Lansia Sehat, Lansia Luar Biasa

Puluhan bapak-ibu Lansia (Lanjut Usia) yang memakai seragam olah raga terlihat beramai-ramai melakukan aktivitas senam sehat pagi hari. Suasana yang ramai tersebut ditemui di pelataran Balai Kelurahan Bulak Banteng Kecamatan Kenjeran, minggu (27/5). Kesan yang ganjil tersebut seakan menggeser image lansia yang identik dengan kerentanan dan sakit-sakitan.

 Puluhan Bapak-Ibu lansia tersebut terkoordinir dalam Organisasi lansia yang berdiri sejak tahun 1999 di kelurahan Bulak Banteng. “Kegiatan rutin yang biasa dilakukan adalah senam pagi, setiap seminggu dua kali. Dengan senam rutin ini diharapkan stamina tubuh para lansia tetap terjaga meskipun sudah dimakan usia” Ujar ibu Parwoto, 67 tahun, selaku istri Ketua Organisasi Lansia di Kelurahan Bulak Banteng.

            Melihat apresiasi lansia Kelurahan Bulak Banteng tersebut, Unit Kegiatan Mahasiswa Korpsukarela Palang Merah Indonesia (UKM KSR-PMI) Universitas Airlangga turut berpartisipasi untuk menggalakkan kesehatan para lansia tersebut dengan menggelar acara Bakti Relawan, minggu (27/5). Acara yang ditujukan kepada para lansia yang masih peduli dengan kesehatannya tersebut berupa penyuluhan serta pemeriksaan dan pengobatan gratis.

 “Selama ini lansia kurang mendapat perhatian khusus dari berbagai pihak, padahal mereka sangat membutuhkannya. Diusia mereka yang sudah udzur, siklus mereka kembali seperti balita lagi yang membutuhkan perhatian khusus. Dan sekarang, siapa lagi kalau bukan kita para relawan muda Airlangga” Tutur Akub Selvia, selaku ketua pelaksana Bakti Relawan ini.

Setelah senam, diadakan penyuluhan kesehatan para lansia. Penyuluhan ini dipandu langsung oleh Arief Rusydi, S.Kom., MM., CNLP. dari Tim Poliatif RSUD. Dr. Sutomo. Penyuluhan ini digelar agar para lansia dapat menjaga kesehatannya dengan tepat guna.

 “Penyakit pada lansia merupakan gabungan dari kelainan-kelainan yang timbul akibat penyakit dan proses penuaan.” ujar Arief.

            Arief juga menjelaskan masalah-masalah yang akan dialami oleh para lansia, contohnya: berdiri dan berjalan tidak stabil atau mudah jatuh, beser buang air kecil dan atau buang air besar, gangguan intelektual/dementia, infeksi, gangguan pancaindera, sulit buang air besar, depresi, kurang gizi, tidak punya uang, menderita penyakit akibat obat-obatan kimia, insomnia (gangguan tidur), daya tahan tubuh yang menurun, dan impotensi. Masalah kesehatan utama  yang sering terjadi pada lansia tersebut perlu dikenal dan dimengerti oleh para lansia agar dapat memberikan perawatan untuk mencapai derajat kesehatan yang  seoptimal mungkin.

            Kiat-kiat sehat lansia agar selalu sehat adalah dengan cara mengatur pola makan, istirahat yang cukup, serta mengurangi konsumsi obat-obatan kimia.”Pola makan perlu dijaga karena lambung lansia sudah berbeda dengan lambung pada saat masih muda dulu. Jadi jangan sembarangan memasukkan makanan kedalam mulut.” tutur Arief.

110 orang lansia yang terdaftar sebagai peserta penyuluhan tampak apresiatif mengikuti serangkaian materi yang diberikan. “Kalau bisa acara kayak gini sering dilakukan mbak, jangan cuma sekali, karena sebelum-sebelumnya belum ada acara seperti ini” harap ibu Sutina warga Bulak banteng yang mengikuti penyuluhan tersebut.

Setelah penyuluhan, dilakukan pemeriksaan gratis yang berupa pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan osteoporosis, serta cek kadar gula darah, kolesterol, dan asam urat dalam darah. Dari hasil pemeriksaan tersebut langsung dikonsultasikan dengan dokter ahli, bantuan dari Tenaga Sukarela Palang Merah Indonesia (TSR-PMI) Surabaya yang sekaligus pemberian obat dan pembagian sembako.eNTe

Iklan

4 thoughts on “Lansia Sehat, Lansia Luar Biasa

  1. wah ini toh hasil pengabdian masyarakat minggu kemarin ^_^

    baru tau ada yang aktifitasnya lansia untuk sehat berjama’ah seperti gambar diatas, sepertinya perlu ditiru di desaku @_2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s