Diesnatalis Unair ke-58 Semarakkan Hari Pahlawan

Diesnatalis Universitas Airlangga bertepatan dengan Hari Pahlawan, tanggal 10 November. Sidang Universitas Airlangga, merupakan acara puncak dari serangkaian acara Diesnatalisnya yang ke-58. Sidang yang dilaksanakan setelah Upacara Hari pahlawan, Sabtu (10/11), dipimpin langsung oleh Rektor ke-12 Unair Prof. Dr. H. Fasich, Apt. Sidang yang mengangkat tema “Memantapkan Citra Universitas Airlangga Melalui Healt Science Center” digelar di Aula Garuda Mukti. Seluruh elemen civitas academia mulai dari dosen, mahasiswa, sampai pegawaipun hadir dalam sidang tersebut.

Dalam sidang tersebut Rektor Unair yang menjabat sejak tahun 2006, Prof Fasich, menjelaskan tentang capaian-capaian Universitas Airlangga yang berpangku pada bidang Healt Life, Science Life, dan Social Life pada tahun 2012. Salah satu capaian yang dapat memberikan pendidikan, penelitian, serta pelayanan pada masyarakat dalam bidang kesehatan adalah telah dibangunnya Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA), serta Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga (ITD Unair) yang telah menyumbangkan banyak penemuan penting terutama penemuan tentang vaksin H5N1.

Dari capaian-capaian yang telah diraih Unair sampai diesnatalisnya yang ke-58 ini diharapkan nantinya dapat terus berkembang sehingga Unair benar-benar menjadi pusat ilmu pengetahuan kesehatan bagi dunia.

Selesai Rektor berpidato, Acara Sidang dilanjutkan dengan orasi ilmiah oleh Chairul Tanjung (CT), Ketua Komite Ekonomi Nasional sekaligus Anggota Majlis Wali Amanat Universitas Airlangga, dengan judul “Membangun Kewirausahaan Guna Membawa Indonesia Menuju Kancah Indonesia”.

Dalam orasinya, CT menjelaskan tentang peluang-peluang Bangsa Indonesia menjadi sebuah negara maju oleh seorang wirausahawan. Hakekat dari seorang wirausahawan sendiri adalah seseorang yang kreatif dan inovatif. Kreativitas dan inovasi tersebut adalah kunci Indonesia menjadi Negara maju.

CT juga menegaskan bahwa universitas adalah ladang SDM yang dibutuhkan untuk mengembangkan Kewirusahaan bangsa Indonesia menuju persaingan dunia sesuai dengan Visi Indonesia bahwa Indonesia akan menjadi negara maju dengan memanfaatkan kekayaan alam yang ada. Universitas memiliki andil yang sangat besar membentuk perekonomian yang berbasiskan sumber daya manusia dan pengetahuan. Selama ini universitas telah menjadi tempat untuk mendidik putra-putri bangsa agar memiliki pengetahuan dan kemampuan nalar yang memadahi untuk ikut dalam pembangunan ekonomi.

Dengan semangat Hari Pahlawan CT mengajak semua peserta sidang bersama-sama mulai membangun kewirausahaan Indonesia agar lebih maju. “Bung Tomo adalah pahlawan besar Indonesia yang berasal dari Surabaya, dari Surabaya pula kita harus menggerakkan semangat memajukan kewirausahaan Indonesia. Kita harus mulai dari Surabaya, dan kita mulai dari Universitaas Airlangga ini” Pesan terakhir yang disampaikan oleh CT.

Sidang Universitas yang juga dihadiri oleh Mentri Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Ir. Muhammad. Nuh tersebut akhirnya ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para alumni, dosen, mahasiswa, serta pegawai yang berprestasi.eNTe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s