Excellent for Art, Unggul Tidak Hanya Dalam Bidang Akademik

Universitas Airlangga dengan motto “Excellent with Morality” tidak hanya excellent atau unggul dalam bidang akademik saja, tapi juga memiliki akademisi-akademisi yang memiliki beranekaragam bakat yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Oleh karena itu, pihak Universitas menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang pengembangan minat dan bakat para mahasiswanya disamping fasilitas yang memenuhi kebutuhan akademik.

Sebagai salah satu contoh bentuk fasilitas yang disediakan oleh pihak Universitas adalah dengan dibangunnya gedung Student Centre (SC), gedung pusat sekretariat bersama dari 30 macam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Airlangga yang terbagi menjadi 5 divisi, yakni divisi Seni, Olahraga, Beladiri, Kerokhanian dan Khusus.

Bukan hanya tempat untuk mengembangkan minat dan bakat para mahasiswa saja yang disediakan, tapi pihak Universitas juga memberikan kesempatan bagi para akademisi untuk berkompetisi secara sehat dalam hal minat dan bakat tersebut.

FORKOM (Forum Komunikasi) UKM Universitas Airlangga menyelenggarakan sebuah acara STUDENT WEEK, sebagai ajang kompetisi minat dan bakat seluruh mahasiswa UNAIR. Acara yang diselenggarakan pada hari senin-jum’at tanggal 9-13 April 2012 ini merupakan serangkaian kegiatan yang berbentuk kompetisi kesenian. Berbagai macam perlombaan disuguhkan, mulai dari Lomba lagu pop, lagu dangdut, lagu seriosa, lagu keroncong, Vocal grup, lukis, desain poster, desain komik strip, fotografi, baca puisi, tulis puisi, tulis lakon, tulis cerpen, sampai lomba baca monologpun ada.

“Acara studentweek session 1 ini sementara hanya melingkupi bidang Kesenian saja, harapannya nanti akan terselenggara student week pada sesi-sesi berikutnya pada bidang minat dan bakat yang lain seperti bidang olah raga, bela diri, dan sebagainya.” Ungkap Tegar Adi Perkasa mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis selaku  ketua pelaksana STUDENT WEEK ini.

Serangkaian kegiatan ajang kompetisi sehat yang digelar di GSG kampus B Unair ini tidak hanya ditujukan kepada anggota UKM saja, tetapi juga ditujukan kepada seluruh mahasiswa UNAIR yang memiliki minat dan bakat dalam bidang kesenian. Acara ini diselenggarakan bukan untuk mencari siapa yang terhebat atau siapa yang paling pintar, tetapi acara ini diselenggarakan sebagai sarana penyalur berbagai minat dan bakat yang dimiliki para mahasiswa UNAIR.

STUDENT WEEK dianggap sebagai ajang bagi seluruh peserta untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk membuktikan bahwa Universitas Airlangga sebenarnya kaya akan bibit-bibit yang unggul bukan hanya dalam bidang akademik tapi juga dalam hal minat dan bakat.

Acara ini juga bertujuan untuk mencari dan menyiapkan bibit-bibit unggul yang nantinya akan diterjunkan ke ajang PEKSIMINAS (Pekan Seni Mahasiswa Nasional). Harapannya, dengan disaring melalui kegiatan STUDENT WEEK ini,  akan terpilih calon peserta PEKSIMINAS yang akan membawa nama harum almamater Universitas Airlangga di antara peserta lainnya antara regional Jawa Timur.

“Mungkin banyak orang beranggapan aneh kenapa acara ini kok diadakan mendekati masa-masa UTS, sebenarnya kami juga sempat berfikir bahwa acara ini dapat menghambat persiapan UTS. Tapi setelah dipikirkan matang-matang, apresiasi minat dan bakat itu tidak akan pernah mengganggu waktu akademik kita. Selain itu kami juga dikejar oleh waktu untuk mempersiapkan kandidat yang akan diikutkan pada PEKSIMINAS bulan Mei mendatang, jadi kalau tidak diselenggarakan sekarang, kapan lagi.” Ungkap Tegar panjang lebar.

Puncak acara sekaligus penutupan STUDENT WEEK ini jatuh pada hari jum’at 13 April 2012 malam. Selain pengumuman para pemenang disetiap perlombaan, berbagai macam karya kesenian juga disuguhkan pada malam puncak acara tersebut. Mulai dari UKTK yang menyajikan tarian beserta karawitannya, Band Akustik dari FIB, dan pemutaran film dari UKM Cinematografipun turut andil memeriahkan perhelatan puncak acara STUDENT WEEK ini.eNTe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s