Journal Education for Better Airlangga Bachelor

Surat edaran dikti yang  mewajibkan para sarjana untuk menghasilkan makalah yang terbit di jurnal ilmiah sebagai persyaratan lulus telah banyak dipergunjingkan diberbagai macam media, mulai dari media cetak sampai media online baik berupa obrolan ringan sampai yang berat.

Universitas Airlangga sebagai perguruan tinggi yang memiliki lebih dari 20 ribu mahasiswa aktif ini pun turut andil dalam pergunjingan masalah ini. Apa tanggapan pihak Universitas Airlangga terhadap surat edaran tersebut??

 Berbeda dengan tanggapan Perguruan tinggi pada umumnya,  Dengan mempertimbangkan berbagai manfaat yang akan dihasilkan apabila diberlakukannya putusan tersebut Universitas Airlangga telah menyambut hangat putusan dari Dikti Kemendiknas tersebut. Salah satu manfaat yang dapat diperoleh apabila kebijakan tersebut benar-benar diterapkan adalah mencegah plagiarisme. Dengan Kewajiban dipublikasikannya secara Online, diharapkan dapat terpantau originalitas suatu karya. Oleh karena itu sistem akademik di Indonesia dapat diperbaiki secara bertahap.

Manfaat dibelakukannya publikasi ilmiah ini pun tidak hanya untuk pihak Universitas, melainkan juga untuk mahasiswa yang akan secara tidak langsung dituntut untuk menulis. Karena dengan menuliskan karya kita, pengakuan profesional akan melekat pada diri kita. Selain itu juga dapat memperdalam bidang keilmuan kita, berbeda jika hanya dalam angan saja, kitta akan merasa sudah mumpuni, tetapi ketika kita tuliskan, akan banyak hal yang ternyata belum kita ketahui dan menuntut kita untuk mengetahuinya lebih dalam.

Dalam ceramahnya pada seminar jurnal yang diadakan oleh BEM KBM Unair (26/5) di ruang Propadause FK Unair, Ibu Myrta Artalia selaku ketua Tim Pengembangan Jurnal Unair menuturkan bahwa, Unair akan menindaklanjutinya dengan cara pengawalan sejak dini kepada mahasiswa agar mahasiswa tidak merasa terbebani dengan adanya putusan tersebut. Salah satunya dengan cara menyediakan fasilitas publikasi Jurnal Online per departemen.

Selain sebagai sarana untuk mempermudah mahasiswa Unair dalam menanggapi surat edaran dikti tersebut, Fasilitas Jurnal Online juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah Unair, karena dapat dibaca oleh audiens yang lebih luas.

Bukankah tidak hanya Unair yang  mampu menanggapi tantangn ini, Perguruan tinggi lainpun pasti sanggup untuk menanggapinya, Semangat \\^_^//

Iklan

20 thoughts on “Journal Education for Better Airlangga Bachelor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s