Latihan Gabungan Tanggap Darurat Bencana se JATIM-DIY

UKM KSR-PMI (Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia) UNAIR kembali menyelenggarakan Latgab (Latihan Gabungan) TDB (Tanggap Darurat Bencana). Acara yang diselenggarakan tanggal 13-17 Juli 2012 di sekitar area Kampus C Unair ini diikuti oleh relawan KSR (Korps Sukarela) dari berbagai  unit perguruan tinggi baik negeri maupun swasta lingkup Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Acara Latgab TDB 2012 ini adalah acara Latgab TDB kedua yang telah kami selenggarakan. Kalau tahun 2011 kemarin Latgab TDB hanya diselenggarakan untuk para relawan KSR perti se Jawa Timur, tapi tahun 2012 ini lingkupnya mulai diperlebar sampai Daerah Istimewa Yogyakarta” tutur Novi Ria Lestari, mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat angkatan 2010 selaku komandan UKM KSR-PMI Unair.

Latgab yang bertema “Satukan langkah rapatkan barisan untuk kemanusiaan” ini diharapkan dapat melahirkan relawan-relawan yang handal yang siap secara skill kepalangmerahan dan juga managerial dalam penanggulangan bencana. Selain itu, diharapkan setiap perguruan tinggi bisa saling menukarkan ilmunya sehingga bisa menambah wawasan materi KSR, terutama mengenai tanggap darurat bencana.

“Dipilihnya Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai wilayah baru perlebaran Latgab TDB ini adalah karena KSR perti di wilayah DIY telah diakui lebih terkoordinir dan skillnya lebih baik dari pada di Provinsi Jawa Timur. Oleh karena itu harapannya latgab kali ini dapat  menjadi suatu media untuk berbagi dan saling bertukar informasi dan pengalaman dalam hal tanggap darurat bencana.” Lanjut Novi.

Latihan Gabungan Relawan Perguruan Tinggi Se-Jatim dan Daerah  Istimewa Yogyakarta 2012 ini juga mendapat dukungan penuh dari PMI Jakarta pusat. “Harapan untuk kedepannya Latgab tanggap darurat bencana relawan perti ini bisa lebih diperluas lagi lingkupnya sampai se Jawa-Bali, nanti pasti pak JK (Jusuf Kalla) sendiri akan menyempatkan hadir untuk membuka acaranya.” ungkap H. Muhammad Muas, SH. ketua Bidang Relawan dan Teknologi Informasi PMI Pusat yang memberikan sambutan dalam pembukaan acara yang diadakan di Aula Lt.3 Student Center Kampus C Unair.

Dalam Latgab yang diadakan selama lima hari ini dibagi menjadi dua metode yakni materi dalam ruangan dan  simulasi langsung di lapangan. Materi dalam ruangan disampaikan selama empat hari berturut-turut. Rancangan materi disilabuskan dan disampaikan secara khusus oleh tim pelatih terbaik dari PMI yang ahli dan berpengalaman dilapangan sehingga materi yang disampaikan benar-benar berdasarkan keadaan nyata dan kebutuhan SDM handal dalam penanggulangan bencana. Materi yang disampaikan yaitu meliputi Assesment, Logistik dan Manajemen Posko. Selanjutnya satu hari penuh diakhir pelatihan digunakan sebagai simulasi lapangan. Kegiatan simulasi dan praktek langsung ini difokuskan agar peserta dapat menangkap materi secara aplikatif dan dapat merefleksikan dengan situasi bencana yang sebenarnya.

Fungsi KSR dalam bencana sangat esensial dan skillnya dibutuhkan secara aplikatif dan praktek. Berbagai macam kasus dan kejadian bencana yang muncul di Indonesia sedikit banyak dapat mempengaruhi skill dalam menangani dan terjun kedalam bencana para relawan dari setiap daerah. Perbedaan dan variasi pengalaman inilah yang mendasari suatu pemikiran bahwa dibutuhkan suatu media pertukaran informasi secara praktek dalam suatu latihan bersama KSR terutama daerah Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang komandonya masih menjadi naungan PMI Provinsi masing-masing.

Kontribusi diusung sebagai tanggung jawab generasi muda dalam menjunjung tinggi dan menjaga nilai-nilai kemanusiaan. Oleh karena itu output yang diharapkan dari Latgab kali ini adalah seluruh relawan Perti khususnya di provinsi Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta dapat menjadi SDM yang handal dan siap pakai dalam memanage upaya tanggap darurat bencana (TDB).

Iklan

22 thoughts on “Latihan Gabungan Tanggap Darurat Bencana se JATIM-DIY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s