Menulis Membuat Seseorang Menjadi Kekal

“Manusia boleh pintar setinggi langit, tapi jika ia tidak bisa menulis, maka ia akan hilang dari sejarah”-Pramoedya Ananta Toer-

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari menulis, dengan menulis seseorang akan terus berpikir, dan dengan berpikir seseorang akan terus mengasah pikiran, mengasah intuisi dan daya nalar untuk mempertajam kerangka berpikir, melatih daya pikir dan juga daya ingat. Selain itu dengan terus menulis seseorang akan berusaha memperbaiki kesalahan dalam menulis, baik dari segi tata bahasa maupun penempatan tanda baca dan penyusunan kata.

Terkadang seseorang akan merasa kesulitan dalam menulis, tidak mendapatkan inspirasi dan tidak tahu harus memulai dari mana untuk menulis. Dalam situasi seperti itu ada baiknya dimanfaatkan untuk membaca, baik membaca berbagai buku, koran, majalah atau tulisan-tulisan yang ada di media online maupun blog yang bertebaran di Internet, dengan demikian akan muncul ide atau inspirasi untuk menulis.

Aktivitas membaca dan menulis merupakan satu-kesatuan yang harus dilakukan secara lengkap. Sebab, membaca dan menulis ibarat dua sisi dari mata uang. Satu dan yang lainnya saling melengkapi. “Lupakan keinginan menulis jika tidak suka membaca.” Tegas M. Anwar Djaelani penulis buku “Warnai Dunia dengan Menulis” yang menjadi pemateri diacara Workshop Kepenulisan di Auditorium Fakultas Ilmu Budaya, Minggu (13/05), yang diselenggarakan oleh SKI Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga.

Pada workshop yang bertemakan “Dengan menulis aku berkarya” tersebut Anwar menjelaskan bahwa tulisan yang baik hanya akan lahir dari pembaca yang tekun. Keterampilan menulis bisa dipelajari dan diasah lewat latihan-latihan yang tak kenal lelah.

“Salah seorang penulis puisi terkenal pernah bercerita bahwa dia menjadi seorang penulis puisi terkenal bermula dari karyanya yang ke-100an lebih yang dimuat pertama kalinya di media massa. Setelah puisinya sering dimuat di media massa, barulah banyak tawaran yang datang sendiri padanya untuk membuat puisi.” Ungkap Anwar mencontohkan bahwa hal yang terpenting yang harus dimiliki seorang penulis adalah keuletan dan ketekunan.

Keterampilan menulis bisa dimiliki siapapun. Dalam menulis bakat hanya menyumbang 5%, faktor keberuntungan 5%, dan sisanya yang 90% adalah keuletan atau ketekunan. “Oleh karena itu bagi para mahasiswa, guru, dosen, pemimpin atau kalangan manapun yang dikategorikan sebagai intelektual jangan sampai tidak bisa menulis. Menulislah, karena menulis bisa membuat kita kekal!” ungkap Anwar.

Sebagai sebuah keterampilan yang bisa dilatih, Anwar mennjelaskan bahwa menulis itu hanya mempunyai teori “Tiga M”, yaitu mulai, mulai, dan mulailah!. Bersegeralah berlatih dan tidak menunda-nunda.

Anwar menjelaskan langkah awal yang harus dilakukan sebelum mulai menulis adalah “Niat”. Ada tiga macam niat yang biasanya ditanamkan oleh para penulis, yakni : yang pertama adalah “Niat karena Allah”, yang kedua “Niat karena ingin terkenal”, dan yang terakhir adalah “Niat mencari uang”.

“Dari ketiga niat tersebut pilihlah niat menulis karena Allah, dengan menulis karena Allah, kita tidak akan mudah berputus asa, karena yang dinilai adalah prosesnya, bukan hasil akhirnya” tegas Anwar.

Hal yang harus dilakukan setelah niat adalah banyak membaca dan rajin mencatat tema-tema yang menarik, aktual, serta memberikan solusi dari permasalahan yang ada.

“Konser Super Junior kemarin contohnya, dari konser tersebut banyak sekali permasalahan yang dapat kita angkat menjadi suatu ide tulisan kita. Bisa kita tela’ah dari berbagai sudut pandang dan keahlian bidang kita. Seperti harga penjualan tiket yang sangat mahal tetapi ludes terjual jauh-jauh hari sebelum acara berlangsung dilihat dari aspek ekonomi. Atau dari segi agama, waktu yang mereka butuhkan untuk mengantri tiket sampai melupakan kewajiban untuk sholat lima waktu bagi yang beragama Islam. Dan masih banyak aspek lain yang bisa ditinjau dari permasalahan tersebut.” Terang Anwar panjang lebar.eNTe

Iklan

12 thoughts on “Menulis Membuat Seseorang Menjadi Kekal

  1. biasanya beberapa mahasiswa niat menulisnya karena ingin curhat :D, selain buat dokumentasi materi-materi kuliah juga 😛

    • Seeep,,
      karena dengan begitu, kita akan memiliki bukti otentik tentang keberadaan kita,,
      keep writing,, :mrgreen:
      makasih atas kunjungannya gan 😀
      salam kenal:-D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s