Semangat Mengabdi Untuk Kemanusiaan

 Tri darma perguruan tinggi tidak hanya sekedar untuk dihafal, tapi sebagaimana besar kemampuan para mahasiswa untuk menerapkannya. Pendidikan, penelitian, dan pengabdian, satu kesatuan proses yang wajib ditempuh untuk menjadi seorang mahasiswa sejati yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Dengan berpedoman pada Tri darma pendidikan dan sapta prinsip dasar-dasar kepalangmerahan, UKM KSR-PMI UNAIR organisasi yang bergerak dalam bidang kemanusiaan ini berencana untuk mengadakan Bakti Sosial untuk para Lansia (Lanjut Usia) di daerah Asem Rowo pada minggu ketiga Mei bulan depan.

“Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dalam hidupnya manusia tidak dapat terlepas dari bantuan orang lain. Setiap manusia mengikuti roda kehidupan yang kadang di atas dan kadang di bawah. Tidak dapat ditebak kapan dan seberapa berat ujian kesulitan yang diberikan Tuhan kepada kita. Jadi sewajarnya apabila ketika kita diberi kelebihan rizky maka kita harus saling berbagi” tutur Nunung Firda Istiqomah mahasiswa FKP selaku Kepala Departemen Pengabdian masyarakat (Pengmas) UKM KSR-PMI Unair.

Oleh karena itu untuk mewujudkan terselenggaranya acara Bakti Sosial tersebut, diperlukan dana yang besar agar tujuan untuk meringankan beban sesama dapat tercapai. Dengan bekal pengetahuan dan kemampuan dalam bidang medis, maka diadakanlah “Galang Dana Untuk Kemanusiaan“.

Penggalangan dana tersebut berupa pelayanan tes kesehatan dengan tarif yang relatif terjangkau bagi kalangan masyarakat menengah kebawah. Tes kesehatan tersebut berupa pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, asam urat dan gula darah. Selain itu berbagai macam pemeriksaan tersebut, juga disediakan jasa konsultasi mengenai hasil pemeriksaan dan tips-tips kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Galang dana yang diadakan rutin setiap hari minggu pagi selama 3 kali dalam sebulan ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat sekitar. Seperti pada minggu, tanggal 8 April 2012 kemarin, penggalangan dana yang diadakan di Danau Kampus C Unair ini sukses besar dengan banyaknya pengunjung danau yang ikut berpartisipasi memeriksakan kesehatannya. Para pengunjung Danaupun merasa terbantu dengan diadakannya tes kesehatan dalam rangka penggalangan dana tersebut karena disamping menghabiskan weekendnya dengan refreshing di Danau, juga mendapatkan manfaat yang banyak dan pengetahuan yang baru tentang masalah kesehatan.

Selain diadakan di Danau Kampus C Unair, penggalangan dana ini juga diadakan diberbagai taman yang ada di Kota Surabaya, seperti Taman Lansia, Taman Flora, Taman Bungkul, dan Kebun Bibit.

Dari hasil penggalangan dana tersebut, dana yang telah diperoleh, seluruhnya akan dipergunakan untuk mensukseskan kegiatan Bakti Sosial. Disamping itu, dengan diadakannya tes kesehatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat menengah kebawah akan betapa pentingnya memantau kondisi kesehatan secara rutin dan prilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

“Acara galang dana ini insyaallah akan diadakan kontinu meskipun acara Baksos pada bulan Mei depan selesai terselenggara. Dan dana yang diperoleh akan dimasukkan kas sendiri untuk kegiatan kemanusiaan yang akan diadakan KSR selanjutnya. Karena dengan melihat apresiasi dari masyarakat yang sangat bagus, sayang kalau harus menyudahinya.” Ungkap Nunung.eNTe

Nb: Untuk Info yang lebih komplit monggo dibuka di Warta Online

 

Iklan

One thought on “Semangat Mengabdi Untuk Kemanusiaan

  1. Ping-balik: Celoteh Hari Pendidikan | Gandi Fauzi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s