Laporan Eksperimen Lanjut di Lab Optik ==> TRANSMISI SINYAL MELALUI SERAT OPTIK

ABSTRAK

Eksperimen Transmisi Sinyal Menggunakan Serat Optik yang bertujuan untuk menentukan kesesuaian antara frekuensi sinyal yang dikirim dengan frekuensi sinyal yang diterima pada system transmisi sinyal menggunakan serat optic ini dilakukan dengan metode modulasi langsung menggunakan sumber cahaya LED. Eksperimen kali ini dilakukan dengan cara memberikan frekuensi masukan dengan tiga macam interval sampai dengan frekuensi keluaran tidak sesuai dengan frekuensi masukan. Berdasarkan hasil eksperimen yang menggunakan uji T-berpasangan didapatkan hasil bahwa serat optik mampu mentransmisikan seluruh sinyal cahaya yang melewatinya dengan kisaran 20 Hz sampai 51.000 Hz karena nilai frekuensi masukan dan keluaran yang ditampilkan oleh frekuensimeter hasilnya sama. Sedangkan pada frekuensi lebih dari 51.000 Hz nilai frekuensi masukan dan keluarannya mengalami perbedaan nilai yang ditampilkan oleh frekuensimeter. Hal ini menunjukkan bahwa serat optik hanya mampu mentransmisikan sinyal cahaya hingga frekuensi serat optik mencapai 51.000 Hz.

PENDAHULUAN

Teknologi di bidang komunikasi sangat diperlukan bagi manusia mulai dari zaman dahulu sampai sekarang dan mendatang. Teknologi dalam komukasi ini mengalami sejarah perkembangan yang sangat panjang, mulai dari menggunakan alat-alat tradisional sampai menggunakan teknologi canggih seperti sekarang ini. Ini adalah bukti bahwa komunikasi merupakan suatu kebutuhan yang sangat vital bagi manusia. Teknologi komunikasi dewasa ini memanfaatkan serat optik dalam mentransmisikan sinyal-sinyal komunikasi [1]. Sebelum teknologi ini berkembang, manusia lebih memanfaatkan gelombang di udara sebagai media untuk mentransmisikan informasi-informasi tertentu sebagai alat untuk berkomunikasi. Namun ternyata penggunaan gelombang di alam ini menuai beberapa kelemahan dalam melakukan proses transmisinya. Pada saat cuaca buruk proses transmisi sinyal-sinyal pada gelombang di alam ini akan terganggu dan mengakibatkan kurang baiknya hasil yang di dapatkan. Jadi media gelombang ini dipengaruhi oleh kondisi cuaca di alam. Berawal dari kelemahan itu maka kemudian dikembangkanlah media transmisi dengan serat optik.

Serat optik (fiber glass), seperti namanya terbuat dari gelas silika yang berbentuk penampang lingkaran atau bentuk-bentuk lainnya[2]. Serat optik dibuat dengan cara menarik bahan kental-cair sehingga dapat diperoleh serabut atau serat gelas dengan penampang tertentu. Proses ini dikerjakan pada suhu yang sangat tinggi. Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan serat optik ini adalah menjaga agar perbandingan relatif antara bermacam-macam lapisan tidak berubah akibat tarikan selain itu juga memperhatikan nilai indeks bias dari lapisan-lapisan yang dibuat pada serat optik tersebut, sehingga cahaya yang masuk dalam serat optik bisa terpandu dengan baik[3].

Sejarah perkembangan dunia serat optik tidak lepas dari riset oleh seorang ilmuwan dari AS yang bernama Corning Glass pada tahun 1970 yang berhasil membuat serat dengan bahan dasar silika yang sampai sekarang digunakan sebagai bahan dasar dari pembuatan serat optik, karena mempunyai nilai kerugian transmisi yang relatif kecil sehingga baik untuk komunikasi berbasis penghantaran cahaya ini.

Kelebihan dari serat optik dibandingkan dengan media gelombang yang sebelumnya digunakan sangatlah banyak. Dari segi kapasitas muatan yang ditransmisikan, serat optik bisa mentransmisikan informasi jauh lebih besar kapasitasnya dibandingkan dengan media transmisi dengan gelombang. Selain itu serat optik tidak dipengaruhi oleh perubahan suhu, keadaan cuaca alam dan sebagainya, sehingga akan semakin bagus digunakan dalam berbagai keadaan dalam dunia komunikasi. Yang nanti akan dibuktikan di dalam eksperiment ini adalah mengenai kemampuan serat optik yang mampu mentransmisikan sinyal dalam rentan frekuensi yang sagat lebar, jadi bisa digunakan dalam mentransmisikan sinyal dari frekuensi yang kecil sampai pada frekuensi yang sangat besar. Seberapa besar rentan frekuensi yang dapat di transmisikan dalam serat optik ini akan dibahas dalam eksperiment ini.

 Download File Microsoft Wordnya  disini…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s