Wayang Santri *Edisi Lebaran

Bongkar-bongkar File jaman jadul, eh akhirnya nemu nih skrip teater kenangan. Judulnya “Wayang Santri *Edisi Lebaran”. Jadi ceritanya nih teater mau ditampilin pas acara Halal bi Halal CSS MoRA Regional timur. Dan kebetulan yang jadi tuan rumah adalah ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember). Acaranya udah 2 tahunan yang lalu, tap lumayanlah buat nostalgia.

Para pemain Teater Wayang Santri *Edisi Lebaran

Lakon:

  1. Semar, Laki-laki 40 tahun (bijaksana, pemimpin) >> dimainkan oleh Om Ersyad FK’07

    Pak Semar
  2. Gareng, Laki-laki 29 tahun (licik, banyak akal, dan sok) >> dimainkan oleh Rifqi FPsy’10

    Pak Gareng
  3. Petruk, Laki-laki 30 tahun (kasihan, memelas, dan sabar) >> dimainkan oleh Rifqi FPsy’09

    Petruk dan Istri
  4. Bagong, Perempuan 30 tahun (sombong, angkuh, pelit dan glamour) >> dimainkan oleh Atut FST’09

    Bu Bagong
  5. Istri Petruk, Perempuan 27 tahun ( kalem dan tidak terima kalau diejek orang) >> dimainkan oleh Fitri FIB’10
  6. Pembantu Bagong, Perempuan 22 tahun (lattah, gagap, dan nurut majikan) >> dimainkan oleh Anik’10

    Inem dan Penata rias

Produser: Aa’ Najib FF’08
Penata Rias: Mbak Iping FKG’08


Sang Produser

Posisi Awal semua pemain dalam keadaan Tabloh (diam tanpa suara dan gerakan)

Semar yang sedang duduk, dan Gareng yang berdiri di belakangnya berbaju necis dengan bawa koran. Tempatnya di center panggung

Sebelah kanan terdapat Petruk beserta Istinya yang sedang menampih beras duduk berdampingan

Sebelah Kiri,  Bagong berdiri dengan angkuhnya membawa tas dan kipas bersama pembantunya yang duduk dengan posisi tunduk dengan membawa kemuceng

PART 1

(Suasana di Rumah seorang pemimpin, music mengalun)

Semar :

Assalamu’alaikum WR. Wb

Perkenalkan, saya Semar bin Haji Qomar

Sekarang saya jadi kepala desa

Tiap hari selalu susah dan susah

Rakyat rebutan tanah, saya

Rakyat ada masalah, saya

Rakyat butuh makan, saya

Giliran rakyat nemu uang, Pak Kepala desa, gak usah, payah…

Harusnya presiden itu seperti saya

Gak foya-foya diatas penderitaan rakyatnya

Apalagi pakai gonta-ganti mobil sedannya

10 tahun saya jadi kepala desa

Gak pernah korupsi, apalagi minta-minta

Pengen sekali istirahat sejenak, jadi rakyat biasa (berfikir sejenak)

Ah gak jadi ah… sekarang rakyat biasa malah tambah sengsara

Semar :”waduh… waduh! Kok rumah sepia mat. Inikan masih suasana lebaran, masa baru satu orang saja yang ke rumah. Mas Gareng! Aduh… Aduh… mungkin rakyat saya sudahlupa sama saya. Ya sudah dari pada saya sendirian ngomong kayak orang gila, mending saya panggil mas Gareng aja. Reng… gareng!!! Reng.. Gareng…”

(music)

Gareng :

Perkenalkan, saya Gareng bin Haji Koreng

Wakil kepala desa disini,,, That’s me

Pengen sekali naek jabatan lebih tinggi,,, That’s me

Otak licin, gaya necis, nipu sana sini,,, That’s me

Mantan mahasiswa sejati, lulusan perguruan tinggi,,, That’s me

Wajah ganteng alami, baju rapi,, dasi itali, celana dan sepatu turki,,, That’s me

Gak tahu malu, bisanya Cuma ngguya-ngguyu, skripsinya palsu,,, That’s you!!!

Gareng : “Assalamu’alaikum Pak Semar! Selamat pagi.”

Semar : “Waalaikum salam! Selamat pagi…”

Gareng : “Wah… sepertinya Pak Semar sudah capek. Dari raut wajahnya tampak anda sudah lelah,,, apa ndak anda istirahat dari pekerjaan ini?

Semar : “Pengennya sih gitu. Ah sudahlah jangan bahas itu dulu. Saya lagi pusing mikirin rakyat saya yang sudah bosen sama saya. Eh… kok tumben mas Gareng bawa Koran segala??! Ada berita apa hari ini mas?? Saya penasaran dengan negeri kita?

Gareng : “Waduh Pak Semar. Pantes rakyatnya bosan, pemimpinnya aja gak up to date! Berita hari ini aja gak tau, apalagi facebook, twiter, YM-an, koprol. Wah pasti Pak Semar tambah nggak ngerti, iyakan??

Semar   : “He-em ya! Gaul itu perlu ternyata. Ya sudah cepet beri tahu saya ada berita penting apa hari ini?

Gareng : “nih Pak Semar” (sambil membuka Koran dan mencari halaman yang tepat) “berita criminal: NENEK DIGAGAHI 5 ORANG PEMUDA MABUK DI KEBUN TEBU, KORBAN MASIH HIDUP DAN KORBAN MINTA LAGI”

Semar   : “ Lho??? Nenek-nenek gila…. Beritanya yang bener dong mas gareng!”

Gareng : “ya sudah. Ini sekarangberita masalah politik:  SEORANG PRESIDEN DI NEGARA GARUDA MENOLEH, NGAMBEK DAN CURHAT KE RAKYATNYA GARA-GARA WAKTU DEMO DIA DISAMAKAN DENGAN KEBO”

Semar   : “waduh.. ini malah presiden kok curhat. Ngambek lagi. Nggak bijaksana! Cari berita yang menarik mas Gareng”

Gareng : “oh sebentaar. Ini ada berita menarik. Ada sebuah pohon yang tumbuhdidaerah keputih Surabaya. Penemunya mengatakan pohon ini penuh kebahagiaan dan kesedihan. Sehingga disukai oleh semua umur, anak-anak hingga orang dewasa. Kemudian pohon tersebut hanya tumbuh di bulan Syawal saja..

Semar   : “pohon apa itu mas gareng?”

Gareng : “POHON MAAF LAHIR DAN BATIN”

Semar   : “hahahahha… ada ada aja mas gareng ini, wah negeri kita makin gila aja ya mas gareng!”

Gareng : “bener pak semar. Negeri kita bener-bener sudah gila. Yang perempuan jadi laki-laki, yang laki-laki jadi perempuan. Makin banyak banci, makin banyak juga perempuan yang pakai baju adiknya”

Semar : “wah…wah!kita bener-bener harus waspada. Orangmakin terlena dengan dunia. Lupa saa akhiratnya. Kayak warga kita, yang sudah lupa sama kepala desanya sendiri…”

Gareng : “yah mungkin warga sekarang lagi sibuk Pak Semar..”

Semar   : “yah sudah saya istirahat dulu di dalem. Capek! Nanti kalau ada tamu bilang sajasaya ke Bali. Ada pertemuan Kades Nasional.”

Gareng : “baik Pak Semar”

(Semar dan Gareng masuk, music mengalun)

PART 2

(Suasana dirumah mewah yang serba gemerlap)

Bagong           :

Perkenalkan, saya bagong binti Mat Bodong

Di desa ini saya orang terlanjur kaya

Apa-apa ada,,,

Uang ada,,,

Rumah ada,,,

Kolam renang ada,,,

Hape BB ada,,,

Ipod juga ada,,,

Pembantu juga ada,

Apalagi buah dada, pasti ada,,,

itulah beta…

Saya ndak suka keramaian

Saya ndak suka kemiskinan

Saya ndak suka kejelekan

Tapi saya suka kecantikan

            Saya bukan orang pelit

            Saya Cuma ngirit

            Saya kan eman punya banyak duit

            Jadi saya keluarin sedikit sedikit sedikit

            Takut ada yang ngentit

Bagong : “aduh… Surabaya panas banget sih. Jadi haus…. Mana si Inem yah? Nem… inem..(lebih keras) nem… inem…(tambah keras) NEM… INEM…”

Inem  : “iya nyah… siap saya disini.”

Bagong : “Dari mana ja sih nem..?? dipanggil kog gak keluar-keluar, makanya miskin terus. Yang rajin dong kalau pengen kaya”

Inem   : “yah mana mau kaya nyah! Orang gaji gak pernah naik!”

Bagong : “AH UDAH… uang lagi, uang lagi. Pikiran kamu uang melulu! Cepen sana ambilin saya minum. Es the manis. Gelasnya pake yang 100ml, gulanya 3,5 sendok aja, airnya Cuma 85ml, es  batunya 3butir aja trus tehnya 9 kali celup yem,,, CATET!!”

Inem   : “CATET e catet… iya nyah, beres!”

Bagong  : “gak pake lama! Awas kalo lama. Huh… aduh pusing, Pusing! Tambah pusing. Punya pembantu satu kok ya males-malesan! Gak pengen apa jadi orang kaya kayak saya. Sekali-kali yang rajin gitu lho kayak mahasiswa UNAIR. Wah itu pinter-pinter. Gak kayak tetangga sebelah. Suami istri yang kerjanya nangis, melas, nganggur. Huh… salah sendiri gak kerja keras seperti saya supaya dapet duit!! Ditambah lagi tu istrinya yang sok kecantikan, padahal juga masih cantikan aku!! (tersipu, sambil senyum-senyum sendiri) Aduh, inem lama banget sih. INEM CEPETAN…”

Inem   : “iya, iya  nyah, inem datang! Ini es teh manisnya nyah..”

(Bu Bagong meminumnya langsung 1 gelas, sementara inem hanya melongo dan menelan ludah)

Bagong  : “ah.. segar!! Makasih nem!” (sambil memberikan gelasnya kembali)

Inem   : “iya nyah..(bingun ingin mengutarakan sesuatu) anu nyah….ini surat seminggu yang lalu dari Pak kades, belum dibaca sama nyonya. Tentang pajak atau apa gitu lho tuan??

Bagong : (kaget)“APA?? PAJAK. Mana suratnya? (bu Bagong membaca suratnya dengan cepat) aduh Pak kades! (mulai memelas dan merengek) ada ada aja sih! Pake ngluarin peraturan harus bayar pajak segala. 2,5% lagi banyak banget kan nem.. Catet nem! Aduh… gimana nih nem? Aku gak mau nem, ad aide gak nem?? Nem.. huhuhhu (lebih merengek)”

Inem   : “Anu nyah… inem punya ide”

Bagong  : “Apa tu nem? Tumben otak kamu encer, apa??apa?? apa ide kamu nem?? Cepet cepetan”

Inem   : “sabar dong nyah! Gini nyah, gimana kalo nyonya langsung ngadep Bu kades dan langsung membayarnya tunai pajaknya, 3% malah lebih bagus, genep nyah, biar pak kades malah muji-muji nyonya”

Bagong : (kesal)“ADUH NEM… INEM. GOBLOK KOK DIPELIHARA, makanya sekolah di Unair dong biar pinter, kamu kan tahu, aku tuh gak mau ngluarin uangku kebanyakan. Apalagi kata surat ini pajak itu bakal dibuat pembangunan desa dan sisanya kasihkan ke fakir miskin. Aduh… jangan-jangan dikasih ke petruk sialan itu, CATET NEM…waduh bisa gawat!”

Inem   : “iya…iya nyah! Maaf!”

Bagong           : (berfikir sebentar dan akhirnya menemukan ide) “AHA… aku puny ide. Ayo nem ikut saya ke Pak kades sekalian silaturrahmi, sekarangkan masih suasana lebaran, yuk nem ikut! (sambil pergi) Mmm.. enaknya pake mobil yang mana ya nem? Yang BMW ato yang limosine ya?? Kan nanti diliat orang-orang, Nem..? Inem? Nem (menoleh kebelakang, yang dipanggil hanya melamun berfikir) MASYAALLAH NEM.. KOK NDELEMONG, AYO IKUT SAYA KE BU KADES. CEPETAN SINI”

Inem : “iya, iya nyah, maaf!!” (mengikuti Bu bagong sambil terus diomeli Bu bagong)

PART 3

(Suasana diteras rumah yang miskin dan kumuh)

Petruk            :

Perkenalkan, saya petruk bin Abdul Faruk

Saya ini orang terlanjur miskin

Susahnya lahir batin

Makan nasi aja dari beras raskin

Kalo gak ada ayam, ya pake ikan asin

Kalo gak ada lampu, ya sudah pake lilin

Pokoknya wes Alhamdulillah

Uang gak punya

Mobil gak punya

Kalo rumah punya, tapi gedhek semua

Hape gak punya

Laptop gak punya

Kalo istri punya, tapi pengennya sih punya istri dua

            Gini nih jadi rakyat sengsara

            Yang miskin selalu harus mengalah

            Yang kaya selalu berkuasa

            Nglawan sedikit,,,

            Yah sudah innalillah wa bakal tambah sengsara

(langsung duduk mendekati istrinya)

Petruk : (melamun lama, meratapi nasib)

Istri : “(sambil mengayak beras) kang… kang petruk! Kok melamun terus sih. Mikirin apa??

Petruk : “(tersentak langsung menghadap istrinya)”ndak ada apa-apa kok sayangku!”

Istri : “ndak ada apa-apa gimana? Wong dari tadi itu aku dicuekin terus. Tiap hari ngelamun terus,,, mbok yo akku ini digoda. Aku kan istrimu kang! Kurang apa coba aku ini”

Petruk : “oalah istriku cemburu to? Maafkan kakanda sayang, sayangmu ini hanya memikirkan nasib kita yang selalu miskin ini lho! Ya sudah kalo kamu minta digoda, nanti malem kita ehm, ehm gimana??”

Istri : (kegirangan sekali sampai berasnya jatuh semua) “ah akang bisa aja!! Aduh…”

Petruk : “waduh hati-hati sayang. Beraskan sekarang mahal… jangan dibuang-buang dong!”

Istri : (sambil membereskan beras) “yah akang… jangankan beras. Ke toilet umum aja naik sekarang..”

Petruk : “iya sebaiknya kita harus bersyukkur atas apa yang kita peroleh saat ini. Dapet segini Alhamdulillah, dapet segitu Alhamdulillah. Ya sudah.. sana siapin makan malam akang, akang sudah laper!”

Istri : “beres kang.. aku masuk dulu nyiapin makan, Assalamu’alaikum, dadah sayang!” (keluar)

Petruk : (sambil melihat kearah istrinya keluar) “dah sayang! Hati-hati yah! Aduh biyung!”(berhenti sebentar) “itu tadi istriku satu-satunya. Cantikkan?? Yah,, itu adalah satu-satunya asset berharga dalam hidupku saat ini. Ya allah kenapa hidup ini kau buat susah untukku dan istriku, katanya engkau maha adil, mana keadilanmu ya allah?? Katanya engkau maha kaya, kenapa aku masih miskin terus?? Katanya engkau maha pengasih?? Tapi mana kasih sayangMu ya Allah?? Aku hanya ingin membahagiakan istriku dihari lebaran ini ya Allah…”

Istri : (berteriak dari dalam) “kang… masakannya dah siap. Yuk makan berdua”

Petruk : “Heem, eh sayang nanti setelah makan, kita terus kerumahnya Bu kades yah.. mau silaturrahmi”

PART 4

(Bu bagong masuk ke panggung dan belakangnya tetep dibuntuti Inem)

Bagong : “Assalamu’alaikum Pak Semar!! Bu bagong yang cantik ini mau bertamu Pak, Pak, Pak semar ”

Gareng : “Waalaikum salam Bu Bagong silahkan masuk, ada perlu apa bu?”

Bagong : (dengan angkuhnya) “sudah pak Gareng gak usah basa-basi, saya kesini mau ketemu sama Pak Semar, cepet panggilin Pak Semarnya”

Gareng : “Oh maaf Bu bagong, pak kadesnya sekarang tidak ada, dia pergi ke bali, ada pertemuan Kepala desa Nasional bu”

Bagong : “Alah, pasti pak gareng boong, saya gak mau tau pokoknya saya mau ketemu sama Pak Semar, cepet panggilin sana”

Gareng : “ Bu Bagong ini gimana to, dibilangin Pak semarnya gak ada kok ngeyel”

Bagong : “saya nggak mau tahu, POKOKNYA SAYA MAU KETEMU SAMA PAK SEMAR, TITIK!!”

(Bu semar datang dari dalam)

Semar : “ada apa to kok rame-rame gak malu apa sama tetangga?”

Bagong : “tuh kan Pak Semarnya ada,, dasar pak gareng Penipu,,,”

Gareng : “bukannya nipu bu, tapi tadi Pak Semar memang pesennya kayak gitu, iyakan Pak??”

Semar : “oh iya bu, saya tadi memang pesen sama mas gareng, kalo ada tamu, saya suruh bilang gak ada, soalnya saya mau istirahat, ngomong-ngomong Bu bagong kesini ada keperluan apa ya??”

Bagong : “ Gini lho Pak Semar, kemarin kan saya disuruh bayar pajak sebesar 2,5%, lha kalo gajih saya sebulan aja  850 ribu, berarti kalo 2,5%nya kan,, (sambil berfikir) berapa nem??”

Inem : “ Rp 21.250,- nyah”

Bagong : “ lha itu Rp 21.250,-, itu kan kebanyakan Pak, saya nggak mau bu kalo disuruh bayar segitu, kebanyakan..”

Semar : “begini bu, sebenarnya saya nyuruh bu bagong bayar pajak itu selain karena demi kemajuan kampung kita tercinta, karena didalam harta kita itu ada sebagian harta para fakir miskin bu, jadi kita berkewajiban mengeluarkannya untuk Shodakoh bu, ya kan mas gareng?”

Gareng: “ ya Pak semar”

Bagong : “tuh kan, pasti mau dikasihkan ke Petruk sialan,,”

(dari luar datang petruk beserta istrinya ke rumah Pak Semar)

Petruk dan istinya   :” Assalamu’alaikum Pak..”

Semar : “waalaikum salam Wr.Wb, monggo pak silahkan masuk”

(Bu Bagong beserta pembantunya Pindah tempat dari yang dekat pintu semakin menjauh karena risih dengan kedatangan petrok)

Bagong : “tuh kan belum-belum dah datang mau ambil jekat, kentara  kalo ngareb banget sama uang ”

Gareng : “maaf bu bagong kita kesini Cuma mau silaturrahmi kog”

Istri : “maaf ya bu Bagong, kalo ngomong mbok yo dijaga, kami kesini kan mau silaturrahmi, toh sekarang kan masih lebaran, iyakan Pak..”

Semar : “ya bu bagong, mumpung masih suasana lebaran juga, ayo bu bagong maaf-maafan, biar gak berantem terus, ayo salaman..”

Bagong : “ogak, orang yang salah siapa, yang cari gara-gara siapa, pokoknya saya gak mau ngeluarkan pajak, ngarep lagi”

Istri : “eh enak aja, siapa juga yang ngarep, ya kamu!”

Bagong : “Kamu!!”

Istri: “KAMU!!”

Bagong : “KAMU!!!”

Istri : “KAMU!!!”

Semakin keras

Bagong : “KAMU!!!”

Istri : “KAMU!!!”

Semar : “STOP!, sudah2… pak gareng sini ” (sedikit berbisik, dan semua tercengang), “sudah pokoknya ini sudah diputuskan monggo mas gareng”

Gareng : “ ehem-ehem, setelah menimbang, Melihat, memandang, mengingat,”(barengan “cukup…”)

“baik-baik, maka memutuskan,, bahwa bu bagong harus membayar pajak sebesar Rp 37.500,- dan akan dipergunakan untuk biaya pembangunan dan sebagian juga akan diberikan kepada pak Petruk, Surabaya 12 september 2010”

Petruk dan Istri : “ Alhamdulillah..”

Bagong : “baiklah sini nem tak bayare biar puas, ayo nem sini uang saya”

Semar : “Alhamdulillah..”

Inem : “anu nyah, maaf nyah..”

Bagong : “anu-anu, cepetan nem mana??”

Inem : “ anu nyah, gaji nyonya bulan ini kan belum cair, jadi di dompet gak ada sama sekali nyah”

Bagong : “aduh,, beneran nem, gimana dong nem.. aku kan jadi malu…”

(merengek seperti anak kecil sampai ndlosor di bawah, semua penonton menertawainya)

Layar ditutup, lampu dimatikan,

SELESAI…

Iklan

14 thoughts on “Wayang Santri *Edisi Lebaran

  1. Kalau ada video dari pementasan “wayang santri”-nya pasti lebih asyik nih. Hihi. Jadi imajinasi pas baca naskahnya juga kebantu sambil nonton videonya. 😛

  2. Alamaaak … lautan kata2 😛
    Mbok ya naskah dramanya dicuplik bagian yg menarik saja, dan transkrip lengkapnya ditaroh ditempat yg lain dg link : bagi yg pengen tau link lengkapnya, silakan klik dimari. beres. nggak bikin mabuk pembaca blognya 😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s