The Story of an Idea

Salam hangat rekan-rekan,,
Kebetulankan sekarang saya masih aktif sebagai anggota KSR-PMI (Korp Sukarela Palang Merah Indonesia) Universitas Airlangga,

disini saya mau sharing masalah Gerakan  Palangmerahan dan Bulan Sabit Merah nih,,

Sebelumnya rekan-rekan ada yang sudah tau belum Palangmerah dan Bulan Sabit Merah itu apa sih??
(wah ternyata sudah banyak yang tau ya,,)

bagi yang sudah tau monggo mendalami lagi nih,,

kalo bagi yang belum tau,  kata pepatah kan tak kenal maka tak sayang,,

Ayo kita kenalan dulu,,

gimana sih sejarah terbentuknya Palangmerah Internasional itu,,

Sejarah Palangmerah Internasional

Sejarah terbentuknya Palangmerah dan Bulan Sabit merah Internasional itu bermula dari sebuah perjalanan Henry Dunant (Bapak Palangmerah), seorang saudagar dari Jenewa yang hendak menemui pangeran Napoleon III untuk membicarakan masalah Bisnis.

Ditengah perjalanan, didaerah Solferino, ternyata Henry Dunant menemui sebuah pertempuran yang maha dahsyat. Lahan yang semula padang rumput berubah menjadi lautan mayat, dan korban peperangan bertebaran dimana-mana. Bahkan Korps Medis Angkatan perang yang ada sangat kebingungan dan kewalahan sehingga tidak mampu menangani situasi tersebut.

Akhirnya Hendry Dunant yang melihat situasi seperti itu, mengurungkan niatnya untuk bertemu pangeran Napoleon III untuk memberikan bantuan dan tenaganya mengurusi para korban peperangan. Henry dunant tidak mungkin bekerja sendirian, dia meminta pertolongan kepada penduduk sekitar untuk saling membantu merawat korban peperangan semampu mereka.

“Siamo Tutti Frateli…” (Kita Semua Adalah keluarga) teriak Henry Dunant…

Akhirnya atas kerja keras Henry Dunant dan penduduk sekitar, para korban perangpun berangsur-angsur dapat ditangani dan diberikan pertolongan.

Sesampai dirumah Henry Dunant menulis sebuah catatan yang berjudul “A memory of Solferino (Kenangan Solferino)” . Dimana isinya tentang pengalaman di Solferino dan sebuah gagasan agar disetiap negara dibentuk sebuah kelompok relawan yang mengurus korban dimasa perang dan kesepakatan antar negara agar melindungi para relawan penyelamat korban perang tersebut.

Pada tanggal 9 Februari 1863, oleh komite 5, yakni:

• Gustave Moynier
• dr. Louis Appia
• dr. Theodore Maunoir
• Jend. Guillame-Henri Dufour
• Henry Dunant

berkumpul untuk merumuskan gagasan Henry Dunant. Dan akhirnya pada tahun 1863, dibentuklah ICRC (International Commite Red Cross / Komite Internasional Palang Merah). yang kemudian pada tahun-tahun selanjutnya semakin berkembang gerakan-gerakan kepalangmerahan lain di seluruh dunia.

Gimana rekan-rekan,,

Sekarang sudah tau kan gimana sejarah trerbentuknya Palangmerah Internasional itu…

lha, bagi yang ngaku suka baca komik, wajib nih hukumnya download n baca komiknya  “The Story of an Idea”,

Isinya ya cerita tentang Henry Dunant itu,,,

nih bisa langsung diunduh disini (Komik The Story of an Idea)

 Sekian dulu ya rekan-rekan,,

Sampai ketemu lagi,,,

Best Regard…

Iklan

4 thoughts on “The Story of an Idea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s