Google Ambassador dari Universitas Airlangga

Universitas Airlangga kembali turut andil dalam event Internasional. Tiga orang mahasiswa dari FST (Fakultas Sains dan Teknologi) berhasil terpilih menjadi Duta Google “Google Ambassador”. Tiga mahasiswa tersebut adalah Pauline Pamela dari Jurusan Fisika angkatan 2009, Ahimsa Afrizal dari Jurusan Sistem Informasi angkatan 2009, dan yang terakhir adalah Lukman Hakim dari Jurusan Sistem Informasi angkatan 2010. Selain dari Universitas airlangga, terpilih 120 duta lain dari 40 universitas-universitas yang tersebar dari 5 negara yakni negara Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapore.

Seorang Duta Google harus menguasai Bahasa Inggris dengan baik, dan memiliki kemampuan atau wawasan tentang IT, terutama wawasan tentang Google. Hal ini terlihat dari penyeleksian yang sangat ketat di tiap-tiap kampus. Seleksi di Unair sendiri langsung dibawahi oleh Bapak Soegianto Soelistiono, Direktur DSI Universitas Airlangga. Terdapat 12 mahasiswa yang mengikuti seleksi yang dilakukan dengan cara membuat essay mengenai pengetahuan tentang Google dalam Bahasa Inggris yang hanya diberi waktu beberapa jam saja, dan akhirnya hanya 3 orang saja lolos menjadi Duta Google.

Duta Google bertugas untuk menjembatani antara pihak kampus dan pihak Google, seperti memberikan informasi bagaimana penerapan produk-produk di kampus masing-masing. Selain itu Duta Google juga diharapkan dapat membantu pihak kampus untuk mempermudah segala urusan kampus dengan menggunakan produk-produk Google. Produk-produk google yang dimaksud antara lain Google+, Youtube, Gmail, Chrome, ChromeBook, Android, Google Places, Google Maps, dan Google App for Education.

Para Duta tersebut dikumpulkan dalam sebuah pertemuan Google Student Ambassador Southest Asia (GSA SEA) di Singapora. Acara yang diadakan pada tanggal 10-12 juli 2012 tersebut merupakan sebuah pembekalan yang diikuti oleh para duta sebelum menjalankan tugasnya sebagai Duta Google.

“Disana kami semacam menghadiri seminar dimana team google menyampaikan tentang produk-produk Google, dan juga visi misi dari masing-masing produk Google tersebut. Kami juga diajarkan mengenai marketing, Talk to Public dan yang terpenting makna dan tugas dari seorang Duta Google.” Cerita mela, panggilan akrab Pauline Pamela.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Office Google Singapore di kawasan Asia Tower tersebut para Duta diberi tugas untuk membuat suatu project yang akan dipresentasikan di hari terakhir.  Project ini merupakan project yang dilaksanakan para duta untuk mengenalkan produk-produk Google di kampus masing-masing.

“Acara Google Student Ambassador ini baru pertama kalinya diadakan di Asia, semoga untuk tahun-tahun berikutnya perwakilan dari Indonesia pada umumnya dan UNAIR pada khususnya dapat jauh lebih banyak dibandingkan sekarang ini.” Harap Mela.eNTe

 

 

 

Iklan

20 thoughts on “Google Ambassador dari Universitas Airlangga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s