Maraknya Kecelakaan Lalu-Lintas

Jum’at, 26 Oktober 2012

Dipagi yang buta terdengar bunyi ringtone HP berdering, ternyata seorang teman menelfon bahwa salah satu adik dari teman saya yang lainnya meninggal dunia karena kecelakaan. (Innalillahi wa inna ilaihiroji’un..) Semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah dan segala dosa-dosanya diampuni, serta untuk keluarga yang meninggal diberikan kesabaran,, Amien..

Minggu, 28 Oktober 2012

Setelah libur lebaran Qurban selama 3 hari, Adik saya yang bekerja di Kota Situbondo hendak berangkat kembali ke tempat kerjanya, begitu juga dengan kakak saya yang bekerja di Kota Rembang.Tepat setelah sholat Ashar, jam 3 sore mereka berdua berangkat dari rumah. Kakak saya berangkat ke Rembang dengan menggunakan angkutan Bus umum, sedangkan adik saya, Gresik-Situbondo ditempuhnya dengan menggunakan motornya.

Tepat pukul 19.36 WIB adik saya mengirim pesan bahwa dia sudah sampai di kosannya, Situbondo, dengan selamat (Alhamdulillah..).

Setengah jam kemudian barulah kakak saya yang mengirimi SMS pemberitahuan bahwa dia sudah sampai di kosannya, Rembang, dengan embel-embel kalau adik saya sudah sms sampai di kosannya dia suruh dikabarin juga karena khawatir.

Akhirnya dengan menggunakan telepon rumah kakak saya itu saya telpon dan memberi tahukan bahwa adik saya sudah samapai kosannya lebih dulu, setengah jam yang lalu. Ternyata dia bercerita bahwa temannya satu angkatan di tempat kerjanya juga ada yang mengalami kecelakaan pada saat mengendarai motor berangkat balik ke daerah kerjanya, yang mengakibatkan koma. (Innalillahi wa inna ilaihiroji’un..)

Senin, 29 Oktober 2012

Setelah selesai melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) perdana, tepat pukul 12.00 WIB, setelah sholat dhuhur, saya dan beberapa teman seangkatan dengan mencarter Lyn T2 dan sebagian naik motor, berangkat ke Sidoarjo untuk Takziyah kerumah duka, teman saya yang adiknya kemarin jum’at meninggal karena kecelakaan itu.

1,75 jam waktu yang ditempuh dari kampus ke Dusun Ngemplak, RT.01/RW.01 Kepatihan, Tulangan, Sidoarjo. Setelah melewati pasar tas tanggulangin dan beberapa kali bertanya (karena belum ada yang pernah pergi kerumah teman saya itu) akhirnya ketemu juga rumahnya.

Sampai dirumah duka, kami dipersilahkan masuk oleh bapak teman saya itu dengan ramah, Bapak Salamun, yang sayangnya teman saya ternyata sudah balik duluan ke Surabaya.

Di dalam rumah, terlihat bapak Salamun sedikit tegar dalam menghadapi musibah ini, sedangkan ibunya terlihat masih sedih dan matanya sembab karena habis menangis. Kami hanya di temui oleh bapak salamun di ruang tamu    (lesehan).

Pak Salamun mulai membuka pembicaraan dengan bercerita tentang anaknya yang mengalami kecelakaan tersebut, adik teman kami. Dalam ceritanya ternyata adik teman kami (hanya dua bersaudara) tersebut sudah kuliah semester 3, dia kuliah di dua universitas UNESA, dan IAIN Sunan Ampel.

Pada hari kamis, 25 Oktober 2012 kemarin adik itu pergi ke Lamongan untuk survey tempat yang akan digunakan untuk suatu acara organisasi (sendirian). tepat dini hari karena besok lebaran. Entah mungkin karena ngantuk atau bagaimana akhirnya kecelakaan naas itu terjadi di daerah Duduk Sampean, Gresik, Jalan dari Lamongan menuju Sidoarjo.

***

Takdir memang tidak bisa dirubah, jika memang sudah tercatat demikian, kita hanya bisa pasrah. Tetapi meskipun demikian, banyak cara yang masih bisa kita lakukan untuk sekedar berikhtiar agar diberi keselamatan. berikut adalah beberapa tips dalam berkendaran motor roda 2 maupun roda 4 agar selalu dijaga oleh-Nya, dan diberi keselamatan:

1. Sebelum berangkat, alangkah baiknya ketika melangkahkan kaki dari rumah kita membaca do’a:

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

“Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billah”

2. Sebelum berangkat, kita pastikan terlebih dahulu motor atau mobil kita dalam keadaan fit dan alat pelindung diri kita sudah komplit, seperti; sabuk pengaman, Helm, sarung tangan, masker, dll. Setelah itu alangkah baiknya saat baru menaiki kendaraan kita membaca do’a:

بِسْمِ اللهِ اَلْحَمْدُ لِلّهِ سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

“Subhaanal ladzi sakhkhara lanaa haadzaa wamaa kunnaa lahu muqrinina wa innaa ilaa rabbinaa lamunqolibuun”

3. Ketika berada di kendaraan berhati-hatilah, dan jangan pernah berhenti untuk membaca Sholawat:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ

“Allahumma sholli ala muhammad”

Insyaallah kita selalu dijaga dan diberi keselamatan dalam berkendara, dan dijauhkan dari kecelakaan lalu lintas. Amien….

Semoga bermanfaat ^_^

Iklan

4 thoughts on “Maraknya Kecelakaan Lalu-Lintas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s