Anang Hermansyah Berbagi Tips Kewirausahaan di Unair

Seorang sarjana perguruan tinggi yang sukses bukanlah mereka yang menjadi seorang pegawai, melainkan mereka yang mampu mengaplikasikan skill dan knowledge-nya yang diperoleh diperguruan tinggi untuk kehidupan sehari-hari dan juga bermanfaat untuk orang banyak. Oleh karena itu, kamis, 27 September 2012, Bank Mandiri menyelenggarakan Workshop wirausaha Program Bina Lingkungan Mandiri Peduli Pendidikan “National Lecturer Series 2012” untuk membuka mindset para mahasiswa, bahwa mereka tidak harus menjadi seorang pegawai sebagai tolak ukur keberhasilannya, tetapi dapat dengan menjadi seorang wirausahawan yang mandiri.

Acara yang bertemakan “Inovasi Untuk Indonesia mandiri” tersebut diselenggarakan di gedung baru UNAIR, Selasar Lantai 4. Acara tersebut juga disiarkan secara langsung dan disaksikan oleh ribuan peserta dari 6 perguruan tinggi lainnya, yakni STIE YKPN Yogyakarta, UNILA, UNSYIYAH Aceh, UNM Makassar, UNUD, dan yang terakhir ITB Bandung.

Anang Hermansyah hadir dalam acara tersebut, bukan untuk beryanyi, melainkan sebagai narasumber untuk berbagi tips-tips suksesnya menjadi seorang wirausahawan. Anang bercerita bahwa dirinya menjadi seorang wirausahawan bukanlah karena suatu kebetulan, tetapi memang sebuah pilihan. “Jangan jadi pekerja, tetapi jadilah orang yang membuatkan pekerjaan untuk orang lain” ungkap Anang.

Beberapa tips yang disampaikan oleh Anang untuk menjadi seorang wirausahawan sukses antara lain:

  1. Menjalin banyak teman/relasi,
  2. Membaca banyak buku, karena dengan banyak membaca buku pengetahuan kita akan semakin luas, dan kita akan menjadi orang yang pintar. Karena seorang itu tidak ada yang dilahirkan dalam keadaan bodoh. Hanya saja tergantung usaha seseorang tersebut untuk mengasah otaknya agar menjadi orang yang pintar,
  3. Jujur. Menjadi orang yang jujur adalah salah satu kunci yang terpenting dalam melakukan segala pekerjaan,
  4. Mengambil setiap kesempatan yang datang, dimanapun, kapanpun, dan dari siapapun, karena setiap orang pasti pernah mendapatkan kesempatan, tinggal dia mau mengambil kesempatan tersebut atau menyia-nyiakan kesempatan.
  5. 3 Jangan (jangan keminter, jangan takut berbicara, dan jangan takut memulai).

Anang yang bercita-cita ingin menjadi pribadi yang berguna untuk banyak orang tersebut mengaku berhasil menjadi orang kaya dengan menerapkan tips-tips tersebut. “Jadilah orang kaya, karena kamu akan dapat berbuat lebih banyak untuk orang lain.” Ungkap Anang.

Selain Anang Hermansyah, hadir pula dua narasumber lain yang juga saling berbagi tips untuk menjadi seorang wirausahawan sukses, yakni Sentot A. Sentausa, Direktur Risk Management Bank Mandiri, dan Fauzan, pemenang program wirausaha muda Mandiri (WMM) tahun 2011, alumni desain produk ITS. Mereka bertiga menganjurkan kepada semua peserta untuk menjadi seorang job creator, bukan menjadi job seeker karena semakin lama lapangan pekerjaan di Indonesia akan semakin menipis, jika bukan diri kita yang membuat pekerjaan untuk orang lain, siapa lagi?eNTe

Iklan

6 thoughts on “Anang Hermansyah Berbagi Tips Kewirausahaan di Unair

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s