Eksperimen Lanjut di Lab Material >> Efek Hall

ABSTRAK

Eksperimen Efek Hall yang bertujuan untuk mempelajari besaran karakteristik suatu bahan semikonduktor melalui penentuan kuantitas-kuantitas fisis bahan yaitu koefisien Hall RH, resistivitas ρ dan pembawa muatan p atau n (hole dan elektron). Pada percobaan kali ini digunakan bahan Germanium tipe n (semikonduktor intrinsik) dan Germanium tipe npn (semikonduktor ekstrinsik). Pada  ercobaan yang dilakukan dengan cara menguji tegangan Hall bahan sebagai fungsi arus kali ini dapat diperoleh hasil pada Germanium intrinsik nilai koefisien Hall RH =2,304 ×104   Vmkg1s2 , resistivitas ρ =0.0576       Vms3A1  , konduktifitas σ=17,361  V1m1s3A  dan pembawa muatan p atau n=2,712 x 1022 , sedangkan untuk bahan Germanium ekstrinsik diperoleh nilai koefisien Hall RH =7,6 ×106 Vmkg1s2 , resistivitas ρ =0.0019      Vms3A1 , konduktifitas σ=526,316 V1m1s3A  dan pembawa muatan p atau n =1,216 x 1026 .

KATA KUNCI: Efek Hall, Germanium Intrinsik, Germanium Ekstrinsik, Koefisien Hall, Resistivitas, Konduktifitas, Pembawa Muatan

 PENDAHULUAN

Suatu anggapan yang menyatakan bahwa “atom” merupakan partikel terkecil adalah tidak benar karena atom masih mempunyai struktur terkecil didalamnnya. Yaitu terdiri dari inti dengan muatan positif dan elektron elektron dengan muatan negative yang bergerak mengelilingi inti itu.

Pada semikonduktor terdapat dua macam pembawa muatan. Elektron bebas sebagai pembawa muatan negative dan hole (lubang) sebagai pembawa muatan positif. Elektron semikonduktor terikat pada inti atom tetapi tidak sekuat ikatan pada isolator.

Besaran karakteristik suatu bahan semikonduktor dapat dipelajari salah satunya dengan cara mengukur koefesien Hall yaitu melalui kuantitas kuantitas bahan fisis  dengan mengukur gaya yang di sebabkan oleh gaya pembawa muatannya.

Jika suatu pelat logam (konduktor atau semikonduktor) dikenai medan magnet B diletakkan secara tegak lurus  dengan cara menempatkan plat tersebut diantara muka-muka kutub sebuah  elektromagnet, maka medan magnet tersebut akan mengarahkan gaya pembelok F pada plat. Sebagaimana dirumuskan dalam il x B , yang menunjukkan ke arah kanan seperti Gambar.1

Gambar.1 Model Percobaan efek Hall

Oleh karena gaya yang mengarah ke samping pada plat tersebut adalah disebabkan oleh gaya pembawa muatan, yaitu qv x B. Pembawa-pembawa muatan positif (hole) atau negatif (electron) akan cenderung mengarah ke kanan ketika pembawa muatan ini hanyut (drift) sepanjang plat logam. Hal inilah yang menyebabkan beda-beda potensial kecil V di antara sumbu x dan y. Secara keseluruhan fenomena inilah yang disebut dengan Efek Hall.

Efek hall adalah gaya yang di sebabkan oleh gaya pembawa muatan dimana pembawa pembawa muatan positif (hole) atau negative (elektron) akan cenderung mengarah ke kanan ketika pembawa muatan ini hanyut di sepanjang palt logam. Hal inilah yang menyebabkan beda beda potensial kecil V di antara sumbu X dan Y dan di sebut dengan efek hall.

Kalo rekan-rekan pingin download versi lengkapnya, monggo klik disini

Iklan

4 thoughts on “Eksperimen Lanjut di Lab Material >> Efek Hall

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s