KKN Ngapain Aje?? #1

1. Sabtu 20 Oktober 2012

Acara penyuluhan Kuliah Kerja Nyata Belajar Bareng Masyarakat KKN-BBM Tematik I pada tanggal 20 Oktober 2012 di gedung Kahuripan. Pertama kalinya saya bertemu dengan teman-teman sekelompok, ternyata jumlah anggota kelompok KKN-BBM Tematik I yang sama dengan saya di Kelurahan Klakah Rejo, Kecamatan Benowo hanya genap 9 orang, padahal waktu awal pengumuman yang ditempel di papan depan LPPM, teman kelompok KKN yang saya catat saya sebanyak 12 orang.

Setelah mengadakan perkenalan dan rapat kecil, akhirnya diputuskanlah struktur kepengurusan kelompok kami, dengan ketua atau Koordinator Kelurahan: Fernanda (FKH), wakil: Jalil (FIB),  Sekretaris: Etasia (FKG), Bendahara: Saya (Ni’matut Tamimah-FST).

2. Senin, 22 Oktober 2012

Pada hari Senin, 22 Oktober 2012 di Gedung Airlangga Convention Center (ACC) telah dilepas sebanyak 1957 mahasiswa dengan memakai jas almamater kebanggaan (salah satunya adalah saya) dari 13 Fakultas secara langsung oleh Prof. Dr. H. Fasich, Apt., Rektor Universitas Airlangga, yang disaksikan oleh Walikota Surabaya, Ir. Tri Rismaharini, MT, untuk melaksanakan program KKN-BBM Tematik I. Acara berlangsung mulai pukul 7.45 WIB sampai pukul 8.30 WIB.

Setelah mengikuti acara pelepasan tersebut, tidak seperti teman-teman  sekelompok KKN-BBM Tematik I di Kelurahan Klakah rejo lainnya yang mengikuti acara penerimaan di Kecamatan Benowo, tetapi saya langsung kembali menuju ke fakultas untuk mengikuti kuliah karena kebetulan pada saat itu saya mendapat giliran untuk presentasi pada matakuliah Sejarah Fisika.

3.  Selasa, 23 Oktober 2012

Sore ini pertemuan kedua kalinya, setelah acara penyuluhan, saya dengan teman-teman sekelompok mengadakan rapat pembahasan dan pembentukan proker yang akan kami jalankan selama 1 bulan kedepan dan juga pengumpulan uang iuran sementara untuk nombokin anggaran program kerja (sebelum uang dari Pemkot turun) sebesar Rp 200.000,-. Ternyata tidak semua kelompok bisa datang, ada 2 orang anggota yang izin absen karena ada keperluan. Kali ini tempat yang dipilih adalah Danau Kampus C.

4. Rabo, 24 Oktober 2012

Kembali diadakan rapat lanjutan untuk mengefixkan proker yang telah dibahas kemarin, kali ini bertempat di Wifi Zone, Perpustakaan Kampus B. Kali ini saya mendapatkan amanah sebagai PJ (Penanggung jawab) acara pembukaan di Kelurahan Kelakah Rejo yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Minggu, 28 Oktober 2012. Pembukaan ini diperlukan agar para pamong masyarakat, dan pihak-pihak terkait yang diundang dapat mengetahui program kerja yang akan kami lakukan selama di Kelurahan Kelakah Rejo, sehingga dapat membantu dan mensupport keberhasilan kegiatan kami.

5. Kamis, 25 Oktober 2012

Pukul 09.00 WIB, saya mulai berangkat dari kos-kosan menuju Kelurahan Kelakah rejo untuk memepersiapkan keperluan terkait acara pembukaan minggu besok. Kali ini saya ditemani oleh fernanda yang kebetulan rumahnya satu arah dari kosann saya menuju ke kelurahan, jadi kita bertemu dipertengahan jalan dekat rumahnya.

Sampai dikelurahan, kami disambut hangat oleh bapak lurah, sambil menanyakan beberapa macam pertanyaan dan masukan, pak Lurah kembali mengabarkan surat pengantar KKN kita dari pihak Kecamatan belum turun ke Kelurahan, jadi program atau kegiatan masih belum bisa berjalan minggu ini. Sehingga acara pembukaanpun diundur hari Sabtu minggu depan, 3 November 2012.

6. Sabtu, 27 Oktober 2012

Pukul 8.00 WIB, kita semua sudah berkumpul di Kelurahan, kemudian setelah sedikit briefing yang dipimpin oleh Korkel, kita melakukan kunjungan ke rumah bapak RW 01 sekaligus memperkenalkan diri dan membuicarakan rencana kegiatan yang akan kami lakukan ditempat tersebut.

Setelah selesai berkunjung kerumah pak RW 1, rencananya kita mau berkunjung juga ke rumah pak RT dan ketua Posdaya, Bu Haryati, sampai pak RW 2, tetapi semuanya sedang tidak berada di rumah. Oleh karena itu, kami melanjutkan survey kondisi dan keadaan dilingkungan sekitar kelurahan Klakah Rejo, Benowo.

Setelah itu dilanjutkan dengan rapat untuk membahas program-program kerja dan susunan jadwal yang akan dilaksanakan selama satu periode KKN-BBM sampai pukul 14.00. karena pemegang kunci, Mbah Men, sudah mau pulang. Akhirnya rapat dan kumpul kita lanjutkan di rumah Astri, yang kebetulan lumayan dekat dengan kelurahan Klakah Rejo, yakni Manukan. Sampai pukul 17.00 WIB, kita semua undur diri untuk pulang kerumah masing-masing.

7. Selasa, 30 Oktober 2012

Tepat pukul 08.00 WIB saya berangkat dari kosan menuju ke Kelurahan bersama Jalil untuk meminta tandatangan pak Lurah untuk serat undangan kegiatan pembukaan. Kemudian membagiakan lansgsung undangan tersebut kepada para ketua RT dan RW yang dibagi 2, untuk RW satu yang bagian membagi adalah saya, sedangkan untuk RW duanya baru bagian Jalil.

Selain itu karena saya juga PJ dari kegiatan sosialisasi dan penanaman Toga. Saya mencari rreferensi terkait hal tersebut, dan ternyata sebenarnya baik RW 1 maupun RW 2 Kel. Kelakahrejo sudah pernah memiliki kebun Toga, hanya saja, sampai sekarang sudah tidak terberdayakan lagi. Sehingga saya mencari tau tempat kebun tersebut, dan ternyata memang sungguh tidak terawat.

8. Sabtu, 3 November 2012

Sabtu pagi, 3 November 2012, kali ini saya harus bangun pagi dan segera berangkat capcus menuju tempat KKN, Kelurahan Klakahrejo. Jam 6.15 WIB motor sudah siap dan sudah dipanaskan. Tempat pertama yang saya tuju sebelum ke kelurahan adalah tempat print, karena terlebih dahulu saya harus mengeprint daftar hadir untuk acara pembukaan KKN-BBM Tematik I di kelurahan Klakahrejo Kecamatan Benowo Kota Surabaya.

Selesai mengeprint, yang hanya selembar, dengan biaya Rp 100,- saya langsung menuju kampus B, kali ini untuk menjemput temen KKN yang mau bareng, Dewi.

45 menit waktu yang dibutuhkan dari kampus B menuju tempat KKN tersebut. Ternyata disana sudah hadir 2 orang anggota kelompok yang lain, panggil saja Fernanda dan Puchan. Kemudian kami langsung mempersiapkan acara pembukaan yang dijadwalkan mulai pukul 08.00 WIB.

Setelah semua persiapan, mulai dari meja kursi, LCD serta konsumsi, ternyata hingga pukul 09.30 WIB, para undangan banyak yang belum datang. Yang datang hanya satu orang saja, yakni ibu RT dari RT 4 RW 2. Akhirnya sambil menunggu para undangan, kamipun membagi personel menjadi dua bagian, yakni tetap dikelurahan separuh, dan sisanya berangkat ke PAUD mentari untuk melakukan program selanjutnya, yakni “Ajakan Menabung” untuk PAUD.

Karena saya mendapat tugas menjadi MC dan pencerita di acara “ajakan Menabung” tersebut, jadi saya berangkat ke PAUD Mentari 2. Selain menjadi MC dan pencerita saya juga ikut mengajari anak-anak dalam mebuat celengan sederhana dari kotak kardus yang sudah disediakan oleh kami. Tepat pukul 11.00 WIB acara ajakan menabung selesai.

Selanjutnya kami berkunjung ke rumah ibu Haryati untuk menanyakan mengenai kebutuhan pengajar PAUD yang akan digunakan sebagai tema dalam rangka persiapan untuk kegiatan pelatihan Bunda PAUD pada tanggal 17 November 2012 serta masalah tentang kebun TOGA yang ada di RW 1, yang ternyata masih merupakan tanah sengketa.

9. Minggu, 4 November 2012

Rencana untuk penanaman Toga yang nyaris gagal terlaksana akhirnya berhasil terlaksana akibat permintaan dari ibu-ibu PKK RT-4/RW-1 untuk membantu mereka dalam mensukseskan mereka agar menjadi juara dalam lomba “Merdeka Dari Sampah”.

Ceritanya ketika berkunjung ke rumah ibu Herlina, ketua posyandu Lansia, untuk menanyakan beberapa hal tentang rencana penyuluhan dan cek kesehatan gratis pada lansia akhirnya kami mendapatkan info mengenai program “Merdeka Dari Sampah. Sehingga kami kjuga membicarakan mengenai bantuan yang dapat kami berikan kepada mereka. Ternyata mereka membutuhkan bantuang penghijauan Toga. Akhirnya kami memutuskan untuk membuat program KKN baru yakni “Aksi Cinta Lingkungan” dengan menyumbangkan beberapa tanaman TOGA dan Pupuk serta bantuan berupa cat untuk mengecat pot bunga agar menambah keindahan estetika kampung.

Setelah dari rumah bu Haryati, kami langsung berangkat untuk membeli tanaman-tanaman TOGA di daerah Pakal, yang kemudian diserahkan ke RT 04, RW 02. Dalam hal ini saya menjadi dokumentator serah terima yang telah dilakukan.

Setelah selesai acara serah terima tanaman TOGA, kami keliling-keliling RT 04, RW 01 untuk melihat-lihat TOGA apa saja yang ada di daerah tersebut sebagai acuan kami untuk membuat Name Tag TOGA serta khasiatnya, yang rencananya nanti akan di tempelkan di setiap tanaman.

10. Senin, 5 November 2012

Kali ini saya sendirian membeli peralatan untuk acara minggu ini ditengah-tengah UTS yang melanda, saya pergi ke tempat distributor alat rumah sakit disekitar daerah Kenjeran untuk membeli Chip untuk cek gula darah dan Asam urat dilengkapi peralatan yang dibutuhkan lainnya seperti jarumnya, kapasnya, dll.

Iklan

One thought on “KKN Ngapain Aje?? #1

  1. Ping-balik: Mencari Sahabat Lama | Gandi Fauzi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s