sosial dan Politik (FISIP) selaku ketua pelaksana MTQ-M tingkat universitas.

Seminar Al-Qur’an

Seminar Al-Quran dengan tema “Menjadi Generasi Muda Anti Galau dengan Al-Qur’an” ini dilaksanakan pada minggu (23/12) di Kahuripan Kampus C Unair. Seminar yang dihadiri oleh Ust. Bachtiar Nasir, Ketua Majlis Intelektual Ulama’ Muda Indonesia (MIUMI) dan Prof. Yusuf Hanafi, penulis dan penterjemah Al-Qur’an dari Pesantren Ilmu Qur’an (PIQ) Malang ini bertujuan untuk membuka paradigma generasi muda Indonesia agar tidak terperosok dalam masa muda yang penuh dengan kegalauan dalam mencari jati diri dengan berpegang teguh terhadap ajaran agama yang terangkum dalam Al-qur’an.eNTe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s