Laporan Eksperimen Lanjut >> PENENTUAN BERAT MOLEKUL (Mn) POLIMER DENGAN METODE VISKOSITAS

ABSTRAK

Eksperimen Penentuan Berat Molekul (Mn) Polimer Dengan Metode Viskositas ini bertujuan untuk menentukan berat molekul (Mn) dari suatu polimer. Pada eksperimen kali ini sampel yang akan ditentukan berat molekulnya adalah Polistiren (PS) dengan menggunakan pelarut Toluena. Dalam percobaan kali ini, berat molekul (Mn) polimer dapat ditentukan dengan metode viskositas yang menggunakn tabung viskosimeter Ostwald sebagai alat, polistirene dan toluene sebagai bahannya. Dan sesuai analisis data dan percobaan didapatkan nilai berat molekul polimer dari analisis data hasil pengamata sebesar 4,634 x 10^4 gr/mol yang menunjukkan bahwa polistirene memang termasuk jenis polimer karena masih berada dalam rentang berat molekul polimer yakni antara 2 x 10^4 gr/mol  sampai  2x 10^6 gr/mol.

KATA KUNCI:Berat Molekul (Mn), Viskositas,Polimer, Polistiren (PS), Toluena, viskosimeter
Ostwald,

 PENDAHULUAN

Polimer merupakan salah satu material yang mengalami perkembangan sangat cepat. Perkembangan ini meliputi Research and development (RAD) dalam kaitannya dengan tuntutan penggunaan maupun kebutuhan untuk membantu memudahkan kehidupan manusia maupun mengganti material-material konvensional.

Definisi polimer sendiri adalah suatu molekul yang dibangun oleh pengulangan kesatuan kimia yang kecil dan sederhana. Kesatuan – kesatuan berulang ini ekivalen dengan monomer. Jika pengulangan kesatuan berulang itu berstruktur linear (seperti rantai) maka molekul – molekul polimer sering kali digambarkan sebagai molekul rantai atau rantai polimer. Rantai polimer juga dapat bercabang. Beberapa rantai linear atau becabang dapat bergabung melalui sambungan silang membentuk polimer bersambung silang. Jika sambungan silang terjadi ke berbagai arah maka terbentuk polimer sambung silang tiga dimensi yang sering disebut dengan polimer jaringan.

Sifat polimer sangat bergantung pada berbagai faktor. Salah satu faktor tersebut itu adalah berat molekul polimer (Mn). Factor ini sangat berpengaruh terhadap sifat makroskopik suatu polimer, yang meliputi: sifat termal, fisis, mekanik maupun sifat optic. Oleh sebab itu penentuan berat molekul suatu polimer merupakan aktivitas yang harus dilakukan untuk dapat memperkirakan karakteristik polimer tersebut.

Faktor penting lainnya yang juga menentukan sifat polimer adalah susunan rantai di dalam polimer dan derajat kekristalanya (derajat kekristalan rendah maka akan bersifat kenyal dan berdaya renggang besar, begitu sebaliknya).

Polimer dapat diklasifikasikan menurut asal atau sumbernya, strukturnya, sifat termalnya, komposisi dan
kristinialisnya. Menurut sumbernya, polimer dibedakan dalam dua jenis, yaitu polimer sintetik / buatan dan polimer alam. Contoh dari polimer sintetik adalah polietilen (PE), polimetil metakrilat (PMAA), polivinil klorida (PVC), dan polistiren (PS), sedangkan dari polimer alam dalah polisakarida, protein, pati, lignin dan selulasa. Menurut sifat termalnya, polimer mempunyai dua tipe, yaitu polimer termoplastik dan termoseting. Termoplastik memiliki sifat melunak pada pemanasan, misalnya nylon, olipropilen, polistiren (PS) dan polyster, sedangkan termoseting mempunyai sifat kaku dan tidak melunak pada pemanasan, misalnya melamin, formaldehid dan bakelit. Bila ditinjau dari komposisinya, polimer digolongkan dalam dua kelompok besar, yaitu homopolimer (polimer yang tersusun dari satu jenis monomer) dan kopolimer (polimer yang tersusun dari dua atau lebih monomer yang berbeda) (Billmeyer, 1984).

Terdapat beberapa metode untuk menetukan berat molekul polimer. Salah satu metode yang mudah dilakukan adalah metode viskositas.

Lebih lengkapnya download versi PDFnya disini rekan >> Laporan PENENTUAN BERAT MOLEKUL (M ) POLIMER DENGAN METODE VISKOSITAS

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s