Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan?

Rekan-rekan ingin hidup sehat??

Kalau iya, mudah saja, tanamkan pada diri kita sendiri untuk selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat dan berusaha untuk membentuk kebiasaan yang baik.

 

Apa saja kebiasaaan yang baik itu?

1.   Menjaga pola makan

Janganlah terlalu khawatir apabila kita diminta menjaga pola makan, selama kita masih dapat mengontrol kualitas dan keragaman makanan, serta jumlah yang dimakan.

 2.   Melakukan olahraga

Dengan senam di dalam kamar atau berjalan kaki di komplek perumahan selama 30 menit kita sudah melakukan olahraga. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin setidaknya 3 hari dalam seminggu. Atau kalau rekan-rekan berminat dengan salah satu cabang olahraga (misalnya; renang, bulutangkis, sepakbola), rekan-rekan dapat berkonsentrasi dengan cabang olahraga tersebut.

 3.   Tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol

Memang benar bahwa seseorang tidak langsung mati atau sakit setelah menghisap sebatang rokok atau meneguk segelas minuman beralkohol. Tetapi dengan berjalannya waktu, kita akan menemukan bahwa tubuh kita, teman-teman sekitar dan keluarga kita akan menerima dampak negatifnya. Ada banyak cara untuk menjauhi rokok dan minuman keras, tapi hal pertama yang dapat kita lakukan adalah mengatakan TIDAK apabila ada yang menawarkannya pada rekan-rekan.

 4.   Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda

Cobalah. Mungkin akan sedikit merasa capek dan pegal ketika rekan-rekan terpaksa merubah kebiasaan kita dengan mempergunakan sepeda kayuh atau berjalan kaki menuju ke sekolah atau ke tempat lain. Tapi sangat banyak manfaat yang akan kita rasakan setelah terbiasa melakukannya.

 5.   Menjaga kebersihan kamar mandi, tempat cuci dan toilet (MCK)

Setiap keluarga seharusnya punya kamar mandi, tempat cuci, dan toilet. Bayangkan saja kalau di rumah kita tidak ada fasilitas MCK tersebut, setiap harinya akan merasa kesulitan untuk mandi secara teratur, mencuci baju dan memenuhi hajat :mrgreen: .

Apabila di lingkungan tempat tinggal kita hanya ada fasilitas MCK umum yang dipergunakan bersama, tidak menjadi masalah, karena yang penting adalah bagaimana kita dan masyarakat yang mempergunakannya selalu menjaga fasilitas umum tersebut.

 Selain fasilitas umum yang ada, terkadang masyarakat sekitar bantaran sungai seringkali mempergunakan sungai sebagai fasilitas MCK bersama. Kebiasaan tersebut sangat tidak baik, karena menyebabkan sungai menjadi kotor dan tercemar. Selain itu, lingkungan tempat tinggal menjadi tidak sehat dan pada akhirnya beresiko menimbulkan bibit penyakit.

 6.   Pembuangan sampah dan limbah keluarga

Sampah dan limbah keluarga, baik itu sampah maupun air bekas mandi, mencuci piring atau pakaian, dapat mengotori lingkungan. Sampah dan limbah keluarga dapat mengotori sumur, sungai, waduk, danau, dan laut. Sehingga dapat berdampak pada terganggunya kesehatanmu dan keluarga serta warga sekitar. Sampah dan limbah keluarga juga dapat menimbulkan bau busuk, kotor, dan menjadi sarang nyamuk dan lalat yang dapat menularkan penyakit.

Agar sampah dan limbah keluarga tidak mengganggu kenyamanan dan menimbulkan penyakit, sebaiknya kita membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan. Pembuangan limbah keluarga harus dipastikan mengalir ke sistem drainase/penyaluran limbah di komplek tempat tinggal kita.

Mari kita bentuk kebiasaan yang baik mulai dari sekarang,
tidak ada kata terlambat untuk sebuah kebaikan,
Semangat ^_^

Iklan

5 thoughts on “Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan?

  1. Ping-balik: Cara Menjaga Kebersihan Diri | Tips Perawatan Badan

  2. Ping-balik: 10 Cara Menjaga Kebersihan Diri Sendiri | Tips Perawatan Badan

  3. Ping-balik: Cara Menjaga Kebersihan Diri Dan Lingkungan | Tips Perawatan Badan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s