Maksimalkan Research Dan Publikasi Internasional Menuju Word Class University

Tugas seorang dosen bukan hanya untuk mengajar para mahasiswa. Seorang dosen juga dituntut untuk mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan tinggi; penelitian, pendidikan, dan pengabdian. Begitu juga yang telah dilakukan oleh Dr. Moh. Yasin, Drs., M.Si., Dosen berprestasi dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST), berbagai macam hasil penelitian dalam bidang keahlian Fisika-Fiber Optic Sensor telah berhasil Ia telurkan. Yasin sendiri mengaku sangat berminat dalam melakukan penelitian disamping tugasnya mengajar dan mengabdi kepada masyarakat sebagai dosen. Tidak hanya melakukan penelitian, Yasin juga aktif melakukan publikasi internasional terhadap hasil-hasil penelitiannya dalam sebuah jurnal.

578530_358444974238705_1722780461_n

“Dengan adanya penelitian dari dosen yang bisa dipublikasi di jurnal internasional secara tidak langsung dapat mendongkrak indeks universitas Airlangga untuk menuju ke Word class university” Jelas dosen kelahiran Mojokerto, 12 Maret 1967 tersebut.

Yasin juga menjelaskan bahwa Ia mulai aktif melakukan penelitian sejak Ia menempuh pendidikan S3-nya di UGM pada tahun 2007. Total jurnal yang telah berhasil dipublikasi lewat ISI Web of Knowledge (Lembaga yang mengindeks jurnal internasional) sejak tahun 2007 hingga 2012 ini sebanyak 28 jurnal dan sudah dijadikan rujukan oleh lebih dari 100 peneliti lain. Hal tersebutlah yang membuat Yasin mengantongi H-Index Author 7.

H-Index Author sendiri adalah nilai untuk mengukur seberapa banyak jurnal yang telah di-upload, seberapa menarik penelitian dalam jurnal tersebut bagi peneliti lain, serta seberapa update informasi yang diberikan dalam jurnal tersebut. Dengan kata lain semakin tinggi nilai H-index Author, semakin tinggi pula kompetensi yang dimiliki oleh seorang peneliti.

Yasin yang sampai bulan Februari mendatang masih melakukan kerjasama dan tinggal dengan para peneliti di UTM (Universitas Teknologi Malaya), Malaysia, menjelaskan bahwa banyak sekali faktor lingkungan yang mendukungnya untuk selalu aktif melakukan penelitian dan peng-upload-an jurnal internasional. Salah satunya adalah fasilitas serta sarana dan prasarana untuk menunjang penelitiannya.

“Meskipun sudah ada aturan jumlah minimal pem-publish-an jurnal sebagai syarat naik pangkat. Tapi kebanyakan dari dosen-dosen setelah mencukupi jumlah jurnal minimal untuk naik pangkat mereka menganggap sudah cukup dan berhenti melakukan penelitian. Harapan saya mungkin ada intensif tambahan sebagai penghargaan kepada para pem-publish jurnal internasional agar nama Unair bisa menggaung dalam skala internasional” Harap Yasin.

Selain itu, semenjak menjadi pembimbing S3 yang sekarang dikelola mandiri ditiap-tiap fakultas, Ia lebih leluasa dalam mengembangkan ilmu karena banyak bibit-bibit peneliti baru yang pikirannya serta wawasannya lebih fresh.

“karena program S3 di Unair yang sebelumnya dikelola oleh Pasca Sarjana sekarang dikelola oleh masing-masing fakultas, maka pihak fakultas lebih leluasa dalam mengembangkan ilmu serta penelitian-penelitiannya.” Ungkap Yasin yang pernah mengetuai pelaksanaan acara Seminar Nasional Fisika Terapan III yang diadakan pada bulan September lalu.

Setelah berhasil meng-upload banyak jurnal ilmiah internasional, Yasin menjadi aktif mengajak dosen-dosen lain untuk turut bekerjasama dalam penelitiannya hingga terbit menjadi sebuh jurnal ilmiah internasional. Beberapa dosen yang pernah diajak antara lain; Dr. Retna Apsari, M.Si,  Sami’an, S.Si., M.Si., Prof. Dr. Suhariningsih, Ir., Andi Hamim Zaidan, S.Si., M.Si., dan  Pujiyanto. Drs., MS.. Hal ini juga diharapkan agar nama Unair lebih dikenal di kancah nasional.eNTe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s