Nasehat Tersirat Namun Tersurat

Seharian dirumah tanpa kesibukan yang terjadwal seperti biasanya, sukses membuat tangan ini tergerak untuk melakukan segala suatu hal yang berguna. Mulai dari membantu emak ke pasar, nyuci baju, setrika baju, sampai beres-beres rumah. Entah ada energi dari mana sampai-sampai mata ini yang biasanya tidur siang merasa tidak mengantuk sama sekali.

Ditengah-tengah membereskan rumah itulah saya menemukan sekumpulan kertas yang agak kusam. Kertas-kertas tersebut semua bertuliskan tangan kakak saya yang sudah menikah dan sekarang sudah berumah sendiri. Bagaikan menemukan sebuah harta karun, iseng saya mulai mentela’ah isinya. Berbagai macam tulisan ada didalamnya. mulai dari cerpen, puisi, nasehat, sampai kumpulan kosakata asing mulai dari kosa kata prancis sampai mandarin pun ada dan tertulis dengan rapi. Saya mulai berfikir dan baru sadar, ternyata kakak saya juga suka menulis, hanya saja tidak ada yang mengetahuinya.

Salah satu isi dari kertas tersebut adalah sebuah kata-kata motifasi berbahasa prancis. Entah itu diperoleh kakak saya dari mana saya juga kurang tau. Bukankan jaman dulu akses internet bener-bener sulit, tidak seperti sekarang yang harga modem sudah lumayan terjangkau. Jadi teringat jaman muda dulu, untuk mendapatkan informasi dari internet saja harus jauh-jauh datang ke warnet dan membayar biaya warnet yang lumayan mahal dengan uang saku yang merepet. >.<

Isi motifasi tersebut adalah:

Chacun a son défaut, certaines situations son difficiles, d’autress ne le sont pas.

Quel que difficules que soient les problémes, persévéres.

Quels que soient les problémes, ne vous inquiétez pas.

Quelle que soit la difficulté, Quel que soit votre métier, travaillez bien, surpasses-la, un à un.

Bien que, il parait que, il est impossible que.

Dan ternyata setelah membuka kamus bahasa prancis, artinya adalah:

Setiap orang memiliki kesalahannya sendiri-sendiri, beberapa situasi tertentu sulit, situasi lainnya tidak.

Bagaimanapun sulitnya masalah-masalah itu, bertahanlah terus.

Apapun masalahnya jangan khawatir.

Apapun kesulitannya, apapun pekerjaan anda, berjalanlah dengan baik, dan lewatilah, satu persatu.

Meskipun kelihatannya, itu tidak mungkin.

Luar biasa, sebuah untaian kata-kata untuk memotifasi diri. Saya rasa kakak saya menulis ini disaat menghadapi suatu masalah. Yang menjadi pertanyaan adalah, darimana yah kakak saya menemukan rangkaian kata yang membentuk jadi kalimat motifasi dari bahasa prancis tersebut??

23 thoughts on “Nasehat Tersirat Namun Tersurat

Tinggalkan Balasan

