Wisata Rohani: Hari Esok Harus Lebih Baik Dari Sekarang!

Salam hangat rekan-rekan,,

Gak terasa, liburan yang lumayan panjang ini sukses membuat saya jadi seorang yang pemalas.
males yang mau ngapa-ngapain, kecuali makan dan tidur tentunya… :mrgreen:

Iseng-iseng dengerin rekaman pengajian sore hari (lupa nama kyainya =>> belum kenalan juga),
meskipun sudah distel berulang ulang tp tetep membuat saya sedikit bersemangat lagi,,

Sedikit ringkasan dari ceramah yang disampaikan tadi akan saya catat disini,
monggo disimak,
semoga bermanfaat buat kita semua,,

Ada satu point penting yang dapat saya ambil dari penuturan kyai tersebut,  dari penyampaian beliau yang renyah dan bersahabat membuat saya berfikir sejenak, ternyata saat ini saya bukanlah siapa-siapa. Masih banyak kekurangan-kekurangan yang harus saya perbaiki untuk lebih baik dari pada hari kemarin.

Hari esok harus lebih baik dari sekarang

Aku masih seperti yang dulu“, buang jauh-jauh slogan tersebut. Meskipun sering kita mendengar lirik lagu yang berkata demikian, karena lirik tersebut sangat tidak sesuai dengan firman Allah dalam surah Al-Hasyr ayat 18 yang artinya :

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Dimana sebagai seorang yang beriman dituntut untuk selalu mengintrospeksi diri, tentang apa yang telah kita perbuat, apa yang telah kita lakukan, apa yang telah kita kerjakan.

Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa:

“Siapa yang hari ini sama seperti hari kemarin maka dia orang merugi. Siapa hari ini lebih baik dari hari kemarin maka dia orang yang beruntung. Maka siapa hari ini lebih buruk dari hari kemarin maka dia orang yang terlaknat”.

Kalau kita pahami makna ayat dan sabda Nabi tersebut adalah setiap manusia harus lebih baik daripada hari kemarin. Ini merupakan salah satu motivasi hidup yang diberikan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya agar selalu berusaha lebih baik.

Untuk dapat menjadi yang lebih baik dari kemarin, yang dapat kita lakukan adalah “berusaha atau ikhtiar”. Tanpa ada usaha maka seseorang itu pasti tidak akan mendapat hasil.  Meskipun terkadang memang sulit bagi kita semua untuk selalu melakukan hal-hal yang dapat membuat kita lebih baik dari hari kemarin, karena “manusia adalah tempat salah dan lupa”. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita semua saling mengingatkan, dan saling menegur terhadap kesalahan yang telah kita perbuat.

Selain itu, untuk dapat menjadi yang lebih baik dari kemarin, kita dapat membuat perencanaan untuk hari ini dan esok. Goal apa saja yang harus kita dapatkan untuk hari ini, dan goal apa saja yang harus kita dapatkan untuk hari esok. Dengan begitu kita akan dapat memulai kehidupan kita dengan segala suatu hal yang bermanfaat.

Kita tidak akan pernah mencapai suatu tujuan jika kita tidak pernah melangkahkan kaki untuk yang pertama kalinya. Mari kita perbaiki diri kita mulai dari sekarang. Semangat \\^_^//…

Sekian sedikit catatan yang saya peroleh hari ini,,
Semoga bermanfaat untuk kita semua,,Best Regard…

Iklan

5 thoughts on “Wisata Rohani: Hari Esok Harus Lebih Baik Dari Sekarang!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s