9 Tips Sukses Seorang Mahasiswa

Setelah menginjak tahun keempat di dunia perkuliahan, sekarang saya mulai merasakan efektifnya tips-tips yang dulu pernah saya peroleh diawal masuk kuliah. (trus selama ini kemana saja??) 😀

Memang tugas seorang mahasiswa adalah belajar, dan mencari pengalaman hidup sebanyak-banyaknya, tetapi yang paling terpenting dan yang paling tidak dapat dipungkiri tujuan seorang mahasiswa adalah mencari nilai yang bagus untuk bekal mencari pekerjaan setelah lulus kelak.

Oleh karena itu butuh tips-tips khusus untuk mendapatkan nilai yang bagus selain dengan niat serius dan belajar besungguh-sungguh.

Apa sajakah tips-tips tersebut??

Yang pertama adalah menyiapkan MATERI kuliah / minimal baca sekilas bahannya. Jangan sampai berangkat kuliah tanpa bekal terlebih dahulu. Bisa-bisa di dalam kelas nanti hanya bengong saja. Masak kita mau, bayar kuliah mahal-mahal hanya bisa menikmati kursi empuk dan ruang ber AC saja? gak mau kan,,,

Yang kedua adalah menjalin hubungan komunikasi baik dengan DOSEN, PDKT lah istilah gaulnya. Bukannya berbuat curang, atau KKN, disini nilai positifnya adalah kita akan dikenal baik oleh dosennya, jadi kalau kita sampai gak bisa atau dapet nilai jelek, pasti ada unsur malu yang terpendam. selain itu, informasi yang akan kita peroleh selalu ter up to date, langsung dari dosennya, mulai dari jadwal kuliah, sampai hand out kuliah >.^

Yang ketiga adalah mencari TEMAN yang bisa diajak belajar bareng. Jangan mencari teman yang cuma bisa ngajak kita menghabiskan waktu dengan sia-sia, ngerumpi, jalan-jalan, atau ngeMall.

Yang keempat adalah Lihat prosentase PENILAIAN. biasanya kan ada diawal kontrak perkuliahan tu, berapa prosentasenya nilai tugas, quis, UTS, maupun UAS. jadi kita bisa memprioritaskan, dan mengatur nilai kita hingga mencapai target.

Yang kelima adalah mencari teman SENIOR. dari teman senior kita bisa menguras semua pengetahuan yang udah mereka dapatkan sebelumnya. Selain itu kita juga bisa minta tips-tips menghadapi kendala dalam perkuliahan. Sampai pinjaman modul atau Hand Out gratis,, 😀

Yang keenam adalah trampil BICARA di depan umum. gak usah grogi, kalau memang masih belum terampil, public speaking bisa dilatih kog. sering-sering belajar dan mencobanya di depan umum, kelak pasti akan terasah dengan sendirinya.

Yang ketujuh adalah Pandai MENGINGAT. Percuma saja jika kita sudah membaca beratus-ratus buku tapi intisari atau maknanya sama sekali tidak ada yang diingat. Lebih baik cuma membaca beberapa buku tapi isinya diingat dan diaplikasikan maka akan lebih bermanfaat bukan…

Yang kedelapan adalah jangan pernah MENUNDA, KERJAKAN! SEKARANG! karena sekali kita menunda maka pekerjaan tersebut dan pekerjaan-pekerjaan lainpun akan ikut terbengkalai.

Yang terakhir dan tanpa komentar panjang lebar kali tinggi adalah BERDO’A…

Sekian beberapa tips yang pernah saya peroleh dan sudah saya terapkan serta saya peroleh khasiatnya kawan….
Semoga bermanfaat ^_^

Iklan

4 thoughts on “9 Tips Sukses Seorang Mahasiswa

  1. Sub point dari point ke 2 adalah : Asah kemampuan me-lobby *bukan lobby kampus lho ya :D* Berkat the power of lobbying, ada mahasiswa yg belum lulus- bahkan nilainya pas2an, udah dapat ‘jatah kursi’ utk jadi dosen ditempat dia kuliah lho. Note : jangan bertanya kejadian ini di kampus mana dan kapan, karena nggak bakal aku jawab 😛

      • Me? nope. 100% bkn aku *emang mulai kapan aku jadi dosen*
        Bahkan dlm taraf tertentu aku bahkan ‘jijik’ melihat orang2 sperti ini. Jadi ingat unen-unen alias kata bijak berbahasa jawa yg bunyinya krg lebih:
        dadi uwong kudu biso rumongso,
        dudu rumongso biso
        , yg artinya kurang lebih : hendaklah tiap orang itu ‘bisa merasa’ (mengukur kemampuan diri), bukan merasa bisa (kepedean dkk).
        Dan Atut melihat kasus yg tak tulis diatas itu keren? O-em-ji … andainya dirimu tau percis kejadiannya, maka kata keren bakal ada dideret pualiiiing akhir dari kamusmu :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s